Resep Bolu Pisang

Resep bolu pisang

Membuat bolu pisang tanpa mixer

Hallo Sahabat resep neti. Pernah dengar Bolu pisang? Ketika mendengar hidangan ini, saya sempat berpikir susah nggak ya membuatnya? saya jarang sekali bisa sukses dalam hal membuat hidangan kue yang bernama bolu ini. Yah...terkadang tidak pernah mengembang, di bagian atasnya masih terlihat benar-benar berminyak bahkan mentah dan sekali waktu pernah sampai benar-benar gosong.

Siapa sih bunda yang nggak bangga pada diri sendiri, ketika sudah capek memasak di dapur dengan segala usaha bahkan sampai berkeringat di depan kompor. Orang-orang terkasih akan tersenyum lebar ketika mencicipinya, rasanya sungguh luar biasa bukan? Coba,,,coba dan tetap mencoba lagi.

Resep bolu pisang

Makanya ketika mendengar resep bolu pisang yang satu ini, sempat berpikir enggan untuk mencoba. Tidak percaya diri,,, tetapi rasa penasaran menghantui. Apalagi diberi beberapa buah pisang oleh mertua, seringkali di goreng atau di rebus saja menu si pisang ini. Tetapi karena hasrat sudah menggebu, mau tidak mau deh harus berjuang nguprek-nguprek di dapur...Ayoo deh, kita bikin bolu pisang,, siapa takut! hahahaa

Setelah beberapa lama di dapur dengan sekian kali perjuangan untuk membuat bolu, akhirnya jadi deh. Senangnya bukan main ketika bau harum bolu pisang sudah tercium semerbak ke seantero ruangan, Yayyy...cepet-cepet di intip deh, dan ternyata berhasil hehehehe

Sssst,,, resep neti kali ini sebenarnya hasil menerka takaran bahan saja, sekilas saya sudah pernah membaca resep bolu pisang. Ini akibat sindrom si malas goggling dan baca resep dulu, habis lagi nggak mau yang repot-repot... maunya saja yang praktis. Ini juga prosesnya no mixer ya bunda alias tidak memakai mixer, tak comot whisk nya saja yang lagi ada di dekat saya.

Tapi jangan khawatir ya bunda, untuk resep bolu pisang kali ini, tuh..lihat saja dari penampilan selfinya si bolu pisang ini,,, cakeupp kan? ^_^

Resep bolu pisang

Benar-benar tidak menyangka kalau dari resep bolu pisang yang saya bagikan kali ini, melalui takaran resepnya yang saya improvisasi saja... masih bisa resepnya saya bagikan ke bunda yang nggak mau repot dan masih pemula seperti saya, intinya nggak malu-maluin saya nih bolu pisangnya, hahaha,, Yuk bunda, simak ya bahan dan cara membuatnya ^_^

Berikut bahan dan cara membuatnya
Bahan - bahan :
  • 2 butir telur
  • 130 gram tepung terigu
  • 170 gram pisang yang sudah di haluskan
  • 1 sachet susu kental manis putih
  • 1/2 gelas minyak sayur
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh baking soda atau soda kue
  • 1/2 sendok teh garam halus
  • 5 sendok makan gula pasir
  • 2 sendok makan kismis
  • 1 bungkus vanili

  • Tonton Video Membuat Bolu Pisang dibawah ini :


    Cara Membuat Bolu Pisang :


    1. Haluskan pisang menjadi 170 gram banyaknya, menghaluskannya bisa menggunakan garpu atau alat-alat lainnya, sisihkan di wadah terlebih dahulu

    2. Pisahkan 2 butir telur antara kuning telur dan putih telurnya, tempatkan putih telur di wadah terpisah

    3. Campur 2 kuning telur ke dalam pisang yang sudah di haluskan, aduk hingga kuning telur benar-benar tercampur rata

    4. Tambahkan 1 sachet susu kental manis ke dalam adonan pisang, aduk rata dan sisihkan

    5. Campur 1/2 sendok teh baking powder, 1/2 sendok teh baking soda, dan 1/2 sendok teh garam halus ke dalam 130 gram tepung terigu. Aduk hingga rata

    6. Masukkan campuran tepung terigu bergantian dengan 1/2 gelas minyak sayur ke dalam adonan pisang sedikit demi sedikit sambil di aduk hingga rata, lalu sisihkan

    7. Kocok 2 butir putih telur hingga berbusa, tambahkan setengah bagian gula pasir lalu kocok lagi hingga rata

    8. Setelah putih telur mengembang, masukkan semua sisa gula pasir lalu kocok lagi sampai putih telur benar-benar kaku dan hard peak

    9. Masukkan beberapa sendok adonan putih telur ke dalam adonan kuning telur secara bertahap, sambil diaduk rata. Setelah rata baru campurkan semua adonan kuning telur ke dalam adonan putih telur, aduk menggunakan spatula hingga benar-benar rata

    10. Dalam tahap ini, panaskan oven hingga suhu 170 derajat celsius. Setelah adonan siap, masukkan adonan ke dalam loyang lalu hentakkan beberapa kali ke atas meja dapur untuk menghilangkan gelembung-gelembung udara di dalamnya, taburi dengan kismis

    11. Oven bolu selama kurang lebih 30-35 menit tergantung suhu oven masing-masing, setelah matang angkat dan dinginkan. Bolu pisang siap di sajikan.

    Baca juga Resep Masakan menggunakan pisang :
    Resep Kue Nagasari
    Resep Roti Pisang
    Resep Kue Pisang Kukus


    Resep bolu pisang

    Rasakan bolu pisang buatan saya

    Mau resep yang tidak bikin repot dan praktis, bisa jalan-jalan dan cari resepnya di resep neti ya bunda. Karena tidak semua orang di berikan bakat memasak, tetapi semua bunda pasti memiliki keinginan untuk memasak, minimal masak bakwan sayur ya bunda... hehehe ^_^ Wah, pokoknya jangan menyerah deh bunda. Karena waktu yang kita habiskan untuk nguprek-nguprek di dapur ini. Pada akhirnya akan terbayar juga.

    Oya, kembali ke resep bolu pisang ini. Ketika bagian mencicipi tentunya yang punya hak prerogatif yang utama nih suami, bunda mau tahu? tekstur bolu pisangnya lembut dan manisnya pas, ditambah dengan taburan kismis diatasnya sangat cocok untuk menyeimbangkan rasa manis dari bolu pisang ini. Dikarenakan rasa kismis yang sedikit asam dan manis.

    Resep bolu pisang

    Ketika membuat bolu pisang ini, saya menggunakan loyang berbentuk bulat dengan diameter 22 cm. Bisa di lihat dari fotonya ya, nanti bunda akan bertanya-tanya? kok, bolu pisangnya tidak mengembang dan tidak terlalu tinggi mbak? Ohoo,,, itu mengembang bunda, hanya saja karena saya memakai loyang yang diameternya cukup besar. Jadi penampilan bolu pisangnya terlihat tidak terlalu mengembang. Kalau bunda memakai loyang bulat dengan diameter 18 atau 20 cm, pasti hasil akhirnya akan terlihat lebih cantik. So, Enjoy Your Cooking Mom :D

    Dapatkan Update Artikel Terbaru di Email Anda:

    0 Response to "Resep Bolu Pisang"

    Posting Komentar

    Silahkan tinggalkan komentar disini