Jahe si bumbu dapur yang menghangatkan

Jahe bagi saya bumbu dapur yang memang luar biasa ya bunda :), terkadang saya sering menggunakan jahe pada masakan terutama masakan kari, opor ayam, ikan asam pade, semur ayam, capcay dan masih banyak lagi.

Jahe pada masakan itu bisa membuat masakan lebih sedap ( tetapi jangan kebanyakan ya bunda ), terus kalau masak seafood, ayam atau daging. Bumbu dapur seperti jahe ini bisa menghilangkan bau amisnya. Dibikin cookies juga enak nih :)



Jahe juga bisa dijadikan minuman penghangat tubuh seperti wedang jahe, bandrek, bisa dijadikan manisan, permen jahe dan lain-lain. Ada satu jenis minuman yang sering saya bikin di rumah menggunakan jahe adalah susu jahe, soalnya bikin nya mudah dan cepat ( langsung bisa "SLURUUUUP" hehehe ). Caranya jahenya dipanggang sedikit biar mengeluarkan aromanya lebih kuat trus tinggal ditambah susu kental manis dan air panas, diaduk sebentar langsung deh siap diminum :D

Ketika cuaca dingin, mudah terkena flu dan batuk. Jahe bisa menjadi obat tradisional yang selalu ada bahannya di dapur, bunda bisa bikin wedang jahe yang sederhana dan mudah saja.
Caranya :

  • Bersihkan 1 buah rimpang jahe lalu diparut halus, sebaiknya bunda pilih jahe merah karena mengandung minyak atsiri lebih banyak ( tetapi kalau tidak ada stoknya di dapur, boleh pakai jahe yang biasa ada di dapur bunda karena tetap bisa menghangatkan tubuh serta melonggarkan pernapasan tetapi jumlah rimpangnya ditambah )
  • Rebus dengan 1 gelas air selama kurang lebih 20 menit.
  • Saringlah, lalu tambahkan gula aren atau gula pasir sesuai selera.


Nah, ternyata khasiat di dalam bumbu dapur yang satu ini juga banyak sekali bunda. Antara lain : Melancarkan peredaran darah, Mengobati migrain, Demam dan batuk ( bikin wedang jahe ), Perut kembung ( minum bandrek nih :) ), Menurunkan berat badan, Mencegah perut buncit, Mengobati sakit gigi, Mencegah siklus menstruasi yang tidak teratur, Membuat tubuh perkasa, Sebagai obat jerawat, Mengobati morning sickness ( mual-mual di pagi hari ) untuk ibu-ibu yang sedang hamil muda.

Anti alergi, Menangkal radikal bebas karena jahe mengandung antioksidan, Mencegah peradangan, Menurunkan kolesterol, Mengobati luka gigitan ular dengan cara rimpang jahe ditumbuk dengan diberi sedikit garam lalu ditempelkan pada luka gigitan ular beracun ( ini digunakan sebagai pertolongan pertama sebelum penderita dibawa kerumah sakit ), Meredakan rasa sakit, nyeri dan sendi kaku, dan masih banyak lagi.

Ada tiga jenis jahe yang sering dijual dipasar-pasar tradisional dan supermarket, yaitu Jahe badak, Jahe kuning dan Jahe merah. Ada juga beberapa hasil pengolahan jahe yang terdapat di pasaran yaitu: jahe segar, jahe kering, awetan jahe, jahe bubuk, minyak jahe dan oleoresin jahe. Penggunaannya juga bermacam-macam tergantung dari kebutuhannya masing-masing. 

Berikut ada gambar dari jahe, siapa tahu diantara bunda ada yang belum mengenal si jahe ini ( sama seperti saya dulu yang baru turun di dapur,,, gak tau nih bedanya jahe dan kencur itu apa soalnya dilihat-lihat bentuknya sama eh, ternyata baunya yang bikin beda,,, jadi di endus dulu ya bunda hehehehe :D )




Jadi bunda... kalau sudah tahu bahwa bumbu dapur yang satu ini banyak khasiatnya. Jangan ragu untuk mulai mengkreasikan masakan-masakan, camilan, kue-kue dan minuman dengan menggunakan jahe.
Selamat mencoba. So, Enjoy Your Cooking Mom :D


Dapatkan Update Artikel Terbaru di Email Anda:

2 Responses to "Jahe si bumbu dapur yang menghangatkan"

  1. Balasan
    1. Iya mbak...apalagi minuman jahenya di tambahkan susu. Hangat dan banyak khasiatnya.

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar disini