Tips Memasak Beras Merah

Sebagian dari kita mungkin jarang mengkonsumsi beras merah, dan sebagian orang mengatakan kalau beras merah lebih mahal harganya dibanding beras putih .Tetapi perlu diketahui kalau beras merah merupakan salah satu jenis menu makanan diet yang sehat dan menjadi salah satu menu wajib bagi yang ingin diet .Beras merah juga memiliki kandungan vitamin ,mineral ,zat gizi dan mineral yang cukup tinggi, oleh sebab itu beras merah sangat bermanfaat bagi kesehatan dan memperkuat sistem ketahanan tubuh terhadap penyakit. Pada artikel kali ini yaitu tips memasak beras merah akan dibahas cara pengolahan dan memasak beras merah yang tepat agar hasil masakan beras merah empuk dan lezat.

Tips memasak beras merah dengan rice cooker

Pada zaman sekarang memasak dengan rice cooker adalah salah satu alternatif memasak dengan cepat dan mudah, walaupun memasak dengan rice cooker serba praktis dan tidak repot tetapi dalam memasak beras merah dengan rice cooker harus diperhatikan cara memasaknya, dan berikut ini langkah - langkah nya:

tips memasak beras merah
  • Pertama Beras merah harus dicuci bersih seperti mencuci beras pada umumnya
  • Gunakan gelas takaran air untuk mengukur seberapa banyak air yang dibutuhkan
  • Ukuran air untuk memasak beras merah adalah 2 kali lebih banyak dibanding memasak nasi putih pada umumnya dan agar beras merah lebih pulen
  • Tambahkan atau dicampur dengan beras putih sedikit
  • Rendamlah terlebih dahulu beras merah selama 30 menit sebelum memasak agar beras merah lebih cepat matang
  • Masak beras merah di rice cooker seperti biasa dan biarkan sampai beras merah matang.
  • Aduk terlebih dahulu sebelum dihidangkan

Setelah masak nasi beras merah dapat disajikan dengan aneka lauk pauk lainnya dan tips ini sangat bermanfaat bagi yang mempunyai rice cooker dirumah, karena memasak beras merah dengan rice cooker membuat lebih cepat dan praktis.

Baca juga : Tips memasak cumi-cumi agar empuk

Memasak dengan rice cooker memang mudah tapi ada kalanya jika nasi tidak terasa pulen dan mungkin memasak beras merah berbeda dengan cara memasak beras biasa , tetapi berikut ini akan dijelaskan tips memasak beras merah agar pulen.

Tips memasak beras merah agar pulen

Beras merah sangat berbeda dengan beras putih , oleh sebab itu jika ingin memsak beras merah supaya pulen maka harus dibedakan cara memasaknya, berikut yang perlu diperhatikan membuat beras merah agar pulen :

nasi beras merah
  • Pada saat memasak beras merah gunakan air untuk memasak dengan perbandingan 4 : 1 yaitu maksudnya 1 gelas beras merah dengan air sebanyak 4 gelas.
  • Jika air untuk memasak beras merah sudah mendidih buka tutup panci lalu masak dengan api sedang sambil sesekali diaduk - aduk sampai merata
  • Setelah air memasak beras merah mengering lalu tiriskan terlebih dahulu dan siapkan alat untuk mengukus beras merah yang sudah menjadi nasi tadi.
  • Kukus nasi beras merah sampai terlihat matang dan nasi sudah siap untuk dihidangkan.

Itu adalah tips memasak beras merah agar pulen dan tidak terasa keras, sangat mudah untuk dicoba dan dipraktekan dirumah. Tips ini sangat bagus untuk anda coba saat memasak beras merah karena memang beras merah sedikit berbeda dalam cara memasaknya dari pada beras putih pada umumnya, semoga tips ini dapat menjadi pedoman dalam mengolah dan memasak beras merah , selamat mencoba.

2 komentar untuk "Tips Memasak Beras Merah"

  1. Bagaiman halnya kalau memasaknya, saya pakai teflon, jadi tidak Sampai di masak 2x dengan memakai alat kukus... Apa nasi beras merah bisa jadi pulen ? Terima kasih at as jawabannya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dengan teflon maksudnya menggunakan rice cooker kah?
      Kalau saya pribadi, sekarang sering menggunakan cara kedua. Tetapi sebelum punya alat pengukus, saya biasanya memasak nasi hanya menggunakan panci biasa. Setelah airnya menyusut, kecilkan api kompornya. Tutup dan masak sekitar kurang lebih 30 menit, biasanya saya ambil sedikit untuk tes kematangan nasinya.
      Bagian bawah pancinya bisa di beri alas berupa nampan alumunium kecil agar nasi tidak gosong. Semoga jawabannya membantu ya.

      Hapus

Silahkan tinggalkan komentar disini

Promo sembako murah