Tips Cara Menyimpan Daging Sapi


Memilih daging sapi

Sapi merupakan hewan ternak yang dagingnya mempunyai kandungan gizi yang beragam. Beberapa kandungan gizi di dalam daging sapi merupakan zat yang sangat di butuhkan oleh tubuh manusia. Antara lain Protein yang merupakan nutrisi bagi perkembangan otak balita dan anak-anak sekaligus sebagai pembentuk jaringan otot-otot yang baru di dalam tubuh. Ada Omega-3, Vitamin B Kompleks, Zinc, Zat besi dan Selenium. Yang tentunya kandungan gizi di dalamnya tidaklah sedikit.

Daging sapi adalah salah satu bahan makanan hewani yang banyak di konsumsi oleh manusia, terutama di bagian-bagian negara yang menjadikan daging sebagai hidangan utama dari santapan sehari-hari. Amerika serikat, Brazil dan Republik Rakyat China merupakan tiga negara terbesar yang tercatat sebagai negara yang mengkonsumsi daging terbanyak di dunia.

Bagaimanapun juga, mengkonsumsi daging sapi sangatlah baik untuk tubuh asalkan tidak secara berlebihan. Karena konsumsi daging yang berlebihan juga dapat berdampak buruk bagi kesehatan.


Jika kita sudah mengetahui berbagai macam kandungan gizi yang terdapat di dalam daging sapi. Berikutnya adalah panduan singkat tentang memilih daging sapi yang baik dan layak di konsumsi. Karena hal ini tentunya salah satu hal yang sangat penting juga, mengingat daging sapi yang baik tentunya akan memberikan manfaat yang tidak sedikit juga untuk tubuh kita.

Pertama yang harus anda perhatikan ketika memilih daging sapi adalah warna daging, dan tentunya ibu-ibu sangatlah pandai dalam melakukan pengamatan yang satu ini. Warna merah dan segar merupakan ciri khas daging masih dalam kondisi baik. Tekstur daging masih kenyal dan tidak lembek. Bau daging tidak menyengat dan asam, tidak berair dan kering karena secara normal daging memiliki permukaan yang kering dan tidak berlendir.

Artikel terkait lainnya : Resep Bakso Daging Sapi

Cara awet menyimpan daging sapi

Nah, sahabat setia Resep Neti...
Setelah mengetahui sekilas tentang memilih daging sapi yang baik. Sekarang saatnya kita mengetahui cara awet dan benar dalam menyimpan daging sapi. Ketika kita terburu-buru pulang dari pasar, yang pertama kali harus di perhatikan sebaiknya kita mencuci tangan terlebih dahulu.

Barulah setelah itu, kita membersihkan dan mempersiapkan wadah-wadah penyimpanan untuk bahan-bahan yang sudah kita beli sebelumnya. Menurut saya pribadi, ketika sehabis pulang dari pasar. Saya langsung membersihkan ataupun mengolah bahan-bahan makanan yang cepat membusuk jika terpapar di suhu ruang yang cukup lama.


Antara lain saya akan memulai membersihkan ikan, mengeluarkan kotorannya, mencucinya dengan air lalu menyimpannya dalam wadah tertutup dan langsung masuk kedalam kulkas. Tetapi berbeda dengan daging ayam atau daging sapi. Berikut tips cara menyimpan daging sapi yang benar :

1. Untuk daging sapi yang jumlahnya cukup banyak. Saya akan memotongnya menjadi beberapa bagian, lalu membaginya agar cukup untuk satu hidangan saja ketika akan mengolahnya. Membuang darah beku dan kotoran yang kadang-kadang masih tersisa di daging tanpa membilasnya dengan air.

2. Saya biasanya menyiapkan kantong kemasan plastik bening beberapa buah. Lalu daging sapi yang sudah saya bagi-bagi tadi, saya masukkan ke dalam plastik secara terpisah sesuai dengan jumlah hidangan yang saya inginkan.

3. Kantong tersebut saya ikat lalu saya susun di dalam wadah kedap udara, tutup dan barulah saya masukkan ke dalam freezer sampai membeku selama beberapa waktu, hal yang sama juga saya gunakan ketika membersihkan ayam.

4. Ketika saya ingin memasak daging, daging tersebut saya keluarkan satu kantong saja yang cukup untuk satu hidangan sehari untuk keluarga.

5. Diamkan daging di suhu ruang hingga perlahan daging yang beku akan mencair dan lembut. Setelah itu barulah anda cuci di air yang mengalir, dan daging siap di olah.

6. Jika anda tidak sabar dan perlu waktu cepat untuk mencairkannya, coba dengan cara merendam daging di dalam wadah yang berisi air.

7. Selama perendaman daging tidak perlu dikeluarkan terlebih dahulu dari kantong, biarkan daging mencair dan tidak beku barulah di keluarkan dari kantong dan di cuci seperti biasa.

Nah, diatas adalah langkah-langkah yang saya lakukan ketika saya akan menyimpan daging sapi di dalam kulkas. Daging sapi mentah dapat bertahan 3-5 hari di dalam kulkas, dan 4-6 bulan ketika di dalam freezer.

Dan daging sapi yang sudah di masak dapat bertahan 3-4 hari di dalam kulkas serta 2-3 bulan di dalam freezer. Semoga artikel saya ini bermanfaat dan dapat membantu para sahabat setia Resep Neti. So, Enjoy Your Cooking Mom :D

Dapatkan Update Artikel Terbaru di Email Anda:

0 Response to "Tips Cara Menyimpan Daging Sapi"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar disini