Resep Pasta Buatan Rumah ( Homemade Pasta Recipe )

Saya dan suami termasuk salah satu penyuka pasta ( terutama suami ), terkadang sering beli pasta kering / jadi saja dari minimarket. Tinggal direbus dan saosnya saya lebih suka bikin sendiri ( karena suka dengan hidangan pasta,,, minimal harus tahu juga resep saos-saos pastanya, paling nggak yang level beginner gitu :D ).

Tapi sekarang saya mencoba untuk bikin pasta sendiri bunda... Soalnya kalau beli setelah diolah sering gak cukup ( maklum soalnya 1 porsinya gede-gede,,, hihihi ). 
Nah kalau sudah bisa bikin pasta sendiri, bisa hemat karena budget untuk beli pasta siap pakai di substitusi dengan buatan sendiri ditambah lagi porsinya bisa nambah dan nambah lagi tanpa rasa penyesalan ( " nunjuk-nunjuk " suami yang paling semangat makannya :D).

resep pasta di dapur kusNeti @2015
ini pasta yang sudah kering dan siap diolah

Sebenarnya untuk resep dibawah ini bisa menghasilkan 8 - 10 porsi ( asal porsinya nggak gede-gede amat ya bunda ). Resepnya juga saya tonton dari youtube, dan sekarang mau di sharing kembali ke bunda-bunda di rumah biar bisa praktek langsung ya... mudah-mudahan resepnya mudah diikuti ya bunda :)

Berikut bahan dan cara membuatnya :
Bahan :
  1. 500 gram tepung terigu
  2. 50 gram tepung sagu
  3. 2 butir telur ayam
  4. 5 sdm minyak goreng 
  5. 1 sdt garam
  6. Air hangat kuku secukupnya
Cara membuatnya :
  1. Ayak 500 gram tepung terigu dan 50 gram tepung sagu didalam wadah baskom yang cukup besar
  2. Buat lubang ditengah-tengah campuran tepung terigu dan masukkan 2 butir telur ayam, dilanjutkan dengan 5 sdm minyak goreng dan 1 sdt garam
  3. Kocok lepas menggunakan garpu, setelah rata uleni dengan tangan untuk membuat adonan benar-benar tercampur rata
  4. Masukkan air hangat kuku sedikit demi sedikit sambil terus diuleni hingga adonan menjadi kalis
  5. Giling adonan menggunakan ampia dengan ketebalan No. 6 ( sekarang saya membuat resep pasta bentuk pasta linguini untuk spaghetti, jadi ketebalannya saya sesuaikan dengan bentuk pasta yang sering saya beli di minimarket )
  6. Setelah semua adonan selesai digilas, angin-anginkan pasta linguini yang sudah jadi hingga benar-benar mengering dan keras ( kalau saya suka membuat jemuran pasta di dapur dengan menggunakan tali, setelah kering dilepas tapi harus hati-hati karena pasta rumahan ini mudah patah 
  7. Pasta bisa disimpan di dalam wadah plastik yang kedap udara atau dengan cara dibungkus kertas koran lalu dimasukkan ke dalam kotak, simpan di tempat yang kering / tidak lembap seperti di lemari dapur. Dengan begitu pasta bisa awet dan tahan lama ( kalau saya belum tau bunda kalau pasta bikinan sendiri ini bisa tahan berapa lama soalnya gak butuh waktu lama-lama buat masuk ke mulut hehehehe :D )
resep pasta di dapur kusNeti @2015
Jika pasta belum diolah, disimpan di dalam wadah kering dan kedap udara dengan begitu pasta dapat bertahan lama

Bunda sudah ada stok pasta nih di lemari dapurnya, tinggal direbus dan diolah sedemikian rupa langsung deh bisa disantap sekeluarga. Pasta yang ini bisa di masak seperti mie-mie instan juga atau diolah menjadi mie ayam, pokoknya sesuai selera ya bunda... Artikel selanjutnya saya sharing resep spaghetti saus ayam alfredo ala neti.
Tapi bagi yang sangat suka dengan saos pastanya nanti saya sharing kembali dengan bunda-bunda ( siapa tau ada yang kepingin banget :D ), So Enjoy Your Cooking Mom :D




Homemade Pasta Recipe

Homemade pasta in kusNeti kitchen @2015
This pasta is ready to cook or keep in airtight jar


Here I share a pasta recipe that I created in my kitchen, hopefully easy to follow steps ya .

Here are the ingredients and how to make it:
Ingredients :
  • 500 grams of wheat flour
  • 50 grams of corn starch
  • 2 eggs chicken
  • 5 tablespoons cooking oil
  • 1 tsp salt
  • Lukewarm water to taste

How to make :
  1. Sift flour 500 grams and 50 grams of corn starch in a container large enough
  2. Make a hole in the midst of the flour mixture and insert 2 chicken eggs, followed by 5 tablespoons cooking oil and 1 tsp salt
  3. Shake off using a fork, after average knead by hand to make the dough completely blended
  4. Enter lukewarm water little by little while continuing to knead until the dough becomes in dull
  5. Milled dough using pasta machine with thickness to taste (now I make a paste linguini pasta recipe for spaghetti, so I adjust the thickness of pasta shapes that often I buy at the store)
  6. After all the dough is finished crushed, winds linguini pasta finished until completely dry and hard ( I like to make pasta in the kitchen clothesline using a rope, after dry removable but be careful because the pasta is easily broken )
  7. Pasta can be stored in an airtight plastic container or in a manner wrapped in newspaper and put in a box, store in a dry or damp not like in the kitchen cupboards. With so pasta can be durable and long lasting ( if I do not know this homemade pasta can hold how long because not take long for cooked and eaten with hehehehe: D )

You've no stock of pasta in the kitchen cupboards, living boiled and processed in such a way can be eaten directly as a family. This pasta can be cooked like noodles or instant noodles are also processed into chicken noodle, just to taste ya ... my next article I share spaghetti chicken alfredo recipe style neti.

But for those who really like the pasta sauce later I share back. So Enjoy Your Cooking Mom : D

Posting Komentar untuk "Resep Pasta Buatan Rumah ( Homemade Pasta Recipe )"

Promo sembako murah