Resep Nasi Kare Jepang Ayam



Hallo sahabat Neti Recipes. Sudah ada yang pernah mencoba menyantap Nasi kare dari Negeri Sakura ? Umum yang biasa kita temui di Indonesia adalah Kari ayam khas India, tetapi ternyata Kare Jepang memiliki rasa yang berbeda.

Sebelumnya saya mengira bahwa Kare Jepang dan Kari india adalah sama, sama-sama memakai rempah-rempah bumbu kari hahaha ^_^ ... Tetapi setelah saya mencoba resep Kare Jepang yang satu ini, saya dan suami benar-benar jatuh cinta sama jenis Kare Jepang ini.

Menurut saya pribadi, Kare Jepang memiliki citarasa yang sedikit ringan dan sederhana. Meskipun tidak memakai bahan-bahan atau bumbu racikan rempah-rempah yang banyak, rasanya tetap istimewa.

Baca Juga : Resep Kari Kambing Pedas Gurih

Kare Jepang VS Kari India

Jadi Resep Nasi Kare Jepang Ayam ini berawal ketika saya dan suami sedang berjalan-jalan di salah satu mall di kota kami dan menemukan Garbanzo Beans kalengan yang sedang SALE atau obral.

Tahu sendirilah kalau wanita sudah bertemu dengan sesuatu pajangan di toko yang bertuliskan SALE, jangan ditanya mau atau nggak hahaha ^_^ ... lagipula ini SALE nya sampe setengah harga,, lumayan kan daripada lumanyun hehehe..

Sebenarnya jenis makanan kalengan yang di SALE ada banyak, tetapi mata saya hanya tertuju pada Garbanzo Beans yang serasa memanggil. Sampai Pak suami tanya, itu Garbanzo Bean mau di masak kayak apa ?

Pak suami bingung soalnya saya belum pernah masak atau beli jenis makanan kaleng seperti kacang-kacangan ini, tapi karena kepingin aja lihat yang di SALE ya terus beli deh,,, bahaya banget ini tulisan SALE hahaha ^_^




Nah setelah sampai di rumah dan melihat ada stok daging ayam di kulkas, entah kenapa kok kepikiran mau coba Nasi Kare Jepang yang kelihatannya enaakk dengan kuah kare nya yang super kental itu.

Umum yang di temui di Indonesia biasanya Kari india, dengan rempah-rempah yang banyak. Berwarna kuning dengan cita rasa pedasnya, dan campuran santan atau susu di dalam kuahnya. Kari india lebih kaya rasa dan terasa sekali rempah-rempahnya.

Sedangkan Kare Jepang berwarna lebih coklat. Memiliki citarasa yang lebih manis dan tidak pedas di bandingkan dengan Kari india, bahan-bahan serta rempah-rempah yang di gunakan juga lebih sedikit.

Karena Kare Jepang tidak memiliki campuran susu atau santan kental di dalam kuahnya, citarasa kuahnya lebih sedikit ringan. Biasanya ada khusus bumbu instan untuk Kare Jepang, tetapi di sini saya tidak memakai bumbu instan tersebut.

Sebagai bahan pengental kuah Kare Jepang menggunakan ROUX atau campuran bahan tepung terigu, bubuk kari dan margarin yang di masak.




Setelah ROUX mengental dan benar-benar pekat, ROUX baru di masukkan ke dalam kuah rebusan kari sambil terus dimasak hingga kuah Kare Jepang mengental. Dan jangan lupa, salah satu bahan yang membuat kuah Kare Jepang ini menjadi unik adalah pencampuran buah apel yang di parut halus kedalam kuahnya.

Ya,, buah apel ini menambah citarasa pada Kare Jepang. Apel yang saya gunakan dan juga di sarankan oleh para suhu resep Kare Jepang sebelumnya adalah Apel fuji, yang rasanya asam manis. Selanjutnya kita perhatikan bahan-bahannya dan mulai memasak Yuukk ^_^

Bahan-Bahan Untuk Nasi Kare Jepang :

  • 500 gram ayam
  • 1 sendok teh garam halus, untuk marinasi ayam
  • 1 sendok teh lada hitam, untuk marinasi ayam
  • 1 kaleng Garbanzo Beans ( optional )
  • 1 buah Apel Fuji, di parut atau di haluskan
  • 3 buah wortel
  • 2 buah kentang
  • 1 buah bawang bombay
  • 3 butir bawang putih ukuran besar, di parut atau di haluskan
  • 1 sendok teh Jahe segar yang sudah di parut
  • 2 sendok teh lada hitam
  • 2 sendok teh garam halus
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 2 sendok makan madu
  • 3 lembar daun salam
  • 3 sendok makan minyak sayur
  • 1 sendok makan tepung maizena, larutkan dengan air ( optional )
  • 800 ml air
  • 3 blok kaldu ayam maggi atau indofood ( optional )
  • Nasi putih secukupnya

