Tips Sukses Membuat Kue Sus

Hallo sahabat Neti Recipes. Kalau berbicara mengenai kue sus, siapa sih yang tidak mengenal kue yang satu ini ?

Kue sus dengan tekstur ringan, renyah dan beronggga. Yang di dalamnya biasa di isi dengan pastry cream beraneka rasa sesuai selera.

Kue sus juga di kenal sebagai choux pastry atau pate a choux. Dan tergolong pastry klasik negara perancis, tempat di mana kue sus berasal.

Kue sus tergolong sebagai salah satu kue yang cara membuatnya tergolong mudah, karena tidak memerlukan alat khusus serta bahan-bahannya pun mudah di dapat.

Meskipun begitu ada beberapa hal yang perlu di perhatikan agar si kue sus ini dapat cantik tertata di atas meja.

Kue sus dengan tekstur ringan, renyah dan beronggga

Tak Kenal Maka Tak Sayang

Sebelum membagikan tips sukses membuat kue sus, teman-teman sudah kenal dan tahu belum asalnya kue favorit ini ? Yuk, kita chit-chat sebentar ya...

Kue sus ini pertama kali di kenal dengan nama pâte a Panterelli, kemudian berubah lagi dengan nama pâte a Popelini. Resepnya pertama kali di temukan di tahun 1533.

Oleh salah seorang juru masak kerajaan dari putri Catherine, yang bernama panterelli. Yang ikut serta putri Catherine meninggalkan kota kelahirannya di Firenze, Italia menuju perancis.

Putri Catherine sendiri menuju Perancis dalam rangka pernikahannya dengan pangeran Henry II, dari Perancis.

Tepat setelah 7 tahun kemudian, Panterelli menciptakan adonan pasta sebagai adonan dasar pertama kue sus pertama kali.

Resepnya tersebut sempat mengalami beberapa kali perubahan, yang pada akhirnya resep tersebut di sempurnakan oleh salah seorang juru masak perancis, yaitu Marie-Antoine Careme.

Nama beserta resep kue sus akhirnya di kenal pâte à choux atau choux pastry hingga sekarang. Nah, begitu sekilas cerita tentang si kue sus ini ^.^

Kue sus dengan tekstur ringan, renyah dan beronggga

Baca Juga : 7 Tips Masakan dari Chef David Myers


Tips Sukses Membuat Kue Sus atau Choux Pastry

Nah Agar kue sus sukses kita mulai mereview lagi langkah-langkah membuat kue sus anti gagal ya ^.^

Kenapa Kue Sus jadi Bantat ?


Pertama : Pakailah takaran bahan-bahan sesuai resep yang ada ya, jadi ikuti instruksi resep kue sus yang menjadi panduan teman-teman. Mau lihat resep dari manapun juga, tetap harus ikutin takaran resep yang ada ya..

Kedua : Jangan memasukkan telur ke dalam adonan tepung dan margarin ketika panas, tetapi tunggu beberapa saat agar adonan tepung sudah bersuhu hangat cenderung ke dingin.

Karena fungsi telur melembutkan adonan, kalau teman-teman memasukkannya selagi panas. Telur bisa langsung matang dan justru itu membuat si kue sus menjadi bantat.

Ketiga : Tunggu oven benar-benar panas atau bersuhu 200 derajat celsius, baru masukkan atau oven kue sus. Agar kue sus dapat mengembang dengan baik.

Meskipun masih hangat, segera cetak dan panggang adonan kue sus yang sudah tercampur rata. Agar kue sus dapat mengembang dengan baik.

Cara membuat Kue sus yang renyah dan beronggga

Kenapa Kue Sus Jadi Kempes ?


Pertama : Jangan pernah membuka tutup pintu oven terlalu sering ketika mengoven kue sus, perhatikan waktu oven kue sus. Sehingga teman-teman tidak perlu mengecek berapa lama lagi matangnya, karena kue sus perlu suhu oven yang stabil.

Kedua : Masak campuran air dan mentega sampai benar-benar mendidih, lalu angkat dan langsung masukkan tepung terigu dengan di aduk cepat kedalamnya.

Ketiga : Panggang kue sus sampai berwarna coklat keemasan, agar kue sus matang dan tidak mentah di dalam serta mengempis. Dan segera setelah di keluarkan dari oven, buat lubang atau iris kecil kulit sus agar kulit renyah dan tidak kempes.

Kenapa Adonan Kue Sus Bergerindil ?


Untuk menghindari adonan kue sus bergerindil atau bergumpal, sebaiknya teman-teman menuang tepung terigu ke dalam rebusan margarin dan air secara sekaligus atau langsung tuang semuanya.

Lalu aduk cepat hingga adonan kalis dan tidak lengket lagi di panci. Saya sarankan gunakan sendok kayu untuk mengaduk adonan tersebut.

Cara membuat Kue sus yang renyah dan beronggga

Kenapa Kue Sus Gosong :


Cek temperatur oven yang teman-teman gunakan, apabila kue sus gosong di bagian bawah tetapi kulit belum coklat keemasan serta mentah di dalam.

Itu sering terjadi karena temperatur oven terlalu panas, suhu maksimum untuk membuat atau memanggang kue sus adalah 200 derajat celsius.


Berhasil membuat Choux Pastry

Nah,,, langkah-langkahnya mudah di ikuti kan ??


Yang saya review di atas adalah hal-hal yang sering terjadi ketika membuat kue sus atau choux pastry.

Pertanyaan yang sering di tanyakan kurang lebih seperti itu, saya hanya merangkum semua pertanyaan yang ada dari semua artikel memasak yang saya baca.

Kemudian saya rangkum beberapa jawabannya agar bisa di mengerti oleh teman-teman, khususnya yang masih pemula dalam urusan baking seperti saya misalnya.

Cara membuat Kue sus yang renyah dan beronggga

Saya usahakan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan di atas berasal dari para ahli yang memang sudah biasa membuat kue sus, dan berdasarkan pengalaman teman-teman juga yang berasal dari dunia kuliner.

Terima kasih untuk para ahli dan teman-teman yang telah membagikan ilmu kulinernya ya,, sehingga kita dapat belajar cara membuat kue sus agar sukses dan tidak gagal.

Nah,, selamat mencoba ya Mom. Kemungkinan hasil para mommy lebih keren deh dari ini dan mudah-mudahan apa yang sudah saya bagikan bisa bermanfaat untuk teman-teman semua.
Selamat berkreasi. So, Enjoy Your Cooking Mom :D

Cara membuat Kue sus yang renyah dan beronggga

Posting Komentar untuk "Tips Sukses Membuat Kue Sus"

Promo sembako murah