Resep Pempek Adaan Khas Palembang

Hallo sahabat Neti Recipes. Pasti sudah banyak yang tahu ya dengan pempek adaan yang merupakan camilan khas kota Palembang ?

Kali ini saya ingin membagikan salah satu Resep Pempek Adaan yang lembut dan gurih ala Neti recipes, dan tentunya sudah saya cobain di dapur saya. Cara membuatnya juga sangat mudah, dan insyaAllah teman-teman bisa langsung membuatnya di rumah.

Pempek Adaan

Pempek Adaan ini salah satu jenis pempek khas kota Palembang, di antara pempek khas Palembang lainnya seperti Pempek telok, Pempek Kulit tenggiri, Pempek pistel, Pempek Kapal Selam, Pempek Lenjer dan masih banyak lagi judul pempek lainnya ^_^

Untuk daging ikan gilingnya, teman-teman bebas memakai daging ikan apa saja. Tetapi yang biasanya di pakai untuk membuat pempek adalah daging ikan gabus, tenggiri, kakap atau sarden.

Tingkatan ikan giling tersebut sesuai dengan tekstur atau rasa dagingnya, ikan gabus menempati urutan pertama dalam hal pembuatan pempek yang benar-benar enak. Selanjutnya tenggiri, kakap lalu sarden.
Baca Juga : Resep Pempek Pistel

pempek adaan

Cara Membuat Pempek Adaan Khas Palembang

Jadi Resep Pempek Adaan ini termasuk salah satu resep pempek dari sekian banyak jenis pempek khas kota Palembang.

Untuk resep pempek Adaan di sini saya memakai daging ikan kakap, di karenakan pasar tradisional di dekat rumah saya hanya ada daging ikan kakap. Biasanya saya juga menggunakan daging ikan tenggiri.

Bagi teman-teman yang tidak menyukai daun bawang, boleh menggunakan sedikit atau tidak sama sekali. Tetapi tentunya rasanya tetap lebih enak kalau menggunakan daun bawang di dalam adonan pempek Adaan ini.

Bahan-Bahan Untuk Membuat Pempek Adaan Khas Palembang :

  • 500 gram ikan giling
  • 500 gram tepung sagu
  • 2 butir telur
  • 3 batang daun bawang, di iris
  • 6 butir bawang merah, di iris tipis
  • 3 butir bawang putih ukuran besar, di haluskan
  • 225 ml santan kental
  • 3 sendok teh garam halus
  • Minyak sayur secukupnya untuk menggoreng

Dibawah ini Video cara membuat pempek adaan yang sudah saya coba silahkan ditonton ya


Cara Membuat Pempek Adaan Khas Palembang

  1. Campur irisan daun bawang, bawang merah dan bawang putih 2 butir telur ke dalam 500 gram ikan giling lalu aduk hingga benar-benar rata

  2. Tambahkan 500 gram tepung sagu sedikit demi sedikit sambil di aduk rata

  3. Masukkan juga 3 sendok teh garam halus dan 225 ml santan kental bergantian dengan tepung sagu, sambil terus di aduk hingga benar-benar merata ya

  4. Panaskan minyak sayur untuk menggoreng di dalam wajan

  5. Ambil sedikit adonan pempek lalu tekan di antara jari telunjuk dan ibu jari hingga membentuk bulatan seperti bakso, ambil menggunakan sendok makan lalu masukkan ke dalam minyak panas

  6. Goreng hingga matang, angkat dan siap di sajikan bersama cuko atau saus lainnya


pempek adaan

Pempek Adaan Yang Gurih dan Kenyal serta Lembut

Untuk teman-teman yang sangat menyukai tekstur pempek yang benar-benar lembut, di takaran resep ini sebaiknya hanya menggunakan 400 gram tepung sagu saja untuk takaran 500 gram daging ikan giling.

Saya menyukai tekstur pempek yang agak kenyal, jadi saya menggunakan tepung sagu sebanyak 500 gram. Semakin sedikit tepung sagu yang di gunakan, tekstur pempeknya akan semakin lembut.

Menghasilkan kurang lebih sekitar 50 buah pempek Adaan untuk satu resep pempek Adaan berikut ini, dengan ukuran yang sedang atau tidak terlalu kecil. Jadi cocok nih buat camilan pas kumpul bareng keluarga ^_^

pempek adaan

Teman-teman juga bisa menambahkan penyedap rasa apabila suka, di sini saya tidak memakai penyedap rasa karena menurut saya daging ikan itu sendiri sudah lumayan terasa gurih.

Pilihlah daging ikan giling yang segar dan tidak berbau, agar pempek yang di hasilkan gurih dan tidak berasa pahit. Atau teman-teman bisa membuat daging ikan giling sendiri dengan mem-fillet ikan segar yang sudah di beli di pasar lalu di blender atau di haluskan dengan memakai food prosessor.

Jadi silahkan mencoba resep Pempek Adaan yang satu ini ya, Selamat berkreasi. So, Enjoy Your Cooking Mom :D



pempek adaan

Posting Komentar untuk "Resep Pempek Adaan Khas Palembang"

Promo sembako murah