Tips Menggunakan Talenan Di Dapur (Tips For Using a Chopping Board In The Kitchen)

Repot juga ya bunda kalau di dapur kecil kita tidak memiliki yang namanya talenan. Kehadiran talenan di dapur sangatlah penting sebagai salah satu alat bantu memasak. Bisa juga sih menggunakan meja dapur yang diatasnya terdapat batu marmer atau granite nya, tetapi tentunya untuk dapur mungil dan minimalis menggunakan talenan lebih praktis.

Untuk memotong bahan-bahan masakan yang ada di dapur. Bagi saya fungsi talenan sangatlah penting, bisa-bisa kalau tidak ada talenan tidak bisa memasak.

Dan masih menurut saya juga bukan hanya fungsi talenan menjadi faktor penting dalam penggunaannya tetapi juga kebersihan talenan itu sendiri... Apakah bunda setuju ??? dan ternyata masih banyak dari kita salah dalam hal cara menggunakan talenan.

Jadi berikut ada beberapa tips yang ingin saya bagikan untuk bunda-bunda sekalian, mari intip tipsnya :D


  • Dalam pemakaian talenan dari kayu

Seperti yang kita ketahui, sebenarnya talenan ada beberapa jenis dari bahan pembuatnya. Ada yang dari plastik, kayu atau batu marmer yang terdapat di counter meja dapur seperti yang saya ceritakan diatas.
Tetapi perlu bunda ketahui, lebih disarankan untuk menggunakan talenan kayu. Alasannya ialah karena talenan kayu akan membuat pisau tidak mudah tumpul sebab permukaan kayu yang halus.

Talenan dari bambu merupakan talenan dengan harga yang murah dan mempunyai sifat anti bakteri alami, tidak merusak pisau.

Dan alasan kita tidak disarankan menggunakan talenan plastik adalah karena biasanya talenan plastik akan mudah mengelupas dan meninggalkan serpihan kecil yang bisa terbawa dalam bahan masakan dan juga talenan plastik memiliki lebih banyak bakteri yang menempel di bandingkan dengan talenan jenis lainnya.

Dan tentu saja jika bunda memiliki counter dapur yang beralaskan batu marmer atau granite, bunda harus lebih sering mengasah pisau yang bunda miliki dikarenakan pergesekan pisau dan batu membuat pisau lebih cepat tumpul dan permukaannya yang licin bisa menyebabkan pisau tergelincir dan ini sangatlah berbahaya.

  • Disarankan mempunyai 2 buah talenan di dapur anda

Hal ini disarankan dengan tujuan untuk menjaga kualitas dan kebersihan dari makanan yang akan kita sajikan untuk keluarga. Satu talenan digunakan untuk memotong daging-dagingan seperti daging sapi, ayam, ikan, seafood dan sebagainya, sedangkan satu lagi untuk memotong bahan-bahan kering atau sayuran yang tidak berasal dari jenis hewani.
Hal ini dimaksudkan agar sisa bahan hewani yang masih tertinggal di talenan tidak mencemari bahan-bahan masakan yang lainnya.

Atau jika bunda hanya memiliki satu talenan saja, tidak mengapa dan jangan risau karena bunda bisa menggunakan talenan tersebut secara bergantian dengan cara bunda bisa memotong bahan-bahan kering atau sayuran terlebih dahulu, lalu setelah semua bahan-bahan kering semuanya sudah selesai dipotong barulah bunda menggunakan talenan yang sama untuk memotong bahan-bahan dari jenis hewani.

Dan cara aman memakai talenan adalah dengan membiasakan menaruh lap dapur atau tissue di bagian bawah talenan. Fungsinya untuk mencegah talenan tidak bergeser ketika kita sedang memotong, karena kondisi tersebut bisa membahayakan.

Dan perlu diingat bunda, jika tidak sengaja jari tangan bunda terluka karena pisau. Sebaiknya dengan segera jari tersebut dibersihkan dan langsung lukanya ditutup. Jangan sampai ada kontak langsung antara darah dari luka tersebut ke bahan-bahan masakan yang bunda siapkan karena itu berarti bisa mencemari bahan-bahan masakan tersebut.

