Tips Cara Mengocok Putih Telur

Hallo sahabat Neti Recipes, Mau cerita dulu nih soal hobby nge-baking saya ya, terutama bolu dan roti. Jujurnya awal membuat bolu saya merasa tidak bisa dan tidak percaya diri, soalnya setiap kali membuat bolu kejadiannya pasti Gatot atau gagal total hehehe ^_^

Tips Cara Mengocok Putih Telur

Tetapi karena sudah suka dan cinta dengan sesuatu hal yang berhubungan dengan memasak, ya di coba terus deh,,, daripada nggak, kepikiran kan sayang sudah dibelain beli ovennya malah dianggurin hehehe ^_^

Saya termasuk newbie dan belum sempat mengambil satu jenis kursus pun yang berhubungan dengan baking, penyakit males saya ini suka dateng tiba-tiba mom, kadang-kadang sampe males keluar rumah hehehe ^_^

Dan saya juga termasuk tipe pelajar yang suka belajar dan mencari tau sendiri hihihi ^_^
Saya suka belajar secara autodidak, lihat resep dan nonton saluran memasak saya di Youtube NetiRecipes . Praktek sendiri dengan mencoba cara-cara yang berbeda. Entah ya mom, bagi saya yang seperti ini cukup seru hehehe ^_^

( Jangan di judge tipe aneh saya ini ya mom, kalau mau belajar kelompok, ayo maen saja kerumah ya mom. Belajar bareng, berhasil dan gagalnya bareng hihihi ^_^ )

cara mengocok putih telur soft peak
Bolu pisang jenis chiffon cake dengan cara mengocok putih telur soft peak

Cara Mengocok Putih Telur Yang Benar

Oke, kita lanjut ke pembahasan kita soal tips cara mengocok putih telur Soft Peak dan Hard Peak ya mom ^_^
Teknik ini baru saya pelajari ketika saya berniat untuk membuat bolu dengan jenis chiffon dan sponge cake yang teksturnya lembut dan ringan.

Dengan mengocok telur dengan cara soft peak dan hard peak ini di gunakan ketika kita mengocok putih telurnya saja, jadi untuk mendapatkan tekstur soft peak dan hard peak ini terlebih dahulu pisahkan putih dan kuning telur yang akan digunakan untuk membuat kue. Jangan ada sedikitpun bagian kuning telur yang masuk ke dalam putih telurnya, jadi harus benar-benar putih telurnya saja karena kuning telur bisa membuat putih telur tidak bisa kaku.

Pisahkan dalam wadah yang terpisah ya mom, dan perlu di ingat wadah dan peralatan yang akan dipakai untuk mengocok putih telur ini harus benar-benar bersih dan kering. Mulai dari baskom, mixer dan spatula yang di pakai harus bebas dan bersih dari minyak atau air. Agar putih telur dapat benar-benar naik dan mengembang.


Cara Mengocok Putih Telur Soft Peak

Cara Mengocok Putih Telur Sampai Kaku

Nah, selanjutnya kalau langkah-langkah diatas sudah di lakukan. Berikut beberapa tahapan dalam pengocokan putih telur menjadi soft peak sampai hard peak, sesuai dengan jenis bolu yang akan kita buat.

  1. Nyalakan mixer dengan kecepatan rendah lalu sedang ketika mengocok putih telur. Lanjutkan ke kecepatan tinggi setelah muncul busa-busa kecil yang jumlahnya tidak terlalu banyak. Dalam tahap ini silahkan masukkan gula pasir sedikit demi sedikit secara bertahap sampe habis.
  2. Teruskan mengocok putih telur sampai putih telur terlihat mengembang ringan. Nah, kalau putih telur sudah terlihat mengkilat dan sangat lembut seperti krim. Ketika mixer dimatikan dan diangkat, adonan putih telur akan tetap menempel di alat pemutar mixernya dengan jambul mengarah ke bawah baskom dan pelan jatuh ke baskom. Ini artinya kita sudah memasuki tahap soft peak.
  3. Selanjutnya kalau mau hard peak, lanjutkan mixer kembali hingga putih telur menjadi sangat kaku, kering dan warnanya terlihat tidak mengkilat lagi. Hard peak akan membentuk jambul dengan puncak yang runcing. Dan sangat menempel ke alat pemutar mixer, malah kalau baskom di balik maka adonan putih telur tidak akan terjatuh. Ini artinya sudah dapet tekstur hard peak nya ya mom ^_^

