Resep Kulit Ayam Crispy Pedas

Bicara resep ayam mungkin sebagian kita akan membayangkan lezatnya olahan masakan daging ayam, tetapi jarang sekali yang membahas masakan dari kulit ayam. 

Kebanyakan dari Resep Masakan Indonesia banyak sekali yang membuat aneka ragam menu makanan dari bahan dasar ayam, tetapi kali ini saya akan mengulas bagaimana membuat olahan masakan dari kulit ayam. 

Harga kulit ayam dipasar tradisional tergolong murah , jadi bisa menjadi alternatif pilihan menu makanan keluarga. Dan kulit ayam ini menjadi kesukaan anak-anak sebagai makanan cemilan karena rasanya yang gurih dan crispy.

Kulit Ayam Crispy Pedas

Kulit Ayam Crispy Pedas

Kulit ayam bagi kebanyakan orang merupakan bahan makanan yang tidak dapat diolah menjadi produk makanan yang enak dan menarik. 

Banyak dari meraka yang tidak melirik kulit ayam tersebut dan memandang sebelah mata. Namun jangan salah karena kulit ayam tersebut jika diolah dengan sentuhan kreatifitas dan inovasi akan menjadi produk makanan yang enak gurih dan memiliki nilai ekonomis yang tinggi. 

Padahal kulit ayam meiliki banyak kandungan yang dapat memberikan manfaat bagi tubuh manusia. 

Kulit ayam mengandung kadar protein yang cukup tinggi. Kulit ayam crispy pedas adalah salah satu resep masakan favorit karena rasa pedas dan crispy dari kulit ayam membuat setiap orang yang mengkonsumsinya akan ketagihan, dan kulit ayam crispy pedas dapat menjadi cemilan saat anda bersantai.

Resep Adonan Tepung Crispy

Untuk cara pengolahan kulit ayam kali ini kami akan mengkreasikannya dalam bentuk gorengan. Dijamin kreasi kali ini akan memberikan perpaduan rasa enak dan gurih. 

Masakan kali ini saya beri nama Resep Kulit ayam crispy pedas. Berikut ini adalah resep untuk membuat kulit ayam Crispy Pedas.

Bahan – bahan dan bumbu – bumbu yang dibutuhkan :
  • Kulit ayam yang sudah dicuci bersih sebanyak 250 gr
  • Garam dapur secukupnya
  • Bawang putih sebanyak 2 siung yang diihaluskan
  • Air jeruk nipis sebanyak 1 sendok makan
  • Lada bubuk sebanyak 1/4 sendok teh
  • Penyedap rasa sesuai selera
  • Minyak goreng secukupnya
Bahan – bahan untuk Baluran Kulit Ayam yang dibutuhkan :
  • Tepung maizena sebanyak 25 gr
  • Tepung terigu sebanyak 125 gr
  • Bawang putih bubuk sebanyak 1 sendok teh
  • Baking powder sebanyak 1/2 sendok teh
  • Lada bubuk sebanyak 1/4 sendok teh
  • Kaldu ayam bubuk sebanyak 1 sendok makan
  • Garam halus sebanyak 1 sendok teh
Bahan untuk pencelup : air es batu atau air dingin secukupnya 
Bahan pelengkap: untuk cocolan dapat menggunakan saus sambal extra pedas sesuai selera Langkah – langkah yang harus dilakukan untuk membuat Kulit ayam crispy pedas adalah sebagai berikut:
  1. Langkah pertama, kulit ayam harus dicuci terlebih dahulu dan dibersihkan dari sisa – sisa bulu yang tertinggal.
  2. Langkah kedua, Kulit ayam yang sudah bersih kemudian dilumuri dengan bumbu – bumbu yang sudah dicampur merata dan air jeruk nipis, aduk sampai rata dan diamkan selama 15 menit.
  3. Langkah ketiga, Bahan – bahan pembalur dicampur secara merata dalam satu wadah kemudian diayak.
  4. Langkah keempat, Kulit ayam yang sudah bersih di baluri bahan pelapis dengan cara menggulingkan – gulingkan dalam bahan pelapis sampai permukaannya tertutup secara merata.
  5. Langkah kelima, kulit yang sudah dibaluri tadi dimasukkan kedalam plastik kemudian dicelupkan kedalam air es.
  6. Langkah keenam, minyak goreng dipanaskan diatas kompor dengan api tidak terlalu besar kemudian goreng kulit ayam sampai berwarna kecoklatan dan kering yang mendakan jika sudah matang, angkat dan ditiriskan.
  7. Kulit ayam goreng crispy extra pedas siap disajikan dengan cocolan saus sambal extra pedas.

Mudah bukan cara membuat kulit ayam crispy pedas ,dan paling enak mengkonsumsi kulit ayam crispy pedas dengan saus sambal . 

Anda bisa membuat aneka makanan lain dari adonan tepung crispy ini, jadi anda ingin membuat cemilan crispy seperti resep kulit ayam crispy pedas. 

kebetulan saya juga mempunyai resep ayam goreng crispy , bisa anda lihat di artikel dibawah ini :

Baca juga : Resep Ayam Goreng Krispi Saus Pedas Manis

Demikianlah cara membuat kulit ayam crispy pedas dengan mudah dirumah ,semoga resep kali ini akan menjadi hidangan favorit keluarga. 

Tetap kunjungi blog kami karena akan selalu ada resep masakan baru yang akan saya bagi diblog ini. Happy Cooking.

Posting Komentar untuk "Resep Kulit Ayam Crispy Pedas"

Promo sembako murah