Resep Bakso Daging Sapi

Resep bakso daging sapi

Perdana membuat bakso daging

Hallo, sahabat setia Resep Neti. Ceritanya beberapa hari yang lalu ketika idul adha tiba, saya diberi ibu mertua daging yang cukup banyak. Lalu hari-hari berikutnya pikiran saya di isi dengan rencana resep-resep olahan masakan dari daging sapi tersebut. Kebanyakan judul dari masakan tersebut adalah masakan yang menjadi favorit kami.

Hari pertama saya membuat Pizza sebagai camilan ketika berkumpul bersama keluarga. Selanjutnya hari kedua saya memasak Pindang daging daun kedondong yang seger dan tidak eneg favorit saya, karena kebayang kan kalau menyantap daging sapi setiap harinya. Dan selang beberapa hari berikutnya saya memasak Sup daging sayuran favorit suami.

Resep bakso daging sapi

Wah, banyak juga ya... olahan masakan yang saya buat dari daging sapi tersebut. Tetapi karena saya menyimpan daging di kulkas bagian freezernya, tentunya hidangan di atas bukan sehari saja di santapnya. Nanti ada artikel tentang tips menyimpan daging yang benar di dalam freezer, sehingga setiap hari anda dapat mengolah daging tersebut seperlunya saja.

Ketika hari-hari berikutnya saya mengintip kembali freezer kulkas saya, ternyata masih ada stok daging yang belum saya olah. Suami lagi kepingin makan bakso, jadilah saya membaca beberapa artikel tentang cara membuat bakso. Nah, selanjutnya saya praktek sendiri membuat baksonya.

Berikut bahan dan cara membuatnya
Bahan - bahan :
  • 500 gram daging sapi
  • 200 gram daging ayam
  • 100 gram tepung sagu
  • 6 butir bawang putih
  • 4 butir bawang merah
  • 1/2 sendok makan garam halus
  • 1 sendok teh merica
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1 gelas air es atau es batu 6 buah

  • Cara Membuatnya :

    1. Cincang atau potong kecil-kecil terlebih dahulu 500 gram daging sapi dan 200 gram daging ayam

    2. Iris tipis 6 butir bawang putih dan 4 butir bawang merah lalu goreng hingga kecoklatan, sisihkan

    3. Ambil masing-masing 1 sendok makan daging sapi dan ayam, tambahkan 1 sendok makan es batu atau air es sedikit dan tepung terigu 1 sendok makan, lalu blender hingga halus. Selanjutnya masukkan ke dalam wadah yang cukup besar

    4. Lakukan seperti langkah sebelumnya dengan menambahkan bahan-bahan sedikit demi sedikit ketika di blender, tambahkan juga bawang goreng, 1/2 sendok makan garam halus, 1 sendok teh merica, dan 1 sendok teh baking powder.

    5. Setelah semua bahan telah di blender, aduk semua bahan di dalam wadah sampai rata dengan menambahkan sagu sedikit demi sedikit sampai mencapai adonan kalis sesuai selera masing-masing

    6. Didihkan air di dalam panci, setelah mendidih matikan kompor dan biarkan menjadi hangat dan tidak terlalu panas

    7. Mulai membentuk bakso bulat-bulat, caranya dengan mengambil adonan sebesar kepalan tangan lalu tekan adonan dengan gerakan meremas. Lakukan hingga beberapa kali sampai adonan yang keluar dari celah antara jari jempol dan telunjuk berbentuk bulat sempurna dan halus.

    8. Ambil adonan yang berbentuk bulat tersebut menggunakan sendok makan, lalu masukkan ke dalam air hangat yang sudah di didihkan selama beberapa menit sebelumnya

    9. Sebelumnya siapkan air es di dalam wadah baskom yang besar, sisihkan.

    10. Setelah adonan habis di bentuk bulat-bulat, nyalakan kompor dengan api yang sedang. Masak bakso hingga semua bakso mengapung pertanda bakso matang. Perlu di ingat untuk menjaga air bakso jangan sampai mendidih, cukup panas dengan letupan-letupan kecil saja.

    11. Setelah matang dan bakso mengapung, cepat angkat dan langsung masukkan ke dalam air es yang sudah di sediakan sebelumnya. Diamkan hingga bakso dingin lalu pindahkan ke wadah yang kering, Bakso siap digunakan.

    Resep bakso daging sapi

    Bakso daging rumahan yang lembut dan berserat

    Beberapa saat ketika bakso baru saja di angkat dan masih dalam proses pendinginan, langsung deh di makan satu buat mencicipi rasa dan teksturnya. Kalau menurut saya pribadi, tekstur bakso rumahan ini kurang kenyal tetapi soal rasa tidak kalah dari abang tukang bakso, hehehe,,, sepenggal kata dari lagu anak-anak nih :D

    Tetapi menurut suami, kekenyalannya sudah cukup pas. Dan memang tidak terlalu membal sekali ( apa ya istilahnya itu seperti keadaan bola karet gitu ). Dan yang pasti daging sapinya terasa dan berserat juga, pemakaian daging ayam di resep ini tujuannya agar bakso yang di hasilkan tersebut berwarna putih tanpa perlu memakai pemutih ya ( zat tersebut yang lagi disebut-sebut selama beberapa waktu yang lalu ).

    Resep bakso daging sapi

    Ini pertama kalinya saya membuat bakso, meskipun dalam bayangan saya tentunya ada kesulitan di sana-sini. Eh, ternyata membuat bakso cukup mudah lho. Tinggal meningkatkan keberanian dan mental tidak mudah menyerah, bahkan saya berpikir kalaupun gagal kali ini, saya pasti akan mencobanya lagi. So, Enjoy Your Cooking Mom :D

    Dapatkan Update Artikel Terbaru di Email Anda:

    0 Response to "Resep Bakso Daging Sapi"

    Posting Komentar

    Silahkan tinggalkan komentar disini