Resep Pempek Pistel ( Papaya Dumpling Recipes)

Resep yang satu ini resep " wong Palembang ", tetapi saya tidak tau yang versi aslinya ya bunda :). Yang ini resep dengan belajar autodidak saja, sering dibuat nih dirumah karena suami suka sekali dengan pempek ( meskipun bukan orang Palembang sih :D ).

Dan alhamdulillah hasil masakan yang satu ini juga tidak mengecewakan, cukuplah kalau mau masuk jajanan tradisional versi jualan snack di depan rumah hehehehe :D.
Berikut di sharing ke bunda-bunda dirumah, yang punya hobi memasak atau yang baru mau belajar memasak... cara bikinnya gak terlalu susah kok bunda... Selamat mencoba Ya :D
Berikut foto pempek pistel yang sudah diisi dan siap digoreng :D :


Berikut bahan dan cara membuatnya :
Bahan adonan pempek :
  1. 500 gram tepung terigu
  2. 700 gram tepung sagu
  3. 1 sdm garam halus
  4. Air hangat kuku
  5. Air biasa secukupnya
Bahan isian pepaya :
  1. 1 kg pepaya muda di bersihkan lalu di parut kasar (biasanya memakai 3 buah pepaya utuh yang ukurannya sedang untuk jadi 1 kg pepaya yang sudah diparut)
  2. 3 siung bawang putih
  3. 5 siung bawang merah
  4. 1 sdt merica
  5. 100 gram udang rebon
  6. Garam dan gula secukupnya
  7. Air secukupnya
  8. Minyak goreng untuk menumis
Cara membuatnya :
  • Siapkan adonan isian : Haluskan 3 siung bawang putih, 5 siung bawang merah, 1 sdt merica. Tumis bumbu-bumbu yang sudah dihaluskan dengan sedikit minyak sampai harum. Lalu masukkan 100 gram udang rebon, aduk rata. Berikutnya masukkan 1 kg pepaya yang sudah diparut kasar aduk rata dan masak hingga pepaya lembut ( jika agak kering bunda bisa menambahkan air secukupnya ke dalam tumisan pepaya, jangan sampai tumisan pepaya nya gosong ya bun ), tambahkan garam dan gula sesuai selera
  • Setelah adonan isian matang, angkat lalu dinginkan
  • Untuk adonan pempek : Buat adonan " biang pempek " terlebih dahulu dengan 500 gram tepung terigu dicampur dengan 1 sdm garam halus, diaduk lalu masukkan sedikit demi sedikit air hangat kuku hingga adonan merata, sisihkan dan biarkan dingin terlebih dahulu
  • Setelah " biang pempek " nya dingin, tambahkan 700 gram tepung sagu sedikit demi sedikit sambil diuleni dengan tangan. Tambahkan air sedikit-sedikit bila dirasa adonan pempek agak padat sambil terus diuleni hingga kalis
  • Ambil sejumput adonan pempek, bentuk bulat terlebih dahulu lalu pipihkan. Masukkan adonan isian pepaya yang sudah disiapkan, rekatkan bagian pinggir bagian luar pempek lalu jalin membentuk gelombang sambil ditekan-tekan, lakukan berulang-ulang hingga semua adonan pempek dan isian habis
  • Goreng pempek di minyak yang panas hingga kuning kecoklatan atau dikukus, direbus sesuai selera. Lebih mantap disajikan dengan cuko atau bisa juga menggunakan cocolan saos tomat atau saos sambal
Nah bunda,,, tidak terlalu sulit kan ?? pempek tidak harus selalu menggunakan ikan kan... pempek pistel enaknya baru digoreng / direbus ketika ingin dihidangkan.

Bunda bisa menggunakan isian dari wortel juga kok,,, saya sudah pernah mencobanya dan rasanya gak kalah enaknya :D, cuma kalau pake wortel pas menumisnya gak perlu tambahan gula lagi karena rasa wortel sudah cukup manis...

Bisa disimpan di dalam kulkas untuk camilan keesokan harinya, sebelum dimasukkan ke kulkas pempeknya dilumuri dengan sagu terlebih dahulu biar gak lengket satu sama lain. Buruan dipraktekkan di dapur kecilnya  ya bunda :D.
So, Enjoy Your Cooking Mom :D

Berikut foto pempek pistel pakai isian wortel :

Papaya Dumpling Recipes 

 Ingredients of Pempek dough:
  • 500 grams of wheat flour
  • 700 grams of corn starch or sago flour
  • 1 tablespoon fine salt
  • Lukewarm water
  • Sufficient water
Stuffing of Papaya ingredients : 
  • 1 kg of papaya in the clear and in coarsely grated (usually wear 3 pieces intact medium sized papaya to be 1 kg of papaya that has been shredded)
  • 3 cloves of garlic
  • 5 cloves red onions
  • 1 tsp pepper
  • 100 grams of dry little shrimp
  • Salt and sugar to taste
  • Sufficient water
  • Cooking oil for sauteing
How to make it: 
  1. Prepare stuffing dough: mashed 3 cloves of garlic, 5 cloves red onions, 1 teaspoon pepper. Saute the spices that have been mashed with a little oil until fragrant. 
  2. Then enter 100 grams of dry little shrimp, stir well. Next enter 1 kg of papaya that has been shredded rough, mix well and cook until papaya soft (if somewhat dry, you could add enough water to the sauteed papaya, papaya sauted must not charred), add salt and sugar to taste.
  3. After dough cooked, remove and let cool
  4. For pempek dough: Make the dough "starter pempek" first with 500 grams of wheat flour mixed with 1 tablespoon of fine salt, stir and enter little by little lukewarm water until the dough evenly, set aside and allow to cool.
  5. After the "starter pempek" is cool, add 700 grams corn starch flour or sago flour little by little while mixed by hand. Add a little water if the dough of pempek feels solid while continuing mixed until smooth.
  6. Take a pinch of dough pempek, round shape first and then flatten. Enter papaya dough that prepared before, press the outer edge of the pempek intertwine to form a wave while pressed-press, do repeatedly until all the dough and stuffing depleted.
  7. Frying pempek in hot oil until golden brown or steamed, boiled according to taste. More steady presented with cuko or cocolan can also use tomato sauce or chili sauce. Beside papaya, you can use carrot for stuffing of pempek dumpling.

Dapatkan Update Artikel Terbaru di Email Anda:

2 Responses to "Resep Pempek Pistel ( Papaya Dumpling Recipes)"

  1. maknyus gan hehe ... kirim dong hehe :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. terima kasih gan, semoga resepnya bermanfaat nih, cara membuatnya juga cukup mudah. Masaknya rame-rame saja gan biar seru :D

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar disini