-->

Mengenal Bahan Pengembang Kue Serta Pelembut Kue Dalam Pembuatan Cake

Sebagian orang mungkin belum banyak mengenal bahan Pengembang Kue dan Pelembut Kue, Tentunya ada perasaan senang ketika kita melihat kue yang berada di sebuah toko bakery yang penampilannya benar-benar terlihat mengembang serta indah dengan hiasan buttercream diatasnya. Dengan bentuk yang beragam serta isian yang berbeda di dalamnya, tetapi di samping itu pernahkah terpikir oleh anda bagaimana cara membuat kue yang benar-benar terlihat sempurna seperti itu ?? 

Bukankan sangat ingin jika kue yang kita buat di rumah juga terlihat indah dan menggugah selera. Ada rasa kepuasan serta kebanggaan tersendiri jika orang-orang di sekitar kita menikmati hasil buatan kita yang seharian berada di dapur. 

Saya sangat ingin sekali seperti itu, ketika suami saya berkata dia lebih nyaman dengan masakan atau kue-kue buatan saya sendiri. Yah, sedapat mungkin saya belajar untuk menyajikan sesuatu yang lezat, indah dan menggugah selera. Melihat ekspresi kegirangan di matanya merupakan hadiah teristimewa untuk si koki tentunya :D

Ada beberapa bahan pengembang kue serta pelembut yang biasa saya dengar atau umumnya mudah saya temui di pasar-pasar tradisional. Ketika saya belajar membuat kue dan bereksperimen di dapur saya, berikutnya saya mencari informasi bagaimana pemakaian bahan-bahan tersebut dan fungsinya melalui media informasi yang ada. Saya bagikan kembali informasinya untuk anda, saya harap ini akan membantu dan mempermudah anda untuk menyajikan sesuatu yang istimewa di keluarga anda.

Bahan-Bahan Pengembang Kue yang umumnya dipakai dan mudah ditemui :


bakingpowder,bakingsoda,fermipan @2015

  1. Baking Soda
    Bahan pengembang kue berikut ini sangat umum dijumpai semua orang dalam membuat kue. Kandungannya adalah Sodium Bicarbonat dan sifat bahan ini mengeluarkan gas ( Co2 ) sehingga kue akan mengembang dengan melebar ke samping. Untuk membuat cake biasanya digunakan bersama baking powder, untuk kue kering soda kue dapat membuat tekstur adonan kue garing, kering dan renyah untuk dimakan.

  2. Baking Powder
    Baking powder digunakan juga sebagai pengembang kue, bolu panggang, kukus atau cupcake yang terdiri dari campuran sodium bicarbonat, sodium alumunium fosfat, dan monocalcium fosfat. Sifat bahan ini jika bertemu dengan cairan atau air dan terkena panas akan membentuk karbondioksida sehingga menjadikan cake mengembang keatas. Baking powder itu sendiri ada dua jenis yaitu single acting baking powder dan double acting baking powder, double acting baking powder biasanya digunakan ketika kita akan mengukus atau memanggang adonan dalam jumlah yang banyak. Tujuannya agar adonan tetap mengembang dengan baik meski banyak antrian loyang yang masih menunggu untuk dimasukkan ke oven.
     
  3. Cream of Tartar
    Bahan pengembang kue yang satu ini biasanya digunakan pada saat pengocokan putih telur berlangsung dalam membuat cake. Fungsinya agar kocokan putih telur mengembang kaku dan mencegah butiran gula mengkristal serta dapat menghasilkan tekstur pori cake yang baik pula. Bahan dasar cream of tartar ini mengandung acid, oleh karena itu pemakaian cream of tartar dapat digantikan dengan air jeruk nipis atau air jeruk lemon seperti pada resep bolu marmer sederhana.

  4. Ragi Instan
    Pengembang kue satu ini Biasanya digunakan dalam proses pembuatan roti untuk pengembangan adonan, merk ragi instan yang dikenal luas oleh para baker di berbagai negara di dunia dan diproduksi di Perancis adalah Fermipan. Ada tiga jenis ragi instan yaitu :
    Ragi segar ( compressed yeast ), berbentuk padat segar dan mengandung 70% kadar air, harus disimpan dalam lemari es
    Ragi koral ( active dry yeast ). berbentuk koral dengan kandungan air 7,5%. Untuk mengaktifkannya rendam dalam air bersuhu 40 derajat celsius dengan perbandingan ragi dan air 1:4 selama 10 menit atau lebih.
    Ragi instan ( instant dry yeast ), berbentuk butiran, sangat praktis karena dapat langsung dicampurkan dengan bahan kering lainnya ( kecuali garam yang dapat mematikan proses pengembangan roti )

