Tips Awet Menyimpan Santan Kelapa

Apakah bunda sekalian punya pengalaman tentang santan kelapa ??
Masakan Indonesia sangat identik sekali dengan masakan yang bersantan ya bund...
Dengan rasa gurih apalagi kalau ditambah dengan rempah-rempah, seperti masakan Rendang, Opor,
dan lain-lain.
Nah, tidak terkecuali dirumah saya bunda.. Suami suka sekali dengan Sayur daun ubi / singkong di santan, celimpungan ( cemilan kota palembang nih bund ), Lontong sayur. 
Pokoknya masih banyak lagi deh bunda favoritnya :)
Makanya saya sangat sering punya stok kelapa parut di kulkas bagian chiller nya.
 Tetapi kalau kelapa parut punya batas lama penyimpanannya ya bund... kalau pengalaman saya sih, kalau taruh di chiller paling tahan 2- 3 hari langsung harus diolah.
Pernah satu waktu saya mau simpan kelapa parutnya tapi saya jadiin santan dulu,saya masak sambil terus diaduk supaya gak pecah, saya kasih garam sejumput ( seujung jari / setengah sendok teh ).
Setelah mendidih langsung saya angkat, dinginkan terus saya taruh di wadah plastik BPA free ya bund...
saya masukkin ke kulkas ( sambil berharap 1 minggu kedepan nih santan masih bisa diolah ).


Alhamdulillah, ternyata santan yang saya olah bisa tahan / awet dan gak basi setelah 1 minggu kemudian bahkan lebih bund..
Malah terkadang santan nya sengaja saya bikin agak banyak terus saya masak pake metode yang tadi,
tapi setelah masak saya masukin di wadah-wadah terpisah untuk 1 kali pemakaian, sisanya saya bekukan di freezer ( kalau mau masak santan bekunya tinggal dicairkan lagi ).
Tetep masih judulnya penasaran kalau gak cari tau pernah ada gak chef-chef dapur rumahan lainnya yang 
pake metode ini juga, saya searching lagi nih bund di Goggle ( tempat menimba ilmu yang paling mudah nih bund hehehehe :D ).
Nah ketahuan deh, usut punya usut ternyata memang metode kayak gini bund bisa bikin santan awet. 
Banyak juga chef-chef nya Goggle :D pake cara yang ini.
Monggo di tiru ya bund... biar gak repot kalau para suami nya ada yang doyan banget sama masakan yang bersantan, tapi inget bund... jangan berlebihan ya ntar nambah kolesterol lagi :D
Masakan yang enak, murah dan yummy memang masakan rumahan...
Selamat Bereksperimen di dapur kecilnya ya bund :D

Dapatkan Update Artikel Terbaru di Email Anda:

0 Response to "Tips Awet Menyimpan Santan Kelapa"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar disini