Tips Bawang Goreng Renyah Tahan Lama

Bawang goreng merupakan salah satu jenis sajian yang sering kita temui , terutama di menu makanan utama .Bawang goreng sendiri sebenarnya merupakan sajian tambahan untuk menambah cita rasa dari sajian utama. Tetapi ada sebagian orang yang menyukai menyantaop bawang goreng tanpa disajikan bersamaan dengan menu makanan utama, biasanya bawang goreng dijadikan makanan cemilan dan bawang goreng terkenal akan kerenyahannya dan aroma khas bawang oleh karena itu artikel kali ini akan membahas tips bawang goreng renyah tahan lama sehingga anda bisa membuatnya sendiri dirumah dan menyantap bawang goreng tanpa khawatir kalau bawang goreng tidak tahan kerenyahannya.

tips bawang goreng renyah tahan lama

Tips Bawang goreng tahan lama

Banyak orang menyukai membuat bawang goreng untuk pelengkap makanan seperti bakso, sate, sop ,dan lainnya tetapi bawang goreng sendiri terkadang tidak renyah dan tidak tahan lama, beberapa orang mempunyai cara tips bawang goreng renyah tahan lama. Salah satu tips yang akan dibahas diartikel ini yaitu bagaimana membuat bawang goreng renyah dan tahan lama agar bisa dikonsumsi dalam waktu yang cukup lama tanpa khawatir kalau bawang goreng tidak renyah dan tidak tahan lama. Bawang goreng sendiri sebenarnya sudah terkandung zat MSG yang membuatnya terasa gurih dan renyah sehingga jika membuatnya dirumah tidak dianjurkan menambah lagi perasa atau MSG saat membuat bawang goreng, berikut ini adalah tips membuat bawang goreng renyah dan tahan lama

  1. Memilih Bawang merah kualitas baik
  2. Terkadang jika kita beli bawang merah dipasar ada beberapa bawang merah yang memang kurang baik dan bisa dilihat dari tekstur bawang goreng. Jika ingin membuat bawang goreng yang renyah tahan lama maka dianjurkan untuk memilih bawang goreng yang baik dan tidak jelek kualitasnya ,karena khawatir jika memilih kualitas bawang merah yang jelek akan membuat bawang goreng berbau apek dan tidak renyah. Pilihlah bawang goreng yang segar dan tidak layu dan pilihlah bawang goreng dengan ukuran yang besar karena selain mempermudah pemotongan , biasanya bawang goreng dengan ukuran besar tidak cepat layu dibandingkan bawang goreng ukuran kecil-kecil.

  3. Potong bawang merah tipis-tipis
  4. Memotong bawang merah tipis dan merata akan membantu bawang merah yang sudah digoreng akan lebih renyah dan tahan lama, jika tidak bisa memotong bawang merah tipis-tipis maka dianjurkan menggunakan alat khusus untuk memotong bawang agar hasilnya cukup memuaskan. Keuntungan lainnya memotong bawang merah tipis-tipis yaitu agar bawang yang digoreng tidak lembek, potongan bawang merah yang tebal akan membuat bawang menjadi lembek dan tampilan setelah digoreng akan tidak enak.

  5. Beri tepung terigu atau tepung maizena
  6. Memberi tepung terigu atau bisa juga menggunakan tepung maizena akan membuat bawang goreng lebih renyah, Bisa juga ditambahkan sedikit garam. Takaran yang pas untuk campuran tepung membuat bawang goreng bisanya yaitu 1/4 bawang merah yang sudah diris dengan segenggam tepung terigu. Bisa juga menggunakan takaran 1kg bawang goreng dengan tepung maizena sebanyak 1 - 1,5 sendok tepung maizena dan diamkan sebentar.

  7. Goreng menggunakan api kecil
  8. Pada saat menggoreng bawang gunakanlah api kecil dan tidak terlalu besar, karena dengan menggoreng menggunakan api kecil akan membuat bawang goreng matang merata dan tidak gosong. Dan pada saat proses penggorengan ada baiknya untuk selalu diaduk rata dan perlahan-lahan agar bawang goreng matang sempurna Jika bawang goreng sudah tampak kuning kecoklatan segeralah diangkat dan ditiriskan , diamkan bawang goreng beberapa menit agar lebih kering dan usahakan setelah digoreng jangan langsung dimasukan kedalam toples atau wadah tertutup.

  9. Bawang goreng disimpan dalam wadah tertutup
  10. Setelah bawang goreng ditiriskan dan didiamkan beberapa menit , bawang goreng akan lebih renyah dan oleh sebab itu segeralah untuk menyiapkan wadah tertutup rapat agar setelah disimpan bawang goreng akan tetap renyah dan tidak lembek, bawang goreng akan tahan lama jika disimpan dalam wadah tertutup rapat dan biasanya bawang goreng yang renyah bisa bertahan 1 minggu lebih disimpan diwadah tertutup. Pastikan setelah didalam toples bawang goreng benar benar kering dari minyak goreng agar bawang goreng tidak apek dan lembek.

Baca juga : Tips Awet Menyimpan Santan Kelapa

Bawang goreng renyah dan tahan lama

Lebih jelasnya akan dibuat daftar bahan dan langkah-langkahnya dalam membuat bawang goreng yang renyah, anda bisa mengikuti langkah - langkah yang akan dijelaskan.

  • Bahan - Bahan :
  • 1/4 kilo bawang goreng segar, dipotong tipis
  • 1 genggam tepung terigu atau tepung maizena
  • 1/2 sdm bubuk kaldu

Langkah - langkahnya :

Bawang yang sudah dipotong tipis - tipis dianginkan terlebih dahulu selama setengah jam dan taburkan tepung terigu atau tepung maizena dan bubuk kaldu. Goreng menggunakan minyak panas dengan api kecil agar tidak gosong, setelah digoreng sampai terlihat kecoklatan maka sudah bisa diangkat dan ditiriskan dan sudah bisa anda simpan diwadah tertutup.

Mudah bukan dalam membuat bawang goreng sendiri dan itulah penjelasan dari tips bawang goreng renyah tahan lama , semoga anda bisa mencoba membuat sendiri bawang goreng yang renyah dan tahan lama. Selamat mencoba...!!!

Dapatkan Update Artikel Terbaru di Email Anda:

0 Response to "Tips Bawang Goreng Renyah Tahan Lama"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar disini