Resep Kue Keria, Camilan Kembaran Si Donat ( Keria Cake Doughnut )

Resep Kue Keria - Siapa yang sangat suka dengan ubi jalar atau ubi rambat, kalau di negara luar disebut dengan kentang manis ( sweet potato ) karena memang sejenis umbi-umbian seperti kentang.

Ubi jalar sangat enak di masak menjadi berbagai macam olahan, seperti kolak, brownies, kue gomak ( penganan berbentuk bulat dan diberi isian gula merah ), jus, es krim, sambal ubi kering, dan lain-lain. Baik dengan cara dikukus atau digoreng saja tetap enak, Yah kalau lagi bosan masak dengan resep yang itu-itu saja bolehlah bunda praktek resep yang ini ya :)

Nah, salah satu resep yang kita buat kali ini adalah kue keria ( saya menonton cara membuat kue ini di Youtube, kalau orang Malaysia bilang ini kue keria ). Tapi hampir menyerupai donat ubi atau donat kentang, yang membuat berbeda adalah hasil akhirnya.

Resep Kue Keria

Kue keria ini nantinya akan di glasir dengan gula pasir, kalau lihat hasil jadinya mirip salah satu penganan yang berasal dari daerah jawa tetapi saya lupa namanya ( kalau penganan jawa tersebut biasanya dibuat dari tepung ketan baru di glasir dengan gula pasir juga ).

Nah, berikut resep dan cara membuatnya :

Bahan Adonan Kue Keria  :

  1. 500 gram ubi jalar
  2. 100 gram tepung terigu
  3. Garam sejumput
  4. 2 sdm gula pasir
  5. Minyak sayur untuk menggoreng
Bahan untuk glasir :
  1. 1 gelas gula pasir
  2. 3 sdm air

Cara membuat Kue Keria :

  • Kupas dan cuci 500 gram ubi jalar, potong-potong lalu kukus
  • Setelah dikukus, haluskan ubi jalar sampai hancur lalu campur dengan 100 gram tepung terigu sedikit demi sedikit, beri garam sejumput lalu gula pasir kira-kira 2 sendok makan
  • Setelah rata, bentuk adonan menjadi bulat cincin seperti donat
  • Goreng dengan minyak panas hingga kuning kecoklatan
  • Untuk glasiran : tuang 1 gelas gula pasir dan 3 sdm air ke dalam wajan, aduk-aduk hingga gulanya cair
  • Setelah cair, masukkan ubi yang sudah digoreng tadi.
  • Aduk hingga gula pasir menempel dan mengkristal ( pada tahap ini biasanya pengadukan akan sedikit sulit dan berat, disarankan menggunakan sutil / spatula yang terbuat dari kayu )
  • Setelah mengkristal, angkat cepat dan dinginkan
  • Kue keria siap disantap

Tonton Video Cara Membuat Kue Keria

Tonton video bagaimana saya membuat kue keria dirumah, silahkan klik video dibawah ini


Resep kue keria ini sangat mudah di buat di rumah bunda, biasanya kue keria sangat enak di santap ketika masih hangat soalnya masih lembut. Tapi kalau sudah dingin biasanya tekstur kuenya agak keras dan susah dikunyah ( agak melawan di dalam mulut hehehe :D ) Nah, kalau bunda ingin berkreasi juga biar kue keria nya tambah maknyooss. Bisa ditambah dengan mentega, telur atau susu ( jadi di bikin seperti donat tetapi tanpa ragi ).

Baca Juga : Resep Pie Labu Kuning Dengan Kismis

Tapi perlu di ingat ya bunda, penambahan tepung nya jangan terlalu banyak karena bisa mengakibatkan kue nya semakin keras. Ditambah sedikit-sedikit dulu ( tujuan pemakaian tepung untuk memudahkan kue tersebut di bentuk dan tidak hancur ketika digoreng ).

Tapi kalau saya takaran tepung 100 gram sudah cukup ketika saya mencoba bikin kue ini.

Silahkan berkreasi ya bunda, dan juga boleh membagikan pengalaman bunda ketika sudah mencoba resep ini dengan mengisi kolom komentar di bawahnya, saya akan sangat senang mendengarnya :D So, Enjoy Your Cooking Mom :D

Posting Komentar untuk "Resep Kue Keria, Camilan Kembaran Si Donat ( Keria Cake Doughnut )"

Promo sembako murah