Tips memasak cumi-cumi, agar empuk dan tidak alot ( Cooking Tips Squid, so soft and not tough )

tips memasak cumi agar empuk dan tidak alot

Cumi-cumi, seafood bertekstur kenyal dan nikmat di lidah

Cumi-cumi merupakan salah satu seafood yang menjadi favorit untuk kebanyakan orang, teksturnya yang kenyal memberikan sensasi yang nikmat di lidah ketika disantap. Rasa cumi memang tidak perlu diragukan lagi, walaupun dengan jenis masakan yang berbeda, cumi-cumi tetap memiliki rasa yang khas untuk di nikmati.

Kandungan energi pada cumi-cumi tinggi tetapi walau bagaimanapun mengkonsumsinya jangan terlalu berlebihan. Karena seafood termasuk jenis makanan yang mengandung kolesterol tinggi, jadi selama tidak mengkonsumsinya secara berlebihan maka kandungan vitaminnya akan bermanfaat bagi tubuh anda.

Tinta cumi-cumi dan beberapa manfaat lainnya

Menurut penelitian, di dalam tubuh cumi-cumi mengandung selenium dan riboflavin. Dan cumi-cumi memiliki kandungan energi yang cukup tinggi, protein, lemak, fosfor dan zat besi.

Dan tahukah anda? Ketika memasak cumi-cumi, sebagian orang akan membuang tinta hitam yang terdapat di dalam tubuh cumi-cumi. Karena di rasakan tinta hitam tersebut akan membuat masakan menjadi tidak menarik.

Dan anda ternyata benar-benar salah, karena ternyata tinta cumi-cumi merupakan bagian cumi-cumi yang sangat berguna untuk penderita tumor. Memang kelihatannya tidak menarik, tetapi mulai dari sekarang cobalah untuk memasak cumi-cumi tanpa membuang tintanya.

tips memasak cumi agar empuk dan tidak alot

@ResepNeti 2015
Resep Gulai Cumi Isi Kentang di Resep Neti
Lihat artikel Resep Gulai Cumi Isi Kentang di Sini

Selain tinta cumi-cumi, cumi-cumi juga memiliki manfaat lainnya yang sangat berguna bagi tubuh anda. Mari kita kenali manfaat apa sajakah itu :

1. Mengatasi Tumor

Seperti yang sudah di jelaskan di atas, bahwa tinta cumi-cumi dapat bermanfaat untuk penderita tumor. Karena menurut penelitian yang di lakukan bahwa tinta cumi-cumi mengandung mineral vitamin A yang dapat mengatasi resiko kematian dari tumor ganas.

2. Pembentukan sel darah merah

Seperti yang diketahui bahwa makanan laut mengandung protein, vitamin dan omega yang sangat tinggi. Bahkan, menurut penelitian terbaru ditemukan bahwa cumi-cumi mengandung unsur tembaga yang bermanfaat untuk pembentukan sel darah merah.

3. Mengoptimalkan sel darah putih

Selain bermanfaat untuk mengatasi tumor ganas, di dalam tinta cumi-cumi juga ditemukan zat khusus yang dapat mengaktifkan sel darah putih yang berguna untuk kuman-kuman atau bibit-bibit penyakit dalam tubuh manusia. Selain itu, juga bermanfaat untuk menjaga sistem imunitas tubuh.

4. Menghilangkan bekas penyakit cacar

Caranya adalah dengan membuat serbuk dari cumi-cumi yang di jemur hingga benar-benar kering dan bersih lalu di giling hingga benar-benar halus. Kemudian dioleskan ke bekas cacar, dapat menghilangkan bekas-bekas dari penyakit cacar tersebut.

5. Menambah nafsu makan

Hasil studi dari Amerika research menyatakan bahwa menyantap olahan cumi-cumi dapat meningkatkan nafsu makan pada anak-anak maupun dewasa. Karena vitamin yang terkandung di dalam tubuh cumi-cumi memiliki pengaruh untuk meningkatkan nafsu makan tersebut. Selain itu, kandungan mineral dalam cumi-cumi mampu menyehatkan sistem pencernaan lambung dan usus manusia.

