Resep Cake Coklat Sederhana ( Simple Chocolate Cake Recipe )

Bagi-bagi pengalaman nih bunda...
saya suka ngiri kalau ngeliat cake coklat yang dijual atau yang dibuat teman-teman tampaknya lembut, lumer di mulut, rasanya oke terus yang paling bikin manyun nih kalau cakenya sukses mengembang.
Soalnya pas tiba saya kepingin bikin dengan semangat yang menggebu jadinya sih SUKSES,,,
yap,, sukses yang 'tertunda' ( kepingin nangis aja ).
Soalnya cake yang dibuat kalau gak bantat pasti pas dikeluarin dari oven cakenya langsung melempem dan meninggalkan cekungan yang dalam tepat di bagian tengahnya. Mikirnya tambah dalem nih bunda (ini yang salah saya nakar resepnya atau memang 'human error' :D)

Tapi saya gak pantang menyerah bunda,,,
saya coba terus nih,  soalnya penasaran. Akhirnya sempet mencari-cari resep cake yang gampang dibuat dulu. Eh, ketemu deh resep yang ini.
Langsung deh saya eksekusi bahan-bahan yang kebetulan lagi nangkring di kulkasku. Jadinya sukses bunda ( kali ini bener-bener sukses lho bunda :) hohoho ), soalnya sempet dihias buat dikasih ke mertua dan survei membuktikan mertua bilang enak, lembut dan terutama tidak ada cekungan 'kolam' di tengahnya ( hehehe... seneng deh rasanya ). 
Sayangnya fotonya pas kuenya sudah dihias, pas kuenya masih polos alias virgin belum sempat saya foto :D


Yang ini resep Aslinya bunda :

RESEP CAKE COKLAT SEDERHANA
Bahan:
250 gram mentega
250 gram gula
150 gram tepung
6 butir telur
50 gram cokelat bubuk
1 sdm ovalet

CARA MEMBUAT CAKE COKLAT SEDERHANA :
Kocok mentega dan gula sampai putih dan lembut. Tambahkan ovalet, 
aduk rata lalu masukkan telur satu per satu, aduk rata.
Masukkan campuran tepung dan cokelat bubuk yang telah diayak, 
aduk rata.
Masukkan di loyang yang telah diolesi mentega dan tepung lalu 
panggang hingga matang.

Nah, kalau yang ini modifikasi saya sesuai bahan-bahan yang tadinya lagi nangkring di kulkas saya :)

Bahan :

  • 250 gram margarin, saya pakai simas palmia yang 200 gr trus ditambah 50 gr lagi ( kalau pakai sendok makan 50 gr nya kira-kira 4 sdm )
  • 200 gram gula halus
  • 150 gram tepung terigu segitiga, diayak
  • 3 butir telur
  • 50 gram cokelat bubuk
  • 1 sdt ovalet, lupa kalau yang di resep 1 sdm tapi jadinya masih tetep lembut kok bunda

CARA MEMBUATNYA :

  1. Margarin saya mixer terlebih dulu dengan kecepatan tinggi, kalau sudah terasa lembut saya masukin gula halusnya kemudian di mixer lagi sampai benar-benar putih dan mengembang. lalu ditambahkan ovalet, mixer lagi. kemudian masukkan telur satu persatu, mixer lagi sampai benar-benar rata.
  2. Terus saya masukkan tepung dan coklat bubuknya yang sudah diayak sedikit demi sedikit, tetep diaduk bunda tapi kali ini saya mengaduknya pake spatula dengan gerakan yang sama sesuai arah jarum jam.
  3. Setelah tercampur rata, masukkan di loyang yang diolesi margarin dan tepung lalu loyangnya agak dihempas ke meja beberapa kali ( tips yang saya lihat di video resep youtube, dengan tujuan mengurangi gelembung udara yang masuk ke adonan kue ) kemudian panggang.
Saya memanggangnya sekitar 30 menit dengan suhu sekitar 150 derajat celcius dengan oven HOCK yang nangkring di kompor.
Jika dirasa sudah 30 menit, saya keluarkan loyang kue sedikit kemudian melakukan tes tusuk gigi di tengah-tengah kue ( yap, kue sudah matang sempurna artinya tidak ada adonan kue yang masih menempel di tusuk gigi :D ).
Dinginkan dengan sempurna, kemudian hias dengan butter cream bikinan sendiri :D. Cara membuat buttercream mudah saja bunda... lihat resep buttercream di artikel selanjutnya dengan judul Resep buttercream menggunakan margarin. So, Enjoy Your Cooking Mom.



Simple Chocolate Cake Recipe


Here's a cake recipe that I cook in my kitchen. It's texture is soft and fit the sweetness, after really cold I ornamental use homemade butter cream.
Here I share the recipe again.

Ingredients :
  • 250 grams of margarine
  • 200 grams of granulated sugar
  • 150 grams of flour, sifted
  • 3 eggs
  • 50 grams of cocoa powder
  • 1 tsp ovalet
How to make :
  1. Margarine first mixer at high speed until soft white then add granulated sugar and mixer until completely white and fluffy. add ovalet, mixer again.
  2. Add the eggs one by one, mixer until completely blended.
  3. Stir in the flour and cocoa powder sifted slowly and stir using a spatula with the same movement in the direction of clockwise.
  4. Once blended, put in pan with margarine and flour the pan rather slammed to the table a few times
  5. Bake about 30 minutes at a temperature of about 150 degrees Celsius
  6. After 30 minutes, remove the baking sheet a little later to test a toothpick in the middle of the cake, if the toothpick is clean that means the cake has been baked
  7. Remove and chill until completely cold and ornamental use homemade butter cream
How to make buttercream is easy ... see buttercream recipe in the next article with the title buttercream recipe using margarine. So, Enjoy Your Cooking Mom :D

Dapatkan Update Artikel Terbaru di Email Anda:

0 Response to "Resep Cake Coklat Sederhana ( Simple Chocolate Cake Recipe )"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar disini