Kuliner Martabak HAR khas kota Palembang

Palembang memiliki beragam kuliner khas antara lain pempek, tekwan, celimpungan, mie celor, es kacang merah, dan masih banyak lagi. Salah satunya adalah martabak HAR, jalan-jalan ke kota Palembang belum lengkap kalau belum mencicipi kuliner yang satu ini. Martabak HAR diambil dari nama penciptanya pertama kali yaitu Haji Abdul Rozak, seorang ulama keturunan India di Kota Palembang, jadi tidak heran jika martabak HAR di iringi dengan makanan khas india lainnya seperti nasi biryani, roti cane dan lain-lain.

Sama halnya dengan pempek dan kuliner lainnya, martabak HAR adalah salah satu kuliner yang sangat populer di kota Palembang. Martabak HAR merupakan kuliner yang di sajikan dengan kuah kari yang kental dengan irisan daging serta kentang yang dipotong kecil-kecil, dimasak sedemikian rupa memakai rempah-rempah kari yang harum serta menggugah selera. 

beritakuliner ResepNeti @2015
martabak HAR yang disajikan dengan kuah kari serta kecap asin

Untuk martabak dibuat dengan cara menyiapkan kulitnya terlebih dahulu yang hampir mirip seperti kulit pastry tetapi lebih elastis, kulit tersebut akan dilebarkan di sebuah meja konter terlebih dahulu. Karena elastis, kulit tersebut dapat dilebarkan tanpa terkoyak sedikitpun. Kemudian ditambahkan telur ayam atau telur bebek di tengah-tengah kulit kira-kira sebanyak 1-2 butir, kulit ditutup rapat dan dengan hati-hati di pindahkan ke atas wajan datar yang lebar yang sebelumnya sudah dipanaskan dengan sedikit minyak sayur. Digoreng hingga kulit kuning kecoklatan, lalu di potong terlebih dahulu hingga akhirnya mendarat ke atas piring saji. 

Martabak akan disajikan bersama kuah kari daging dan 1 mangkuk kecil kecap asin dengan irisan cabe hijau di dalamnya, sebagai pelengkap biasanya juga disajikan dengan sate ayam serta minuman teh botol atau es kacang merah serta berbagai minuman lainnya sesuai permintaan pembeli.

beritakuliner ResepNeti @2015
Siap disantap hehhehe :D

Ada 2 outlet yang dapat anda kunjungi untuk merasakan kelezatan martabak HAR ini, outlet yang mudah dijangkau terletak di pusat kota yaitu di Jalan Jendral Sudirman persis di depan Masjid Agung Palembang serta di bundaran air mancur kota Palembang. Dan yang satunya lagi terletak di daerah Simpang Sekip, yang memiliki parkiran yang cukup luas. Selain martabak HAR, tentunya anda bisa memesan menu khas india lainnya dan juga menu india berupa nasi biryani pada hari jum'at.

Jadi kalau berkunjung ke Palembang sempatkan diri anda untuk menikmati kuliner khas india yang satu ini. So, Please Enjoy Your Tour :D

Posting Komentar untuk "Kuliner Martabak HAR khas kota Palembang"

Promo sembako murah