Resep Bola Kentang Gurih ( Savory Potato Balls Recipe )

Resep yang satu ini memang bahan dasarnya dari kentang, bisa disamakan dengan pergedel kentang bunda... tapi saya lebih suka menyebutnya dengan bola kentang karena memang saya bentuk bulat-bulat seperti bola.

Resepnya sederhana tetapi kalau bunda suka, boleh menambahkan bahan-bahan yang lain di dalam nya seperti bayam, sosis, keju, atau bisa juga kornet dan lain-lain.

Saya hanya memakai bahan-bahan yang lagi tersedia di dalam kulkas saya... sebenarnya bola kentang ini di lapisi dengan tepung roti tetapi karena saya tidak punya tepung roti jadi saya pakai kelapa parut yang disangrai ( karena saat itu saya punya stok kelapa parut yang disangrai, belum saya olah jadi mengapa tidak saya pakai untuk melapisi bola kentang ini ). 

Jadi bola kentang nya di lapisi kelapa sangrai, lumayan gurih dari rasa kelapanya bunda... ketika digoreng bau harum dari kelapanya juga semerbak :)

Resep bola kentang
Bola kentang yang sudah jadi, kelapa sangrainya membuat bola kentang ini harum semerbak

Resep bola kentang
Sangat cocok ketika di makan bersama pasangannya yaitu saus sambal atau saus cabe botolan, Mantap rasanya ..... :D

Berikut bahan-bahan dan cara membuatnya bunda...
Bahan-bahan :

  • 500 gram kentang, di rebus dan dihaluskan
  • 4 buah wortel di potong dadu kecil-kecil
  • 1 buah bawang bombay dipotong dadu
  • 50 gram daging ayam dipotong dadu
  • 1 siung bawang putih dicincang halus
  • 1 butir kuning telur
  • 1 butir telur
  • Kelapa parut yang disangrai
  • Minyak Goreng secukupnya
  • Garam
  • Gula
  • Penyedap Rasa bila suka
Cara membuatnya :

  1. Tumis 1 siung bawang putih yang dicincang halus, 1 buah bawang bombay yang dipotong dadu sampai harum
  2. Setelah harum masukkan 1 butir kuning telur ( masak seperti kita bikin orak-arik telur ), lalu masukkan 50 gram daging ayam dipotong dadu, 4 buah wortel yang dipotong dadu. Tambahkan garam, gula serta penyedap rasa. Aduk rata lalu masak hingga wortel lembut, angkat.
  3. Masukkan bahan tumisan kedalam 500 gram kentang yang sudah direbus dan dihaluskan lalu aduk sampai rata, sisihkan
  4. Siapkan bahan balutan bola kentang yaitu 1 butir telur yang di kocok lepas dan kelapa parut yang disangrai
  5. Panaskan minyak goreng, bentuk adonan kentang menjadi bola-bola, celup ke dalam telur lalu gulingkan ke dalam kelapa sangrai dan goreng hingga kecoklatan, angkat.
Bola kentang ini cocok untuk dijadikan camilan sore hari bunda, hidangkan bersama saus tomat atau saus cabai botolan biar rasanya lebih mantap. 
Kalau mau di tambah daun bayam juga boleh tapi disarankan daun bayamnya juga di rebus dahulu biar si kecil yang nggak doyan makan sayuran nggak kentara dengan rasa bayamnya bunda :)

Bunda bebas memodifikasi camilan ini untuk di campur dengan bahan-bahan kesukaan si kecil, pasti asyik berkumpul bareng keluarga di sore hari. So, Enjoy Your  Cooking Mom :D

Posting Komentar untuk "Resep Bola Kentang Gurih ( Savory Potato Balls Recipe )"

Promo sembako murah