Tips Alternatif Penyedap Rasa Untuk Masakan

Pernahkah bunda ingin mengurangi bahkan tidak menggunakan sama sekali bumbu penyedap rasa dalam setiap masakan ???
Kalau saya pernah bunda, semenjak saya pernah diserang sakit kepala yang terlalu sering disertai dengan otot leher yang kram lalu saya berobat ke salah satu terapis herbal di kota saya ( karena saya agak takut ke dokter :), jadi saya lebih memilih tradisional atau herbal ). 

Kemudian terapis saya menyarankan untuk mengurangi pemakaian bumbu penyedap rasa pada masakan ( sebelumnya dia tidak bertanya apakah saya menggunakan bumbu penyedap rasa atau tidak dalam masakan ), jadi saya memilih untuk mencoba saran tersebut.
Awalnya rasa masakan memang terasa kurang gurih atau kurang apalah ??! karena memang dari remaja, ibu saya selalu menggunakan penyedap rasa dalam setiap masakan beliau. Tapi tetap saya harus mencoba demi kesehatan saya sendiri jadi lama-kelamaan terbiasa bahkan sekarang tidak menggunakan penyedap rasa sama sekali.




Sekarang saya menggunakan bumbu penyedap masakan ala rumahan versi saya bunda :D
Ada yang mau coba ??? berikut caranya :

  • Saya sering menyeimbangkan pemakaian garam dan gula di dalam setiap masakan saya, contoh : Jika saya menggunakan 2 sdt garam dibarengi 1 sdt gula lalu dicicip kadar asin dan manisnya apakah pas sesuai selera
  • Saya sering memakai udang rebon, ikan teri goreng, udang kering, cumi asin untuk setiap masakan tumisan
  • Untuk membuat kaldu ayam yang jernih, saya biasanya merebus tulang-tulang ayam. Jangan menggunakan jeroan dan kepala ayam karena bisa bikin air kaldunya keruh. 
  • Bagi yang suka kaldu daging, bunda bisa merebus tulang daging dengan api kecil hingga mendidih lalu sesekali bersihkan buih yang mengapung di permukaan air biar mendapatkan kaldu yang jernih
  • Untuk kaldu sayuran dengan rasa yang netral bunda bisa menggunakan bawang bombay, wortel atau seledri. Direbus di dalam air dan bisa ditambahkan rempah seperti lada putih atau butiran lada hitam untuk memperkaya rasa kaldu.
  • Untuk kaldu seafood, rebus kepala atau tulang ikan tanpa daging lebih kurang 30 menit, tambahkan bawang bombay, cengkih, merica dan daun salam untuk memperkaya rasa kaldu. Untuk kaldu udang, rebus kepala udang dengan menambahkan jahe atau serai untuk menghilangkan bau amisnya ( Saya lebih suka kaldu udang, karena enak untuk bikin mie rebus kaldu udang + sayuran hmmmm Yummy :) )


Saya masih mempraktekkan cara ini sampai sekarang, keluarga juga tidak ada yang protes ( artinya rasa masakannya baik-baik saja hehehehe :D). Alhamdulillah sakit kepalanya sekarang gak terlalu sering lagi, meskipun terkadang masih sakit kepala karena kecapekan.

Untuk bunda yang sudah terbiasa menggunakan penyedap rasa, awalnya rasa masakan tetap kurang enak dan gurih jika tidak ditambah dengan penyedap tersebut. Tetapi tetap harus mencoba alternatif berikut ya bunda, Semoga Bermanfaat :D
So, Enjoy Your Cooking Mom :D

Posting Komentar untuk "Tips Alternatif Penyedap Rasa Untuk Masakan"

Promo sembako murah