Resep Mochi Kacang Merah

www.netirecipes.com

Neti Recipes

Mengenal Kue Mochi, Kue Khas Negeri Sakura Di Perayaan Tahun Baru Jepang

Kue Mochi merupakan salah satu makanan tradisional dari negara Jepang, yang biasa di buat dan di makan pada hari perayaan tahun baru Jepang atau Mochitsuki.

Ketika Mochitsuki di gelar, biasanya akan ada stan khusus untuk menampilkan tradisi membuat kue Mochi dengan cara tradisional yang tentunya menarik sekali untuk di lihat ya ^_^

Tetapi saat ini kue Mochi dapat di temui di toko-toko kue di kota Jepang, kue Mochi memiliki tekstur yang sangat lembut ketika pertama kali di makan.

Tetapi karena Mochi berbahan dasar tepung ketan, lama kelamaan akan mempunyai tekstur yang lengket di dalam mulut. Namun begitu rasanya yang khas tetap enak di nikmati, lembut dan manis.

Tekstur kue mochi lembut dan kenyal, isian bisa berupa kacang hijau kupas yang sudah di rebus dan di haluskan. Tetapi menurut saya, Kue Mochi lebih nikmat di makan dalam keadaan dingin.

Cukup simpan beberapa saat dalam lemari pendingin, makan selagi dingin. Rasanya lembut pas di gigit dan tidak terlalu lengket di dalam mulut ketika di kunyah.

Sekarang Kue Mochi juga sudah banyak di jual di Indonesia, Isian kue Mochi bisa berupa apa saja misalnya kacang-kacangan seperti kacang hijau kupas, pasta kacang merah, coklat, keju ataupun buah-buahan seperti stroberi.

Kue Mochi bisa di santap langsung ya,, tetapi saya lebih suka kue mochi dalam keadaan dingin karena tidak terlalu lengket ketika di kunyah. Dan suami juga suka dengan tekstur kue Mochi yang lembut.

Kalau membayangkan resep asli dalam membuat Kue Mochi tradisional khas Jepang, mungkin sangat terbayang sulitnya ya.. Tetapi kali ini saya mencoba membuat kue Mochi yang mudah dan enak.


www.netirecipes.com
Baca Juga : Wedang Ronde

Bahan-bahan Mochi Kacang Merah :

  • 200 gram tepung ketan
  • 250 ml susu cair
  • 100 gram gula pasir
  • Sejumput garam
  • 1 sendok makan minyak sayur
  • Pasta kacang merah
  • 100 gram tepung maizena untuk taburan
Video cara membuat Mochi kacang merah :

Cara Membuat Mochi Kacang Merah

  1. Sangrai terlebih dahulu tepung maizena untuk taburan mochi, kurang lebih selama 15 menit sampai tepung terasa hangat, angkat dan dinginkan

  2. Bulatkan pasta kacang merah untuk isian mochi

  3. Siapkan tepung ketan di dalam mangkuk, campurkan garam halus, aduk rata

  4. Tuangkan susu cair sedikit demi sedikit sambil di aduk sampai rata tercampur

  5. Siapkan mangkuk stainless tahan panas, olesi dengan sedikit minyak sayur

  6. Tuang adonan tepung ketan ke dalam mangkuk sambil di saring agar adonan tidak ada yang bergumpal

  7. Panaskan dandang pengukus hingga airnya mendidih, letakkan adonan ke dalam kukusan lalu kukus selama 15 menit

  8. Setelah 15 menit, keluarkan adonan tepung, aduk rata menggunakan sendok atau spatula kayu

  9. Masukkan kembali ke dalam pengukus dan kukus lagi selama 15 menit

  10. Setelah 15 menit angkat dan aduk sebentar, selagi hangat tambahkan gula pasir lalu aduk hingga gula pasir larut dan tercampur

  11. Setelah gula larut tercampur, tambahkan minyak sayur, aduk kembali hingga rata

  12. Siapkan talenan lalu taburi dengan tepung maizena, pindahkan adonan tepung ketan ke atas tepung maizena dan taburi lagi bagian atas adonan dengan tepung maizena secara merata

  13. Gilas adonan dengan ketebalan kurang lebih 1 cm, potong kotak atau bulat sesuai selera lalu masukkan isi pasta kacang merah, rapatkan dan taruh di piring, Mochi siap di hidangkan

www.netirecipes.com


Kue Mochi, Kue Khas Negara Jepang

Lembut, Kenyal dan Manis

Kue Mochi yang saya buat ini, sangat mudah di buat sendiri di rumah ya..

Jadi nanti bisa ikutin langkah-langkah cara membuatnya melalui video tutorialnya di channel Youtube Neti Recipes ya. Bahan-bahannya pun cukup mudah di dapat.

Saya membuat sendiri untuk pasta kacang merahnya, ketika merebus kacang merah gunakan api kompor yang besar. Rebus sampai benar-benar empuk sambil di aduk dengan cara di tekan-tekan agar kacang lembut.

Setelah kacang lembut dan air menyusut, gunakan api yang sedang lalu tambahkan gula pasir, aduk kembali hingga gula pasir larut dan tekstur kacang merah hampir menyerupai adonan pasta yang bisa di bentuk.

Gunakan api kompor yang paling kecil, tambahkan 1 sendok makan tepung terigu yang sudah di larutkan dengan sedikit air. Aduk bersama pasta kacang merah agar tidak gosong.

Setelah pasta kacang merah sudah terlihat benar-benar kalis dan bisa di bentuk, angkat dan biarkan sampai pasta benar-benar dingin. Setelah dingin, masukkan beberapa saat kedalam kulkas, keluarkan ketika pasta kacang merah akan digunakan sebagai isian kue Mochi.

Oke,, Selamat Mencoba ya... So, Enjoy Your Cooking Mom :D

www.netirecipes.com

Posting Komentar untuk "Resep Mochi Kacang Merah"

Promo sembako murah