  • Cara merawat talenan

Pada dasarnya merawat talenan tidak terlalu sulit, anda bisa mencucinya seperti biasa. Jika talenan yang anda gunakan masih meninggalkan bau amis, anda bisa mengoles talenan dengan jeruk lemon atau cuka lalu cuci lagi seperti biasa. 


Cuci bersih talenan dan pisau yang anda gunakan setelah membersihkan bahan-bahan masakan lalu keringkan dengan lap dapur, cara ini bisa membuat peralatan dapur bunda awet dan tahan lama.
Dan segera ganti talenan jika sudah terdapat banyak bekas sayatan pisaunya.

Nah, tidak sulit kan untuk merawat talenan agar bersih dan nyaman digunakan. Karena talenan yang bersih adalah salah satu sarana untuk menyajikan hidangan terlezat bagi keluarga anda. So, Enjoy Your Cooking Mom :D


Tips For Using a Chopping Board In The Kitchen

For me it's important to have cutting board in the kitchen, function to cut the ingredients in the kitchen cooking and make cooking easy., might be if no cutting board can not cook.

And still, I think is also not just a function board is an important factor in its use but also hygiene board itself ... Do you agree ??? and there are still many of us are wrong in terms of how to use a cutting board.

So here are a few tips I want to share to you, so let's see the tips : D


  • In the use of a wooden cutting board

As we know, in fact there are several types of cutting board material. There are plastic, wood or marble stone contained in counter kitchen table.
But you should know, is more advisable to use a wooden cutting board. The reason is because the wooden cutting board is not easy to make a blunt knife because the smooth wooden surface.

Bamboo chopping board of a chopping board with a low price and has natural anti-bacterial character, do not easy damage the knife.

And the reason we are advised not to use plastic cutting board is because usually a plastic cutting board will be easier to peel and leave small fragments that can be carried in food ingredients and also has the most bacteria sticking to its board.

And of course, if you has a kitchen counter that is paved with marble or granite, you should be more frequent sharpening blades that you had caused friction knives and stones make faster blunt knife and the smooth surface also can make the knife slipped, this very danger.

  • It is recommended to have 2 pieces cutting board in your kitchen

This is suggested in order to maintain the quality and hygiene of food that we will serve to the family. A cutting board used for cutting meat and poultry such as beef, chicken, fish, seafood and so on, while the other one to cut the dry ingredients or vegetables that are not derived from the type of animal.
This meant that the rest of the animal material that remains on the cutting board does not contaminate materials other dishes.

Or if you has only one cutting board only, do not worry because you could use a cutting board interchangeably with the way you can cut dry ingredients or vegetables first, then after all the dry ingredients are all already finished cut then you uses the same cutting board for cutting ingredients of meat or poultry.

And how to safely use a cutting board is to get used to put a kitchen cloth or tissue in the bottom of the board. Its function is to prevent the board does not shift when we are cut, because these conditions can be dangerous.

And remember, if your finger accidentally injured by a knife. The finger should be cleaned immediately and directly wound closed. There must be no direct contact between the blood from the wound to the ingredients when we prepared the dishes because it means you can contaminate the food ingredients.


  • How to care a cutting board

Basically taking care of the cutting board is not too difficult, you can wash it as usual. If you use a cutting board still leave a fishy smell, you can lubricate the cutting board with lemon juice or vinegar and wash again as usual.


Wash cutting boards and knives you use after cleaning the cooking ingredients and dry with kitchen towels, this method can make your kitchen utensils durable and long lasting.
And immediately replace the cutting board if already there are many knife incision.


Well, it is not difficult to take care of cutting board in order to clean and convenient to use. Due to a clean cutting board is one of the means for serving the most delicious dishes for your family. So, Enjoy Your Cooking Mom: D

Posting Komentar untuk "Tips Menggunakan Talenan Di Dapur (Tips For Using a Chopping Board In The Kitchen)"

Promo sembako murah