6. Memperkuat tulang

Kandungan gizi yang terkandung di dalam cumi-cumi seperti zat besi dan fosfor telah memenuhi kebutuhan gizi harian anda. Kandungan tersebut baik untuk kesehatan tulang, memperkuat susunan sel-sel tulang yang kurang padat dengan memicu pembentukan sel-sel baru pengganti sel tua pada tulang.

Tips memasak cumi-cumi di rumah

Saat menyantap cumi-cumi di restoran kesayangan anda, sungguh terasa nikmatnya. Bagaimana caranya cumi diolah sedemikian rupa sehingga ketika di santap rasanya cumi-cumi tersebut terasa manis dan empuk. Namun berbeda ketika kita memasaknya di rumah, cumi-cumi lebih sering terasa alot dan susah di makan.

Ini dikarenakan banyak terkandung protein di dalam tubuh cumi-cumi, sehingga ketika di masak terlalu lama akan menyebabkan cumi-cumi terasa alot. Syaratnya ketika anda ingin menghidangkan olahan cumi-cumi agar empuk dan tidak alot ala restoran kesayangan anda yaitu anda harus memperhatikan waktu dan cara memasaknya.

tips memasak cumi agar empuk dan tidak alot

Ada beberapa tips berkaitan dengan waktu dan cara memasak cumi-cumi, di bawah ini :

1. Untuk menghindari bau yang amis dari cumi-cumi, setelah anda membersihkan cumi-cumi dari selaputnya. Sebaiknya cumi-cumi dilumuri dengan air jeruk hingga merata dan diamkan beberapa saat.
Tetapi perlu diingat, jika anda ingin mendapatkan manfaat dari tinta cumi-cumi. Maka usahakan agar kantung tinta di dalam tubuh cumi-cumi tidak ikut terbuang ketika anda membersihkan cumi-cumi.

2. Waktu yang ideal untuk memasak cumi-cumi agar cumi-cumi empuk dan tidak alot hanya membutuhkan waktu 3 menit saja, tetapi apabila anda terlanjur memasaknya melebihi waktu tersebut. Maka masaklah cumi-cumi selama 30 menit agar memungkinkan daging cumi-cumi yang alot dapat empuk kembali.

3. Setelah merebus cumi-cumi, sebaiknya cumi-cumi cepat diangkat dan langsung dimasukkan ke dalam air dingin. Tujuannya agar daging cumi-cumi tetap empuk dan tidak alot

4. Jika anda berencana untuk memasak sup cumi-cumi, maka di usahakan agar cumi-cumi terlebih dahulu di rebus secara terpisah dari bahan-bahan lainnya. Barulah di masukkan kedalam sup beberapa saat ketika akan menyantapnya.

5. Begitu juga ketika anda ingin memasak tumisan cumi, tumislah bumbu dan sayur-sayuran pelengkap lainnya terlebih dahulu. Barulah masukkan cumi paling akhir beberapa saat akan matang, diaduk sebentar hingga semua tercampur kemudian baru diangkat.


Nah, Setelah anda mengetahui tips memasak cumi-cumi yang benar. Saya berharap anda tidak akan kesulitan sama sekali untuk menghidangkan cumi-cumi yang empuk dan tidak alot.

Bahkan pemula dalam hal memasak sekalipun seperti saya misalnya, dapat dengan mudah menerapkan langkah-langkah di atas. Sehingga saya dapat merasakan bagaimana nikmatnya cumi-cumi yang empuk dan tidak alot ala restoran kesayangan. So, Enjoy Your Cooking Mom :D





Cooking Tips Squid, 
 so soft and not tough

cooking tips squid

Squid, chewy texture seafood and deliciously on the tongue

The squid is one of the seafood that is a favorite for most people, chewy texture provides a delicious sensation on the tongue when eaten. Taste the squid is not in doubt, although with different types of cuisine, squid still have a distinctive taste to enjoy.

