Apa Perbedaan Sponge Cake dan Chiffon Cake

Perbedaan Sponge Cake dan Chiffon Cake

Hallo sahabat Neti Recipes, Rasanya sudah lama sekali saya tidak mengisi artikel di blog ya, artikel yang terakhir di terbitkan itu sekitar bulan april yang lalu. Apa kabarnya nih para sahabat Neti Recipes ? yang tentunya masih setia menunggu terbitnya resep-resep terbaru ^_^

Menjelang bulan Ramadhan dan hari raya Idul Fitri, tentunya kesibukan bertambah lagi. Pastinya sahabat di rumah juga seperti itu ya,, tetapi tetap harus menjalaninya dengan rasa syukur.

Baiklah, hari ini saya mau membagikan artikel yang berkaitan dengan Resep Bolu yaitu sponge cake dan chiffon cake. Apa sih bunda bedanya ? ada yang pernah bertanya seperti itu kepada saya.

Jujurnya saya juga baru tahu bahwa sponge cake dan chiffon cake itu berbeda ketika saya sudah mencoba untuk berjualan Bolu Marmer, Pandan sponge cake dan bolu pisang di karenakan ada pelanggan yang pesan.

Perbedaan Sponge Cake dan Chiffon Cake
Neti Camilan
facebook.com/ResepNeti

Mau tidak mau sejak saat itu, saya mencoba mencari tahu resep mengenai bolu-bolu tersebut. Untuk menambah wawasan kuliner saya tentang bolu atau cake.

Maklum bunda, saya bukan lah lulusan sekolah khusus memasak atau pernah mengikuti kursus-kursus tertentu. Hanya memang sangat menyukai dunia kuliner dan Alhamdulillah belajarnya baru secara autodidak saja ^_^

Serta teramat ingin membagikan pengalaman saya ketika membuat Sponge cake.

Perbedaan Sponge Cake dan Chiffon Cake

Berikut perbedaan Sponge Cake dan Chiffon Cake : dalam pembuatan Sponge cake, lemak yang di pakai berasal dari mentega atau margarin.

Sedangkan untuk Chiffon cake lemak yang di pakai berupa minyak goreng serta bahan cairan berupa susu, juice atau santan.

Dalam teknik pengocokan telur, untuk Sponge cake telur di kocok bersamaan dengan gula dan bahan emulsifier atau ada juga yang memakai teknik putih dan kuning nya di kocok terpisah.

Sedangkan Chiffon cake, memakai teknik putih dan kuning telurnya di kocok terpisah.

Perbedaan Sponge Cake dan Chiffon Cake
NetiCamilan
facebook.com/ResepNeti

Kue bolu

Langkah yang sering saya gunakan yaitu memisahkan putih dan kuning telur ke dalam wadah yang berbeda,

Lalu putih telur di kocok dengan gula hingga mengembang kaku atau ketika mikser di angkat bagian ujung putih telur membentuk jambul dan tidak jatuh.

selanjutnya kocok mentega hingga benar-benar mengembang dan lembut.

Masukkan kuning telur satu persatu dan kocok hingga benar-benar tercampur.

Matikan mixer, selanjutnya baru masukkan bahan-bahan kering lainnya.

Aduk menggunakan spatula hingga rata, terakhir barulah memasukkan putih telur ke adonan kuning telur dan diaduk dengan teknik aduk balik.

Perbedaan Sponge Cake dan Chiffon Cake

chiffon kue

Untuk Chiffon cake, putih dan kuning telur di pisah ke dalam wadah yang berbeda,

Kocok putih telur hingga mengembang dan kaku atau kocokan soft peak

Di lain wadah, campur hingga rata kuning telur dengan lemak berupa minyak goreng, juice atau santan.

Campur putih telur yang kaku ke dalam adonan kuning telur dalam tiga tahapan. Dan aduk hingga rata menggunakan teknik aduk balik.
Baca juga : Mengenal Jenis - Jenis Kue ( Knowing The Kinds of Cake )

Sponge cake biasanya memiliki tekstur yang ringan, lembut dan berpori banyak, mirip busa sponge. Karena berpori banyak tersebut, biasanya sponge cake memiliki remahan kasar yang banyak pula :D

Jadi tentunya sangat cocok di sajikan untuk teman minum teh atau kopi. Sedangkan Chiffon cake memiliki tekstur yang lembap, halus dan lembut seperti brownies. Semoga sekilas pengetahuan saya tentang Sponge cake dan Chiffon cake yang masih minim ini dapat bermanfaat untuk bunda di rumah ya ^_^ So, Enjoy Your Cooking Mom :D


Selasa. Juli 25,2017.

Posting Komentar untuk "Apa Perbedaan Sponge Cake dan Chiffon Cake"

Promo sembako murah