Bahan-Bahan Untuk ROUX Kare Jepang :

  • 50 gram Tepung terigu
  • 50 gram Margarin
  • 2 1/2 sendok makan Bubuk Rempah Kari

Tonton Video Cara Membuat Nasi Kare Jepang Ayam



Cara Membuat Nasi Kare Jepang Ayam :

  1. Usapkan merata 1 sendok teh garam halus dan 1 sendok teh lada hitam ke 500 gram ayam, marinasi atau diamkan sebentar

  2. Buat ROUX Kare Jepang : Lelehkan 50 gram margarin, masukkan 50 gram tepung terigu dan 2 1/2 sendok makan bubuk rempah kari sambil di aduk hingga berwarna kecoklatan. Jika sulit di aduk, boleh tambahkan air sedikit untuk membuatnya cair. Setelah matang kecoklatan lalu angkat

  3. Panaskan 3 sendok makan minyak sayur di wajan, setelah panas masukkan bawang putih dan bawang bombay. Tumis hingga harum dan layu

  4. Masukkan ayam, aduk sebentar lalu masukkan juga wortel dan kentang. Tambahkan air 800 ml lalu tunggu hingga mendidih

  5. Setelah mendidih, masukkan bahan-bahan seperti jahe, garam halus, gula pasir, madu,kaldu blok, daun salam dan apel yang sudah di parut. Aduk hingga rata dan tunggu sebentar hingga mendidih kembali

  6. Masukkan bahan ROUX Kare, lalu aduk dan masak sampai kuah benar-benar mengental. Jika belum mengental boleh tambahkan larutan tepung maizena ke dalamnya lalu aduk kembali sampai rata dan mengental

  7. Setelah mengental, angkat dan sajikan bersama nasi putih segera


Jatuh Cinta Sama Nasi Kare Jepang Ayam

Untuk ayam bebas gunakan bagian ayam yang mana sesuai selera teman-teman ya,,, mau bagian paha bawah atau bagian dada. Saya gunakan ayam bagian paha bawah dan di potong besar-besar.

Tetapi salahnya, ayam saya gunakan sudah di rebus terlebih dahulu. Karena seperti yang sudah saya bilang di awal cerita, saya mempunyai stok ayam di kulkas yang ternyata sudah di rebus. Kebayang kan hasil jadi Kare nya bagaimana ?

Hanya tekstur ayamnya yang kurang menarik karena terlalu lembut, untuk rasa MasyaAllah tetap Maknyuuss deh dan sama sekali nggak merubah rasanya ya ... Jadi saran saya gunakan ayam yang mentah saja, kemudian di marinasi sebentar dengan bumbu yang sudah saya cantumkan di resep nya ya..

Untuk Garbanzo Beans atau kacang arabnya itu hanya sebagai pelengkap, boleh di pakai boleh juga tidak kalau tidak suka. Kalau suka boleh di masukkan, atau teman-teman mungkin ada pilihan alternatif lainnya ya silahkan di pakai. Tetapi biasanya Kare Jepang juga memakai kacang-kacangan salah satunya kacang polong.



Untuk apel yang benar-benar saya sarankan adalah Apel fuji karena rasanya yang asam manis tetapi tidak dominan sekali manisnya, atau misalkan teman-teman ada merasakan apel yang rasanya asam manis selain Apel fuji, boleh saja di pakai.

Karena menurut saya pemakaian apel ini sangat berpengaruh pada citarasa Kare Jepang nya. Untuk Resep Nasi Kare Jepang sendiri yang saya sempet searching di google, Apel fuji sangat identik sekali dengan Kare Jepang artinya sejoli yang tidak terpisahkan hahaha ^_^ ...

Selebihnya coba deh Resep Nasi Kare Jepang Ayam ini, insyaAllah nggak bisa berpaling lagi ke lain resep ^_^ Saya dan suami sangat menyukai rasanya yang ringan dan tidak eneg, karena pak suami kan biasanya suka sekali menyantap hidangan yang berkuah santan seperti opor, rendang atau kari indonesia yang biasa saya masak di rumah

Dan ketika saya mencoba resep nasi kare jepang ayam ini, pak suami sangat menyukainya. Dua jempol katanya, sambil mengacungkan jempolnya ke arah saya. Dan mau lagi deh,, nanti insyaAllah mau coba yang pake chicken katsu atau daging sapi. So, Enjoy Your Cooking Mom :D



Dapatkan Update Artikel Terbaru di Email Anda:

0 Response to "Resep Nasi Kare Jepang Ayam"

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan komentar disini