Resep Kue Cokelat Tanpa Telur

Mudah membuat Kue Cokelat tanpa telur, tidak perlu mikser

Kue cokelat dalam resep berikut ini begitu mudah di buat, tidak hanya bahan-bahannya yang digunakan mudah didapatkan tetapi proses memasaknya pun tidak memerlukan waktu yang lama.

Tidak perlu memakai mikser, jika anda hanya mempunyai pengocok manual yang berupa balon whisk atau berbentuk spiral bahkan spatula sekalipun dapat di ajak bekerjasama dengan mudah.

Pokoknya kue coklat berikut ini sangat hemat tenaga dan waktu, tetapi soal rasa tentunya kalau boleh saya beri nilai 8 untuk kue cokelat yang satu ini. Dan saya hanya menggunakan pengocok manual yang kepalanya berbentuk spiral.

Resep kue cokelat tanpa telur di dapur kusNeti 2015

Kue cokelat yang cocok untuk vegetarian
Diawali dengan rasa penasaran dengan salah satu resep yang saya temukan mengenai kue cokelat. Karena suami sangat fanatik dengan cokelat, maka resep yang satu ini tidak luput dari perhatian saya.

Dan ketika di coba rasanya pun tidak kalah lembut dan legit dengan kue cokelat yang berbahan dasar telur. Tetapi satu kelebihan kue cokelat yang ini adalah rasanya ringan, karena memang dalam pembuatannya tidak memakai telur ataupun mentega 

yang tentunya sangat identik sekali dengan cake. Bahkan bagi anda yang vegetarian, mungkin kue yang satu ini bisa masuk dalam daftar hidangan penutup kesukaan anda.

Kue cokelat yang menggugah selera

Kue cokelat yang satu ini benar-benar membuat saya kegirangan ketika membuatnya, bagaimana tidak ? saya hanya menyiapkan beberapa bahan dari hari sebelumnya. 

Tidak sulit ketika mulai membuatnya, hanya mencampur bahan-bahan yang ada, saya bisa dengan riang sambil bernyanyi ketika melakukannya hahaha :D ( karena di dalam pikiran saya tidak perlu takut gagal untuk membuat kue cokelat yang satu ini ).

Dan benar ketika kue sudah matang, rasanya tidak sabar untuk segera disantap. Teksturnya benar-benar lembut dengan bau cokelat yang menggoda dan menggugah selera

alhasil kue cokelat satu loyangpun habis dimakan saat itu juga hehehehe :D senangnya...

Resep kue cokelat tanpa telur di dapur kusNeti 2015

Berikut bahan dan cara membuatnya
Bahan - bahan :
  • 170 gram tepung terigu
  • 150 gram gula pasir
  • 50 gram cokelat bubuk
  • 1 sdt baking soda
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 gelas minyak sayur
  • 1 gelas air panas atau sekitar 240 ml air panas
  • 2 sdt air jeruk
  • 1 sdt vanila ( optional )

  • Cara Membuatnya :

    1. Campur bahan-bahan kering yaitu 170 gram tepung terigu, 150 gram gula pasir, 50 gram cokelat bubuk, 1 sdt baking soda dan 1/2 sdt garam halus.

    2. Aduk rata semua bahan hingga benar-benar tercampur rata, sisihkan

    3. Campur bahan basah seperti 1 gelas air panas atau sekitar 240 ml air panas dengan 1/2 gelas minyak sayur,

    4. aduk rata terlebih dahulu hingga air dan minyak tercampur ditandai dengan warnanya akan berubah sedikit kekuningan

    5. Tambahkan 2 sdt air jeruk, lalu tambahkan bahan-bahan kering sedikit demi sedikit sambil terus diaduk rata

    6. Sementara itu panaskan oven dengan suhu 180 derajat celsius

    7. Setelah adonan rata, masukkan ke dalam loyang yang sudah di semir margarin atau minyak sayur dan panggang selama 30 menit hingga matang

    8. Setelah matang, keluarkan dari oven dan biarkan di dalam loyang terlebih dahulu hingga benar-benar dingin lalu potong dan sajikan

    Proses membuat kue cokelat yang mudah

    Bagi saya dan suami rasa kue cokelat di dalam resep yang diatas sudah cukup manis, karena saya mengurangi takaran penggunaan gula pasir yang ada. Harusnya 200 gram saya kurangi menjadi 150 gram saja karena takut terlalu manis tetapi suami bilang rasa manisnya sudah pas.

    Proses membuat kue cokelat diatas sangat mudah dan cepat, menyiapkan bahan-bahan yang ada kurang lebih hanya sekitar 15 menitan lalu lanjut mengoven 30 menit. Totalnya tidak sampai satu jam kan bunda... :D

    Resep kue cokelat tanpa telur di dapur kusNeti 2015

    Substitusi atau mengganti bahan-bahan
    Ketika memasak suatu resep ada bahan-bahan yang bisa di substitusi atau di ganti, dengan catatan bahan pengganti tidak merubah resep yang ada. 

