Cara Memasak Rendang Khas Padang yang Enak dan Empuk

Cara Memasak Rendang Khas Padang

Hallo sahabat Neti Recipes. Masakan khas Padang, Sumatera Barat yang satu ini merupakan hidangan favorit yang di sukai hampir setiap orang.

Rendang merupakan hidangan yang dibuat dari daging sapi di masak dengan rempah-rempah yang khas dan jumlah cabe yang banyak, karena Rendang juga khas dengan rasa pedas yang dominan.

Ada berbagai macam versi cara memasak Rendang khas Padang ini, salah satunya yang berikut yang akan saya masak adalah Rendang yang memakai kelapa parut yang di sangrai dan di tumbuk hingga berminyak, barulah kelapa tersebut di masukkan ke dalam Rendang.

Diantara versi memasak Rendang yang bervariasi, saya dan keluarga paling suka dengan versi yang memakai kelapa sangrai di dalamnya. Karena menurut saya rasanya lebih gurih dan harum.

Ada lagi versi lainnya yang tidak memakai kelapa sangrai, hanya rempah-rempah saja. Tetapi hal tersebut sesuai dengan selera masing-masing.

Resep Untuk Membuat Rendang Khas Padang

Untuk membuat Rendang khas Padang sebenarnya tidaklah sulit dan cukup mudah dibuat dirumah karena pada umumnya bahan-bahan untuk membuat Rendang banyak juga dijual di pasar tradisional.

Cara Memasak Rendang Khas Padang

Berikut Bahan yang diperlukan untuk memasak Rendang Khas Padang

Bahan-Bahan Rendang Khas Padang :

  • 1 kg Daging sapi
  • 2 cm Jahe, iris kasar
  • 2 cm Lengkuas , iris kasar
  • 100 gram Cabe merah
  • 2 butir Kemiri
  • 10 butir Bawang Merah
  • 7 butir Bawang Putih
  • 2 batang Serai
  • 4 lembar Daun Salam
  • 2 lembar Daun Jeruk
  • 2 buah Bunga lawang
  • 4 butir Cengkeh
  • 1 sendok teh Jinten
  • 1 Liter Santan Kental
  • 500 gram Kelapa sangrai
  • 1 sendok makan Gula pasir
  • 1 sendok teh Garam Halus
  • Kecap manis sesuai selera

Langkah Cara Memasak Rendang Khas Padang Enak dan Empuk

  1. Menghaluskan bumbu rempah-rempah : Tumbuk halus semua bahan-bahan seperti jahe, lengkuas, cabe merah, kemiri, bawang merah dan bawang putih

  2. Geprek 2 batang serai, lalu sisihkan bumbu yang sudah di haluskan ke dalam mangkuk bersama 4 lembar daun salam, 2 lembar daun jeruk, 2 buah bunga lawang, 4 butir cengkeh dan 1 sendok teh jinten

  3. Potong daging sesuai ukuran yang di inginkan, lalu cuci bersih

  4. Campurkan semua bumbu yang sudah di haluskan ke dalam potongan daging, beserta bumbu yang lainnya

  5. Aduk hingga benar-benar merata, lalu diamkan di dalam kulkas terlebih dahulu kurang lebih 1 jam hingga bumbu meresap

  6. Siapkan wajan dan nyalakan api kompor dengan api yang kecil, masukkan daging yang sudah di beri bumbu, lalu aduk sebentar

  7. Tambahkan 1 liter santan kental ke dalam daging, aduk rata hingga mendidih

  8. Tambahkan 500 gram kelapa sangrai, aduk rata dan masak hingga airnya sedikit menyusut

  9. Tambahkan 1 sendok makan gula pasir, 1 sendok teh garam halus dan kecap manis sesuai selera, aduk hingga rata

  10. Masak rendang hingga airnya benar-benar menyusut, angkat dan Rendang siap di sajikan

TONTON VIDEO CARA MEMASAK RENDANG DIBAWAH INI

Rendang Khas Padang Yang Enak dan Empuk Ala Rumahan

Rendang khas Padang dominan dengan rasanya yang pedas, tetapi jika kalian kurang suka pedas. Jumlah cabenya bisa di kurangi ya ^_^

Rendang suatu hidangan yang sangat banyak bumbu rempah-rempahnya dengan rasanya yang khas. Dimasak cukup lama sampai air santan benar-benar kering menyusut.

Tetapi kalau kalian menyukai Rendang dengan banyak kuahnya, maka masak Rendang hanya sampai daging sapinya menjadi empuk lalu angkat. Tidak perlu sampai kuahnya benar-benar menyusut.

Untuk memasak Rendang biasanya di tambahkan juga kentang yang berukuran kecil-kecil atau di sebut juga baby potato, baby potato di cuci hingga benar-benar bersih dan baru di masak bersamaan dengan rendang. Tetapi saat membuat Rendang ini saya tidak menggunakan baby potato.

Jika daging sapinya di rasa kurang lembut ketika di masak, ada beberapa tips agar daging sapi tersebut cepat lembut dan empuk.
Baca Juga : Tips Memasak Daging Agar Tidak Alot

Jadi ada begitu banyak versi Rendang khas Padang, tetapi tergantung dengan selera masing-masing. Karena terkadang lidah masyarakat setiap daerah bisa berbeda-beda.

Ada yang suka pedas, manis atau asin. Rendang khas Padang ala saya ini juga saya tambahkan sedikit kecap manis, kalau aslinya sih tidak pakai kecap manis ya ^_^

Hanya saja saya lebih suka dengan rasa Rendang yang pedas, asin, sedikit manis dan gurih. Cara memasaknya pun saya pelajari dari ibu saya, yang beliau bercerita resep Rendang ini di beri oleh tetangganya yang asli orang Padang.

So, Enjoy Your Cooking Mom :D


Posting Komentar untuk "Cara Memasak Rendang Khas Padang yang Enak dan Empuk"

Promo sembako murah