Bahan Penambah Aroma Wangi Dan Pewarna Alami Dalam Masakan (Materials Enhancer Scent And Natural Dye In Food)

Resep Neti - Kalau kita sadari ada begitu banyak bahan-bahan alami yang berasal dari alam dan tentunya dapat kita gunakan sebagai bahan penambah aroma wangi di dalam setiap menu masakan yang kita buat.

Atau sebagai bahan pewarna alami yang dapat kita campurkan ke dalam masakan untuk membuat masakan yang kita hidangkan terlihat menarik serta menggugah selera.

Cara menggunakannya pun tidak terlalu sulit, memang kita perlu sedikit tenaga ekstra untuk membuatnya tetapi saya rasa cukup sebanding dengan manfaatnya untuk kesehatan.
Karena kita tidak perlu menggunakan bahan penambah aroma wangi ataupun pewarna buatan, karena alam itu sendiri sudah menyediakannya untuk kita.

Yang Pertama : Daun Pandan atau Pandan Wangi
Tumbuhan ini mudah dijumpai di pekarangan atau tumbuh liar di tepi-tepi selokan yang teduh. Daunnya memanjang seperti daun palem dan tersusun rapat, panjangnya dapat mencapai 60cm. Beberapa varietas memiliki tepi daun yang bergerigi.
Biasanya daun pandan wangi digunakan sebagai bahan penambah aroma wangi untuk makanan terutama kue-kue, bolu dan sebagainya. Tetapi daun pandan kurang memiliki warna hijau yang pekat, oleh karena itu sering dikombinasikan bersama daun suji. 



Yang Kedua : Daun Suji
Daun suji biasa dimanfaatkan sebagai pewarna hijau alami untuk makanan. Bedanya dari daun pandan wangi adalah daun suji memberikan warna hijau yang lebih pekat tetapi tidak memiliki aroma wangi daripada daun pandan.
Selain itu daun suji biasa ditanam di pekarangan karena bentuknya yang indah dan bunganya yang menyebarkan aroma wangi, terutama pada sore hari.

foto daun suji

foto bunga dari daun suji

Berikut cara mendapatkan campuran bahan penambah aroma wangi dan pewarna hijau alami makanan yang dibuat dari daun pandan wangi dan daun suji.
Bahan :
  • 40 lembar daun suji, cuci bersih
  • 3 lembar daun pandan, cuci bersih
  • 150 ml air
  • 1/4 sdt air kapur sirih
Cara membuat :
  1. Potong-potong atau iris daun suji dan daun pandan, tumbuk kasar. Anda bisa memprosesnya halus dengan blender, tambahkan air dan kapur sirih
  2. Remas-remas bahan yang sudah ditumbuk lalu saring dengan saringan yang berlubang halus atau kain kasa. 
  3. Ambil perasan airnya dan sisihkan ampasnya
  4. Campuran penambah aroma wangi dan pewarna hijau siap digunakan


Larutan penambah aroma wangi dan pewarna hijau ini biasa digunakan di dalam masakan, di Indonesia daun pandan wangi dan daun suji sangat sering digunakan di dalam resep-resep masakan untuk kue-kue jajanan tradisional seperti dadar gulung, bubur sumsum, kolak pisang, kue klepon, kue putri ayu, cake pandan, agar-agar pandan, kue serabi dan lain-lain. Minuman seperti es cendol, es pisang ijo, es selendang mayang dan lain-lain serta masakan seperti ayam goreng daun pandan dan sebagainya. Untuk bubur sumsum saya sharing pada artikel selanjutnya dengan judul Resep Bubur Sumsum. So, Enjoy Your Cooking Mom :D


Materials Enhancer Scent And Natural Dye In Food


If we realize there are so many natural ingredients derived from nature and of course can be used as an addition to the fragrance ingredient in any dishes that we make.
Or as a natural dye that can be put into a dish to make dishes that we serve it look attractive and tempting.

How to use it is not too difficult, indeed we need a little extra effort to make it but I think quite comparable with health benefits.
Because we do not need to use the scent enhancer material or artificial coloring, because nature itself already provide it to us.

First: Pandan leaves
This plant is found growing wild in the yard or on the edges of the shade ditch. The leaves are elongated like palm leaves and compact, a length of 60cm. Some varieties have a serrated leaf edge.
Usually fragrant pandan leaves used as scent enhancer for food, especially pastries, cakes and so on. But pandan leaves less dense green color, therefore, often combined with the leaves suji.
picture of pandan leaves


Second: Suji Leaves

Suji leaves commonly used as a natural green coloring for food. The difference of fragrant pandan leaves suji leaves provide a more concentrated green color but does not have a scent than pandan leaves.

Besides the usual suji leaves grown in the garden because of the beautiful and the flowers are spread scent, especially in the afternoon.

picture of Suji leaves                                                    picture of flower from suji leaves

Here's how to get a mixture of scent fragrant enhancer and natural green food coloring made from fragrant pandan leaves and leaf suji.

ingredients :
  • 40 suji leaves, washed
  • 3 pieces of pandan leaves, washed
  • 150 ml of water
  • 1/4 tsp whiting
How to make :
  1. Cut into pieces or slices suji leaves and pandan leaves, roughly mash. You can process it smooth in a blender, add water and whiting
  2. Knead ingredients that have been crushed and then filtered with a fine perforated sieve or muslin. 
  3. Take juice of the water and set aside waste
  4. A mixture of fragrant aroma enhancer and green dye is ready for use
Enhancer solvent and the fragrant aroma of green dye is used in cooking, in Indonesia fragrant pandan leaves and leaf suji very often used in recipes for traditional cakes such as dadar gulung, bubur sumsum, kolak pisang, klepon cake, putri ayu cake, pandan cake, jelly pandanus, serabi cake and others. Beverages such as cendol ice, green banana ice, selendang mayang ice and others as well as dishes such as fried chicken pandan leaves and so on. In connection with the ingredients mentioned above, I am sharing the next article with the title Rice Flour With Coconut Milk Porridge Recipe. So, Enjoy Your Cooking Mom :D


Posting Komentar untuk "Bahan Penambah Aroma Wangi Dan Pewarna Alami Dalam Masakan (Materials Enhancer Scent And Natural Dye In Food)"

Promo sembako murah