    Karena tidak semua bahan dapat dengan mudah di dapatkan, jadi menurut saya tinggal bagaimana kita mengimprovisasi ( pemula seperti saya terkadang sering bingung dan segera mencari tahu tentang bahan-bahan yang mungkin baru saya kenal ).

    Ada beberapa bahan dari resep kue cokelat ini yang sebenarnya tidak saya pakai atau saya ganti. Contohnya air jeruk yang harusnya menggunakan jeruk lemon karena sulit sekali menemukan jeruk lemon disini, jadi saya gunakan jeruk kunci yang bentuknya kecil dengan ukurannya sebesar ibu jari.
     
    Vanila tidak saya pakai, meskipun memakai vanila akan menjadikan kue yang anda buat akan semakin harum tetapi saya lebih suka harum cokelatnya :D, untuk cokelat anda bisa bebas menggunakan merk apapun. So, Enjoy Your Cooking Mom :D




    Chocolate Cake Recipe Without Egg

    Chocolate cake recipe without egg at kusNeti kitchen 2015

    Easy to make chocolate cake recipe without egg, do not need to use the mixer

    Chocolate cake in this recipe is easy to make, not only the ingredients used are easily available but the cooking process did not require a long time.

    do not need to use the mixer, if you only have a manual mixer in the form of a spiral-shaped or balloon whisk even though spatula may be invited to cooperate with ease.

    Anyway, the following chocolate cake is very energy efficient and time. But a matter of taste of course, if I may give it a value of 8 for this chocolate cake. And I only use manual mixer with spiral-shaped.

    Chocolate cake suitable for vegetarians

    Begins with curiosity with one recipe that I found about chocolate cake. Because my husband is very fanatic with chocolate, this chocolate cake recipe does not escape from my attention.

    And when tested it feels no less soft and sticky with otherchocolate cake are made from eggs. But one advantage is this chocolate cake has a mild taste, as indeed in the making does not use eggs or butter which is very identical once with cake. Even for those of you who are vegetarians, may this cake could be included in the list of your favorite dessert.

    The chocolate cake tempting

    Chocolate cake, this one really makes me joy when making it, how not? I just set some of the ingredients on previous day. Not hard when it began to make it, just mix the ingredients already available, and I can happily sing while cooking hahaha :D ( because in my mind does not need to be afraid of failing to make a chocolate cake on this one ).

    And right when the cake has been baked, it can not wait to eat. Its texture is really soft with the smell of chocolate tempting and appetizing. Finally, one pan ofchocolate cake was eaten that day hehehehe :D I am happy/...

    Chocolate cake recipe without egg at kusNeti kitchen 2015

    Here are the ingredients and how to make
    Ingredients :
  • 170 grams of wheat flour
  • 150 grams sugar
  • 50 grams of cocoa powder
  • 1 tsp baking soda
  • 1/2 tsp salt
  • 1/2 cup vegetable oil
  • 1 cup hot water, or about 240 ml of hot water
  • 2 tsp lemon juice
  • 1 tsp vanilla ( optional )

  • How To Make:

    1. Mix dry ingredients are 170 grams of wheat flour, 150 grams sugar, 50 grams of cocoa powder, 1 tsp baking soda and 1/2 tsp fine salt.

    2. Mix all ingredients until completely blended, set aside

    3. Mix the wet ingredients such as 1 cup hot water, or about 240 ml of hot water with 1/2 cup vegetable oil

    4. Stir first, until oil and water is mixed by characterized its color will change slightly yellowish

    5. Add 2 tsp lemon juice, then add the dry ingredients little by little, stirring constantly mixer

    6. Meanwhile preheat the oven to 180 degrees celsius

    7. Once the dough flat, put in a baking pan that has been on the polish margarine or vegetable oil and bake for 30 minutes until cooked

    8. Once cooked, remove from oven and leave in the pan first until completely cool then cut and serve


    The process of making chocolate cake easily

    For my husband and I guess chocolate cake in the recipe above is pretty sweet, because I reduced dosing use existing sugar. Should I subtract 200 grams to 150 grams for fear too sweet but the husband says sweetness is just right.

    The process of making chocolate cake recipe above is very easy and fast, preparing ingredients there are approximately only about 15 minutes then bake 30 minutes more. The total is less than an hour right ... :D

    Chocolate cake recipe without egg at kusNeti kitchen 2015

    Substitution or replacement ingredients
    When cooking a recipe there are ingredients that can substitute or replace, with a record of substitutes does not alter existing recipes. Because not all ingredients can easily get, so I think it was just how we improvise ( beginner like me are sometimes confused and immediately find out about the ingredients that may be new I know ).

    There are some ingredients of the recipe chocolate cake actually I do not use or I substitute. Examples orange juice should use lemon juice. It's hard to find lemon here, so I use the orange key small the shape with about the size of a thumb.

    Vanilla I do not use, though wearing vanilla will make the cake you make will be more fragrant, but I prefer chocolate fragrant :D, for chocolate you can freely use any brand. So, Enjoy Your Cooking Mom :D

    Posting Komentar untuk "Resep Kue Cokelat Tanpa Telur"

    Promo sembako murah