-->

Jenis Pisau Dapur Dan Kegunaannya

Jenis Pisau Dapur Dan Kegunaannya - Bunda pernah merasakan kebingungan nggak sewaktu melihat satu set pisau dapur di display di salah satu etalase supermarket. Saya pernah bingung lho bunda... langsung bertanya-tanya dalam hati, pisau yang jumlahnya segitu banyak mau dipakai buat apaan ya ??? 

Memang bentuk pisaunya berbeda tetapi yang namanya ibu rumah tangga seperti saya, yang tahunya cuma satu jenis pisau saja. Malahan di dapur saya belum ada yang nongkrong satu set pisau dapur, meskipun sudah kepingin punya satu yang ala chef hihihihi :D

Ternyata satu set pisau itu punya nama dan kegunaannya masing-masing bunda... kalau bunda benar-benar pintar memasak ala chef pasti gak asing deh lihat bentuk dan gak bakalan bingung menggunakannya.

Namun untuk pemula yang hobi memasak seperti saya, sepertinya pengenalan jenis-jenis pisau dan kegunaannya ini sangatlah penting. Alih-alih mau terlihat kayak chef yang lagi masak di dapur,,, eh, taunya pisau roti yang bentuknya bergerigi dipake buat memotong bawang... hadeeuuh, gawat nih :D

Ada pepatah " Tak Kenal Maka Tak Sayang ", oleh karena itu perlu juga nih tau tentang pisau dapur dan kegunaannya. Yuk Bunda disimak ya :D

  1. Pisau Serbaguna ( Chef's Knife )


Pisau yang ini biasa kita gunakan saat memasak di dapur, hampir semua jenis bahan masakan atau makanan dapat dipotong menggunakan pisau ini, jadi pada dasarnya wanita lebih memilih dan menyukai pisau yang multi fungsi seperti ini karena bisa digunakan untuk memotong berbagai macam bahan-bahan masakan ketimbang harus memiliki satu set pisau yang kegunaannya cukup membingungkan.

     2. Pisau Besar ( Cleaver Knife )



Pisau ini memiliki gagang yang kokoh dengan ukuran berat yang lumayan. Paling baik digunakan untuk membelah atau memotong tulang ayam, menyincang daging, memotong sayuran, mememarkan dan mengiris bawang putih. Dan biasanya banyak dipakai oleh juru masak yang berasal dari China, sehingga di sebut juga dengan sebutan Chinese Chef Knife.
      

      3. Pisau Roti ( Serrated Knife )


Pisau ini nih yang disebut Pisau Roti, dikarenakan bagian bawah pisau berbentuk gerigi tipis. Sering digunakan untuk memotong roti dan cake dan hasilnya potongannya akan lebih halus dan lembut, oleh karena tekstur geriginya memang dirancang untuk itu. Pisau ini dapat juga memotong bahan-bahan masakan yang memiliki kulit yang halus dan licin seperti tomat, terong dan mentimun.

      4. Pisau Fillet ( Boning Knife )


Pisau ini berfungsi untuk memisahkan daging ayam dan tulangnya, membuat irisan yang sangat tipis pada daging, membuang urat dan lemak pada daging serta memisahkan ikan dari tulangnya. Memiliki bentuk memanjang dan lebih ramping dibandingkan bentuk ukuran Pisau Serbaguna.

       5. Pisau Ukir ( Paring Knife )


Pisau ini sering dipakai untuk seni mengukir buah dan sayuran karena bentuknya yang kecil, lebih pendek dan melengkung. Dengan desain pisau yang seperti ini membuat pemakaiannya lebih fleksibel saat digunakan untuk mengukir buah dan sayur-sayuran. 

       6. Pisau Iris ( Slicing Knife )


Pisau Iris mempunyai bentuk yang hampir mirip dengan Pisau Serbaguna, tetapi memiliki desain yang lebih sempit dan tipis. Fnngsinya adalah untuk mendapatkan irisan yang setipis mungkin ketika mengiris bahan-bahan masakan atau mengiris kulit buah, agar irisannya terlihat lebih rapi dan rata.


Nah, sekarang bunda sudah tau kan jenis-jenis pisau dan kegunaannya. Jadi gak perlu bingung lagi ketika melihat pisau dengan bentuknya yang cukup aneh, di karenakan kita cuma punya satu pisau serbaguna saja di dapur. So, Enjoy Your Cooking Mom :D



2 comments for "Jenis Pisau Dapur Dan Kegunaannya"

  1. Replies
    1. Pisau carvingnya bisa di beli di toko-toko online gan, misalnya indonesian.alibaba.com,
      banyak pilihannya dari bentuk dan jenis pisaunya, agan tinggal pilih saja.
      atau toko-toko online lainnya, dan kalau di supermarket, setahu saya ada yang jual tetapi hanya dengan bentuk dan jenis pisau carving biasa saja.
      Terima Kasih, semoga informasinya bermanfaat.

      Delete

Silahkan tinggalkan komentar disini