The energy content in squid quite high but nevertheless consume not too excessive. Because seafood including foods that contain high cholesterol, so long as it does not consume excess vitamin content would be beneficial for your body.

Squid ink and several other benefits

According to the research, in the body of the squid contain selenium and riboflavin. And squid contain high enough energy, protein, fat, phosphorus and iron.

And did you know? When cooked squid, some people would throw black ink contained in the body of the squid. Because of the perceived black ink will make a cuisine to be unattractive.

And you turned out to be completely wrong. As it turns out the squid ink, is part squid are very useful for patients with tumors. It does not seem appealing, but from now on try to cook the squid without wasting ink.

cooking tips squid

@ResepNeti 2015
Curry Squid With Potato Stuffing Recipe at Neti Recipes
See article Curry Squid With Potato Stuffing Recipe here

Besides ink squid, squid also have other benefits that are useful for your body. Let us identify what the benefits are :

1. Overcoming tumor

As already described above, that the squid ink can be beneficial for patients with tumors. Because according to research conducted that the squid ink contains mineral vitamin A which can cope with the risk of death from malignant tumors.

2. The formation of red blood cells

As it is known that sea foods containing protein, vitamins and omega very high. In fact, according to a recent research found that the squid contain copper elements useful for red blood cell formation.

3. Optimizing white blood cells

Besides useful to overcome the malignant tumor, in squid ink also found special substances that can activate the white blood cells that are useful for bacteria or germs in the human body. In addition, it is also helpful to keep the body's immune system.

4. Eliminating the former smallpox

The trick is to make the powder of squid in the sun until completely dry and clean, then milled until completely smooth. Then applied to the pockmarks, can eliminate the traces of the smallpox disease.

5. Increase appetite

The study of American research states that eating processed squid can improve appetite in children and adults. Because the vitamins contained in the body of the squid has the effect to increase the appetite. In addition, the mineral content in squid can nourish the stomach and digestive system of the human gut.

6. Strengthen bones

The nutrients contained in the squid like iron and phosphorus have meet your daily nutritional needs. The content is good for bone health, strengthen the composition of bone cells that are less dense to trigger the formation of new cells in the bone replacement of old cells.

Cooking Tips for squid at home

When eating squid at your favorite restaurant, it feels pleasure. How do squid processed in such a way that when the meal was great, the squid tasted sweet and tender. But unlike when we cook at home, squid often feels tough and hard to eat.

This is because many proteins contained in the body of the squid, so when cooked too long will cause the squid are not soft and tough. Requirement is when you want to serve processed squid so tender and not tough style of your favorite restaurant that you must consider when and how to cook it.

cooking tips squid

There are a few tips related to when and how to cook squid, below :

1. To avoid the fishy smell of squid, after you clean the squid from the membranes. Preferably squid smeared with lemon juice until evenly and let stand for a few moments.
But keep in mind, if you want to benefit from squid ink. Then try the ink sac in the body of the squid does not go wasted when you clean squid.

2. The ideal time to cook squid that squid is tender and not tough only takes three minutes, but if you already cook it beyond that time. Then cook squid for 30 minutes to allow the meat tough squid can be padded back.

3. After boiling squid, squid should be quickly removed and immediately put in cold water. The reason is that the squid meat remains tender and not tough

4. If you plan to cook the soup squid, then try the squid first boiled separately from other materials. Then added to the soup after a while when eating.

5. Likewise when you want to cook a stir fry squid, first sauteed vegetables, spices and other complementary. Enter the squid most recently at some time would be cook. Stirred briefly until all mixed and then removed.


Well, after you know the tips on cooking squid properly. I hope you will have no trouble at all for serving squid were tender and not tough.

Even a beginner in cooking though like me for example, can easily implement the steps above. So I can feel how good squid were tender and not tough ala favorite restaurant. So, Enjoy Your Cooking Mom :D

Posting Komentar untuk "Tips memasak cumi-cumi, agar empuk dan tidak alot ( Cooking Tips Squid, so soft and not tough )"

Promo sembako murah