8 Jenis Tepung Serta Kegunaannya

Bermacam hidangan di dapur tentunya tidak dapat lepas dari bahan yang satu ini. Jenis Jenis Tepung yaitu bahan yang berbentuk butiran halus bahkan ada yang sangat halus tergantung proses penggilingannya. Mulai dari aneka kue basah, kue kering bahkan jenis makanan yang lain sebagian besar menggunakan tepung sebagai bahan utamanya.

Tepung bisa berasal dari nabati misalnya tepung terigu atau hewani misalnya tepung tulang dan tepung ikan. Meskipun tepung yang berasal dari hewani sangat jarang di gunakan di dalam pembuatan hidangan di rumah dan umumnya jenis tepung yang sering kita gunakan adalah tepung yang berasal dari bahan nabati. 

Tetapi ada sebagian hidangan menggunakan tepung yang berasal dari hewani terutama agar hidangan tersebut praktis dalam cara membuatnya.

Yuk mengenal Jenis - jenis tepung yang ada di dapur kita.

Ada baiknya kita mengenal jenis - jenis tepung yang sering kita gunakan di dapur, agar memudahkan kita dalam menciptakan hidangan masakan yang beragam tentunya. Saya bagikan informasinya di sini ya bunda..

1. Jenis Tepung Terigu

Jenis tepung yang satu ini tentu tidak asing lagi di dengar dan termasuk dalam daftar jenis tepung yang selalu ada serta sering kita gunakan di dapur. Tepung terigu ada 3 jenisnya :


a. Tepung terigu protein tinggi 

adalah jenis tepung dengan kadar glutennya tinggi dan mempunyai daya serap air yang tinggi, elastis serta mudah di giling yaitu tepung terigu merk Cakra kembar. Biasanya di gunakan untuk membuat roti agar mengembang sempurna dan mie agar lebih kenyal.

b. Tepung terigu protein sedang 

adalah jenis tepung dengan kandungan glutennya sedang yaitu tepung terigu merk Segitiga biru dan merupakan campuran tepung terigu protein tinggi dan tepung terigu protein rendah. Biasanya di sebut tepung terigu serbaguna di karenakan dapat di pakai untuk membuat segala jenis makanan serta membuat adonan fermentasi seperti donat, bakpau, muffin, brownies, cake, bapel, panada dan onde-onde.

c. Tepung terigu protein rendah 

adalah jenis tepung dengan kandungan gluten yang rendah yaitu tepung terigu dengan merk Kunci biru. Tepung terigu jenis ini mempunyai daya serap air dan gula yang rendah, hasil adonan tidak lunak dan sulit diuleni. Biasanya di gunakan untuk membuat segala jenis kue kering agar kue kering yang di buat memiliki tekstur yang renyah, serta pastel, gorengan, bakpau.

2. Jenis Tepung Panir

Jenis Tepung panir adalah jenis tepung yang terbuat dari remah-remah roti dan memiliki tekstur yang kasar. Biasanya digunakan untuk membuat tekstur hidangan menjadi lebih renyah dan menjadi lebih cepat matang ketika digoreng tetapi tidak menyerap banyak minyak seperti membuat nugget, kroket dan sebagainya. 

Jenis Tepung panir ini biasanya digunakan untuk melapisi makanan sebelum di goreng, dengan cara makanan dicelupkan ke dalam bahan pencelup basah seperti telur yang di kocok lepas. Kemudian baru dibalutkan ke dalam tepung panir hingga rata, lalu digoreng.


Jenis Tepung Panir


3. Jenis Tepung Pati Jagung

Jenis Tepung pati jagung terbuat dari sari pati biji jagung, dan di Indonesia lebih populer dengan sebutan tepung maizena. Tepung jagung biasanya digunakan sedikit saja pada adonan kue sebagai campuran tepung terigu di dalamnya. 

Tepung maizena sendiri berfungsi untuk merenyahkan kue kering, melembutkan tekstur cake, mencegah penggumpalan pada gula halus, dan paling umum sebagai bahan pengental sup, susu dan saus.


Jenis Tepung Pati Jagung

4. Jenis Tepung Beras dan Tepung Ketan

Jenis Tepung beras terbagi menjadi dua macam yaitu ada tepung beras yang di buat dari beras putih biasa, dan ada yang terbuat dari tepung beras ketan hitam atau ketan putih di sebut tepung ketan. 

Tepung beras biasanya di gunakan untuk membuat aneka kue jajanan pasar seperti kue nagasari, kue lapis dan sebagainya. Atau sebagai pelapis gorengan agar lebih renyah. Serta tepung beras dapat juga digunakan untuk pembuatan bihun. 

Tepung ketan memiliki tekstur tepung yang hampir mirip dengan tepung beras hanya lebih kenyal ketika sudah di olah.


Jenis Tepung Beras

5. Jenis Tepung Umbi

Jenis Tepung umbi terbuat dari bahan tepung yang berjenis umbi-umbian seperti singkong, ubi ungu dan ubi ganyong. Biasanya tepung umbi digunakan untuk membuat roti, cake atau kue kering dan es krim.

Jenis Tepung Umbi

6. Jenis Tepung Sagu

Jenis Tepung Sagu ini terbuat dari sari pati batang pohon sagu, dan biasanya di gunakan untuk membuat hidangan yang bersifat agak kenyal seperti bakso, pempek, bika ambon dan lain-lain.

Jenis Tepung Sagu

7. Jenis Tepung Hunkwe

Jenis Tepung Hunkwe Terbuat dari sari pati kacang hijau dan warnanya putih. Biasanya di gunakan untuk membuat kue-kue tradisional yang bertekstur lembut seperti kue nagasari, cendol dan kue cantik manis.

Jenis Tepung Hunkwe

8. Jenis Tepung Tapioka

Jenis tepung tapioka yang terbuat dari sari pati singkong atau ubi. Biasanya di gunakan dalam pembuatan bakso.


Nah, setelah menyimak informasi jenis - jenis tepung di atas. Tentunya sekarang bunda tidak perlu bingung lagi membedakan jenis tepung apa yang di gunakan di dalam hidangan yang akan bunda masak. Dan tentunya hidangannya menjadi istimewa bukan, Semoga Bermanfaat ya bunda :D

Baca Juga Artikel Lainnya :
Mengenal Jenis-Jenis Kue
Cara Menakar Bahan-Bahan Di Dalam Resep

4 komentar untuk "8 Jenis Tepung Serta Kegunaannya"

Silahkan tinggalkan komentar disini

Promo sembako murah