  5. VX
    Kandungan VX adalah sodium bicarbonat, sodium acid picorofosfat dan bahan pengisi seperti pati jagung. Bahan ini dijamin keamanan dan halalnya, berfungsi sebagai bahan pengembang juga dan penggunaannya sekitar 1/2 sdt untuk 500 gram tepung terigu.
    VX koepoe-koepoe @2015

Bahan-bahan Pelembut Kue yang umumnya dipakai dan mudah ditemui :
  1. TBM
    TBM koepoe-koepoe @2015
    Memiliki fungsi yang dapat memperbaiki tekstur cake menjadi lebih lembut, biasanya bahan ini ditambahkan saat pengocokan adonan telur sekitar 1 sdt untuk 5 butir telur.

  2. Ovalet
    ovalett koepoe-koepoe @2015
    Pada dasarnya ovalet memiliki fungsi yang sama dengan TBM dan dapat saling menggantikan dalam adonan kue, bedanya terletak pada kualitasnya karena diproduksi oleh perusahaan yang berbeda. Ovalet pernah saya gunakan ketika membuat resep cake coklat sederhana.

  3. SP
    SP koepoe-koepoe @2015
    Sifat bahan yang satu ini dapat melembutkan tekstur cake dan membuat adonan lebih menyatu, kandungan SP adalah gula ester yaitu asam lemak seperti asam steart, palmitic dan oleic. Penggunaan SP lebih direkomendasikan dalam membuat cake, karena hasil pengocokan adonan bisa lebih stabil dan hasilnya lebih maksimal. Penggunaan SP pernah saya coba ketika membuat resep bolu kukus pelangi.

  4. Lemak
    Dalam membuat cake, lemak yang digunakan berasal dari mentega, margarin atau minyak. Fungsi lemak untuk menjaga cake agar tahan lama, menambah nilai gizi, memberi aroma pada cake, menambah citarasa enak dan salah satunya berfungsi untuk melembutkan cake. Lemak untuk cake harus mampu mengemulsi dengan baik dan warnanya harus putih, oleh karena itu untuk membuat cake disarankan agar mengocok mentega sampai benar-benar putih dan mengembang.

  5. Shortening
    Salah satu bahan yang dapat melembutkan cake adalah shortening atau mentega putih. Tetapi dalam membuat cake sebaiknya menggunakan shortening yang mengandung emulsifier karena mampu mengikat air hingga tidak terjadi penguapan ketika proses pemanggangan. Karena meskipun sebagai pelembut dasarnya shortening membuat kue kurang lembap.
Merk bahan pengembang dan pelembut yang biasa saya temui di pasar-pasar tradisional di Indonesia dan juga saya gunakan di dapur saya adalah koepoe-koepoe, fermipan, dan vita. Selain itu ada juga merk-merk lainnya seperti starkies, ryoto, arm & hammer, spontan88, bakerbonus, compact, lecitem, S500 dan masih banyak lagi. 
Itulah informasi yang saya temukan dari hasil jalan-jalan saya, informasi diatas cukup memudahkan saya untuk bereksperimen di dapur. Dan tentunya saya berharap dapat bermanfaat untuk anda juga. So, Enjoy Your Cooking Mom :D



18 comments for "Mengenal Bahan Pengembang Kue Serta Pelembut Kue Dalam Pembuatan Cake"

  1. misi mau nanya. apakah pengembang bisa dicampur gula pasir untuk bahan gulali / arumanis biar bisa mengembang. klau bisa jenis pengembang apa? makasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk gulali / arumanis bahan utamanya adalah gula pasir dan pewarna makanan saja, jadi tidak di butuhkan pengembang sama sekali.
      Ada alat khusus untuk pembuatan gulali / arumanis yang dapat mengubah gula pasir tadi menjadi butiran-butiran sehalus kapas dan mengembang, jadi bukan karena diberi pengembang.

      Delete
  2. Misi mau nanya, biar martabak gk alot / keras sesudah dingin gmna y...,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk martabak supaya tetap lembut dan harum ketika sudah dingin yaitu dengan menambahkan telur ke dalam adonan martabak serta menggunakan bahan pengembang yang berkualitas untuk soda kue atau baking powder double acting, dan bisa pula menambahkan ragi instan ke dalamnya untuk memperbanyak serat.
      Untuk bahan terigu bisa menggunakan terigu protein sedang yang berkualitas baik, atau bisa dikombinasikan dengan terigu protein tinggi.
      Terima Kasih.

