Mengenal Tanaman Serai Di Dapur Anda (Knowing Lemongrass Plant In Your Kitchen)

Tanaman Serai merupakan tumbuhan dengan jenis rumput-rumputan yang daunnya panjang seperti ilalang, biasanya serai digunakan sebagai bumbu dapur di dalam setiap masakan. Serai juga dapat dibuat menjadi minyak serai dengan cara menyuling bagian atas tumbuhan tersebut. 
 Tanaman serai

Minyak serai dapat digunakan sebagai pengusir nyamuk alami, baik berupa tanamannya atau berupa minyak. Bau dari tanaman serai ini sangat tidak disukai oleh nyamuk dan serangga lainnya karena tanaman serai mengandung zat sitronela.

Di indonesia, tanaman serai digunakan di berbagai masakan seperti pindang ikan, ikan kuah kuning, tempe bumbu serai, ayam serai, sate lilit serai, berbagai macam gulai, dan lain-lain. Di resep minuman seperti es teh serai, wedang serai, dan lain-lain. 

Untuk menyiapkan serai, pilih serai yang batangnya kencang dan daunnya segar. Karena jika daunnya kering, serai kurang berasa. Di dalam masakan serai juga sangat baik untuk menyingkirkan bau dan rasa amis pada ikan, ayam dan jenis masakan seafood lainnya. Sedangkan jika dicampurkan di dalam minuman serai dapat memberikan rasa hangat pada tubuh anda. 

Kupas dan buang satu atau dua lapisan terluarnya hingga bagian dalam yang berwarna putih dan lebih lembut terlihat. Gunakan hanya bagian batang terbawah kira-kira 5cm. Bagian serai yang berwarna putih dan lembut dapat diiris tipis, kemudian hancurkan atau haluskan bersama bumbu-bumbu yang lainnya yang digunakan dalam resep.

Bagian serai yang berwarna putih dan lembut

Sementara jika ingin menggunakan bagian luar serai, anda bisa menambahkannya pada sayuran dan ikan. Caranya serai dapat dimemarkan terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam masakan atau minuman yang direbus, bagian ini sangat cocok untuk menambah rasa dan sebagai hiasan di dalam masakan tetapi tidak bisa dimakan karena teksturnya yang keras.

Serai yang ini memiliki tekstur yang agak keras

Cocok digunakan untuk membuat wedang jahe serai

Selain dimanfaatkan untuk kuliner, serai juga memiliki beragam manfaat obat yang bersifat anti bakteri, anti jamur dan anti mikroba dan dimanfaatkan di seluruh Asia Tenggara, Benua Afrika dan Benua Amerika. 

Dan tanaman serai juga sangat mudah untuk dibudidayakan terutama sebagai salah satu tanaman herbal di kebun anda, tinggal merendam bagian serai yang dibeli di pasar terdekat. Setelah bagian akarnya muncul barulah anda memindahkan ke dalam pot-pot tanaman atau langsung pada pekarangan rumah anda. Ada artikel selanjutnya yang berhubungan dengan serai yaitu Resep wedang jahe serai So, Enjoy Your Cooking Mom :D


Knowing Lemongrass Plant In Your Kitchen


Lemongrass plant is a plant with a type of grass that leaves long as weeds, lemongrass usually used as herbs in every dish. Lemongrass also can be made into a lemongrass oil to refine the way the top of the plant.

Lemongrass oil can be used as a natural mosquito repellent, either plants or oil form. The smell of lemongrass plant is extremely disliked by mosquitoes and other insects because plants contain substances sitronela lemongrass.

In Indonesia, lemongrass plant is used in various dishes such as pindang ikan, yellow fish sauce, tempe seasoning lemongrass, lemongrass chicken, satay lemongrass, various kinds of curry, and others. In beverages such as iced tea with lemongrass, lemongrass wedang, and others.

To prepare lemongrass, select the trunk tight and fresh leaves of lemongrass. Because if the dry leaves, lemongrass less taste. In the lemongrass dishes are also very good for getting rid of the fishy smell and taste of fish, chicken and other types of seafood dishes. While if mixed in lemongrass drink can provide a sense of warmth in your body.

Peel and discard one or two outer layers to the inner white and softer look. Use only the lower part of the stem is approximately 5cm. Part lemongrass white and soft can be thinly sliced, then mash or puree along with other spices used in the recipe.

This is part of lemongrass have inner white and softer look

Meanwhile, if you want to use the outside of lemongrass, you can add it to the vegetables and fish. The trick can be crushed lemongrass before put into food or beverages while being boiled, this section is perfect for adding flavor and as a decoration in food but can not eat because the texture is hard.

And this lemongrass have a hard texture

It is suitable for lemongrass ginger wedang recipe

Besides its use for culinary, lemongrass also has various medicinal benefits that are anti-bacterial, anti-fungal and anti-microbial and utilized throughout Southeast Asia, Africa and in the Americas.

And lemongrass plant is also very easy to grown primarily as one of the herbs in your garden, just soak lemongrass purchased at a nearby market. Once the roots appear then you move into plant pots or directly in the yard of your house. There is a further article that is associated with lemongrass is Ginger lemongrass drink recipe So, Enjoy Your Cooking Mom :D



Posting Komentar untuk "Mengenal Tanaman Serai Di Dapur Anda (Knowing Lemongrass Plant In Your Kitchen)"

Promo sembako murah