Resep Kue Getas

Kue Getas merupakan kue dari tepung ketan putih yang di campur dengan beberapa bahan lainnya. Umumnya kue getas di sebut juga kue gemblong.

Sebutan kue getas terkenal di daerah jawa timur, selain itu kue getas juga di sebut gemblong. Meskipun memiliki rasa yang sama, tetapi sebenarnya kue getas di buat dari tepung ketan hitam dan gemblong dari tepung ketan putih.

Namun yang saya buat kali ini kue getasnya dari tepung ketan putih, harusnya tepung ketan hitam ya tetapi nggak apa-apa.. di sesuaikan selera teman-teman juga ya. Untuk pelapisnya bisa gunakan gula pasir atau gula merah.
Baca Juga : Resep Kue Lapis Singkong

Kue getas / Neti recipes


Kue Getas Aka Kue Gemblong

Kue Getas biasanya masih dapat di temui di pasar tradisional. Para penjualnya biasa menjajakan kue getas bersama kue-kue khas daerah jawa lainnya.

Ketika saya mencoba membuat kue getas ini, akhirnya saya bisa bernostalgia sedikit. Karena meskipun manisnya terlalu, kue getas ini adalah salah satu kue favorit saya.. tentunya di antara kue-kue favorit lainnya juga ya :)

Saya sangat suka sekali dengan kue khas tradisional indonesia yakni jajanan pasar, terkadang untuk beberapa penganan cara membuatnya pun tidak terlalu sulit.

Saya sangat suka dengan kue-kue yang cara membuatnya mudah, praktis dan buatan rumah. Sehingga bisa di variasikan sendiri baik itu dari bahan-bahan ataupun isiannya

Yuk,, kita langsung mencobanya ya,
Silahkan lihat tutorial cara membuat kue getas di channel Youtube Neti Recipes



Bahan-bahan Kue Getas :

  • 200 gram tepung ketan putih
  • 100 gram kelapa parut
  • 1/4 sendok teh garam halus
  • 125 ml santan kental hangat
  • Minyak goreng secukupnya

  • Bahan Pelapis :

  • 100 gram gula pasir
  • 50 ml air biasa
  • beberapa lembar daun pandan

Kue getas / Neti recipes

Cara Membuat Kue Getas

  1. Campur tepung ketan putih, kelapa parut dan garam. Aduk rata sambil tuang santan kental yang hangat sedikit demi sedikit

  2. Uleni campuran tersebut sampai rata dan bisa di bentuk

  3. Setelah selesai di bentuk, goreng hingga kecoklatan lalu angkat

  4. Selanjutnya siapkan bahan pelapis seperti gula pasir, air dan daun pandan

  5. Campur semua bahan pelapisnya dan masak sampai gula mencair, masukkan kue getas dan aduk sampai gula kering dan menyelimuti kue

  6. Angkat, dingin dan sajikan

Cara membuatnya benar-benar mudah bukan ? Semua pasti bisa membuatnya di rumah. Untuk bentuk sesuai selera ya, saya menggunakan cetakan love untuk membuat sebagian bentuk love.

Oke,, Selamat Mencoba ya... So, Enjoy Your Cooking Mom :D


Kue getas / Neti recipes


Posting Komentar untuk "Resep Kue Getas"

Promo sembako murah