      Delete
  3. untuk pelembut bahannya dari ubi,contohnya ganepo apa ya mbak soalnya kemaren ibu coba goreng gak bisa dimakan(keras)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau boleh tau ganepo itu apa ya mbak? sejenis penganan kue atau kerupuk? soalnya saya belum pernah mendengar soal ganepo, kalau saya tau penganannya seperti apa. Mungkin saya bisa membantu menjawab untuk bahan pelembutnya. Saya tunggu jawabannya ya ^_^

      Delete
  4. Mba kalau untuk melembutkan ubi kayu apa ya .?
    Kami punya ubi kayu yg sngt bnyk, kalau direbuz ubinya lembut tp kalau digoreng dijadikan keripuk keras sekali.
    Jd bahan pelembutnya apa mba.?
    Trims..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin maksudnya bahan untuk membuat keripik singkong renyah ya mas. Kalau saya pribadi pernah membuat keripik singkong, setelah di iris tipis, singkongnya di rendam terlebih dahulu dengan air kapur sirih selama 1 jam. Semakin lama proses merendamnya, maka singkong akan lebih renyah. Setelah direndam, singkong dicuci hingga bersih dari air kapur sirih, tiriskan dan siap digoreng.
      Semoga jawabannya bisa membantu, semoga sukses.

      Delete
  5. mau tanya bahan untuk membuat kue pancong bandros apa aja,sama takaran per porsinya giaman ya?saya sudah coba dengan bahan pengembang soda kue dan fermipan tapi kurang maksimal hasilnya terlalu mengembang,apa karena kebanyakan pengembang,telor ato margarincarinya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo mbak Risman Haryadi.
      Setahu saya kue pancong bandros tidak memakai pengembang ya, karena hanya berbahan dasar dari tepung beras, santan, kelapa parut dan gula pasir. Lembut karena memakai santan dan tepung beras menjadikan kuenya agak sedikit mengembang tetapi tidak terlalu mengembang.
      Yang memakai soda kue dan ragi serta telur dalam prosesnya adalah kue pancong terigu, atau kue pancong biasa. Prosesnya kurang lebih sama seperti membuat martabak manis.
      Terima kasih, semoga jawabannya membantu ya mbak ^_^

      Delete
  6. Terimksh ya miss tuk semua resep pengetahuan ilmu yg sangat ber manfaat krn bagi pemula seperti saya ini sangat2 berguna.Untuk saya yg penggemar mkn kue rasa ingin tau bahan2 dan kagunaannya tersebit hati tuk belajar.maaf ya miss terlalu panjang lebar komennya heeee sangat semangat sich.ini lho miss saya belajar bikin martabak kok selalu gagal alias bantat.pengembangnya pakai apa ya yg pas gitu.thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. SHASA-SYAHRA SHASA.
      Sama-sama, senang rasanya artikelnya bisa bermanfaat. Ssstt,,, kita sama-sama pemula lho,, ini juga masih perlu banyak belajar memasak karena asyik ^_^

      Saya juga ada youtube channel nya lho, silahkan mampir dan klik SUKA & SUBSCRIBE ya ( jadi semangat juga ^_^ ).
      Ada resep dan cara membuatnya di dalam setiap videonya yang sengaja dipermudah untuk para pemula seperti kita hehehe
      Ditunggu komentarnya yang panjang lebar di video youtube yang kamu suka ya ^_^

      Oya, untuk resep martabak. Saya ada membuat artikel dengan judul resep martabak mini lipat dan resep martabak manis bandung. Silahkan di lihat dan selamat mencoba ya ^_^

      Delete
  7. Kalau mau buat brownis oreo biar supaya mengembag jadi besar atau dengan bahan yg sedang bisa jadi banyak. Soal nya untuk saya jual.
    Trimakasi sebelum nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk browniesnya biasanya bisa menggunakan soda kue atau baking powder.
      Gunakan juga biskuit orea yang di hancurkan kasar.

      Pakai cup kecil-kecil, isinya bisa di selingi antara brownies dan biskuit oreo + keju parut.
      Selamat Mencoba.

      Delete
  8. Kak klo mau bikin rainbow cake kukus bagusnya pake yg apa ya kak ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hallo MAM LUATUL.
      Kalau rainbow cake kukus bisa pake ovalet/tbm/sp untuk pelembut, tetapi takarannya tetep harus ngikutin resepnya ya.

      Kakak ada video resep bolu kukus singkong yang pake ovalet, coba di tonton saja ya, siapa tau MAM mau bikinnya ^^
      ini linknya

      https://www.youtube.com/watch?v=sx4B8KquEUY

      Nanti MAM komentar saja di videonya ya ^^

      Selamat Mencoba MAM ^^

      Delete
  9. Mau tanya kalo utk melembutkan donat ake apa ya??

    ReplyDelete

Silahkan tinggalkan komentar disini