Teknik Soft Peak ini bisa dipakai kalau kita mau membuat bolu dengan jenis chiffon cake, teksturnya menjadi lembut dan ringan. Dan kalau chiffon cake nya sudah matang, seringkali loyang tulban yang biasa di gunakan di balik agar bolu tidak mudah turun dan tetap mengembang. Karena bahan-bahan yang di pakai untuk chiffon cake juga tidak memakai bahan-bahan seperti margarin, tetapi menggunakan minyak atau santan.
Baca juga: 7 Tips Masakan dari Chef David Myers
Dan teknik Hard Peak di pakai ketika membuat bolu dengan jenis sponge cake, Yang jenis bahan lemak jenuhnya berupa margarin. Tetapi teknik Soft Peak juga bisa dipakai untuk membuat sponge cake, karena hasilnya sponge cake akan jauh lebih lembut dari sponge cake yang biasanya.

Cara Mengocok Putih Telur Sampai Kaku


Nah, begitu mom infonya. Semoga bisa langsung praktek di rumah ya biar nggak penasaran dan bingung. Untuk membantu biar putih telurnya cepet kaku, biasanya ditambahkan Cream of tartar. Sejenis bahan pengembang dan kaku khusus untuk mengocok putih telur, tetapi kalau mau yang alami bisa menggunakan 1 sendok makan air jeruk lemon atau air jeruk nipis juga bisa.

Saya pribadi tidak memakai Cream of tartar ya mom, cukup mengocok putih telurnya saja. Tetapi memang agak lama untuk mendapatkan tekstur kaku Hard Peak nya, atau kalau lagi bawaannya kepingin cepet biasanya saya tambahkan air jeruk nipis saja.

Baca Juga : Tips Memilih Dan Menyimpan Tahu Yang Benar
Dan satu lagi mom, yang membuat saya suka sekali memakai teknik Soft Peak dan Hard Peak ini adalah saya tidak memerlukan lagi bahan pengembang dan bahan pelembut kue. Jadi hanya menggunakan bahan-bahan kue yang biasa seperti telur, gula, margarin, santan, tepung dan vanili. 


Pandan chiffon cake dengan Cara mengocok putih telur teknik soft peak
Pandan chiffon cake dengan Cara mengocok putih telur teknik soft peak

Pokoknya saya suka sekali dengan teknik ini, saya yang awalnya merasa sebel membuat bolu yang nggak pernah sukses dengan macem-macem alasan bantet lah, nggak mengembang, mentah dalam gosong di luar, pokoknya kalau bikin bolu sampe merembes mili saking sedihnya hahaha ^_^

Baca juga : Resep Bolu Chiffon - Chiffon Cake Recipe
Sekarang mau bikin bolu berapa loyang saja di kejer deh, saking sukanya :D 
dan jadi di puji suami terus nih, waktu bikin bolu. " Wah, lembut banget say.." sampe-sampe berapa potong bolu juga habis sekali makan hehehe ^_^ 

Pokoknya jadi tambah semangat deh mom, bikin bolunya. Coba deh di rumah ya dan jangan lupa komentar di bawah, gimana kesan-kesannya waktu cobain teknik ini. Biar kita bisa saling cerita dan berbagi. So, Enjoy Your Cooking Mom ^_^ 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Cara Mengocok Putih Telur"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar disini