Resep Kue Pastel Kentang Kulit Renyah Tanpa Telur

Tahukah teman kalau pastel ini sebenarnya berasal dari Brasil dan Portugis, termasuk salah satu jenis makanan cepat saji. Serta pastel berbeda jenisnya jika merujuk ke negara asalnya Brasil ataupun Portugis.

Di Brazil pastel merupakan kue yang renyah di luarnya dan lembut di bagian dalam, isian pastel sendiri ada berbagai macam varian. Pastel gurih biasanya di isi dengan sayuran, daging ataupun keju.

Pastel di Brazil ini biasanya cara memasaknya dengan di goreng menggunakan minyak sayur atau minyak goreng. Bentuknya juga berupa setengah lingkaran seperti bentuk umum pastel yang sering kita jumpai.

Nah kalau di Portugis, pastel semacam pastri dengan bentuk segitiga dan rasanya cenderung manis serta gurih. Jadi pastel di sini di kategorikan sebagai cake.

Pastel Kentang @NetiRecipes

Pastel Versi Indonesia

Sesuai Dengan Lidah Dan Selera Indonesia

Pastel di Indonesia sudah di sesuaikan dengan lidah dan selera masyarakat indonesia.

Ada 2 jenis pastel di Indonesia yaitu Pastel basah dan pastel kering. Pastel basah biasanya menggunakan isian sayuran, daging, bihun atau telur. Sedangkan pastel kering biasanya menggunakan isian abon dengan bentuk yang lebih kecil di bandingkan pastel basah.

Pastel kering juga biasanya di jadikan kudapan atau camilan, karena bersifat kering maka pastel kering juga mempunyai daya tahan yang cukup lama apabila di simpan.

Pastel kering bisa di simpan di dalam toples atau wadah kedap udara selama beberapa hari bahkan seminggu atau lebih, tergantung dari pengolahan pastel kering itu sendiri.

Makin kesini pastel kering merupakan salah satu kue kering yang di jual saat hari raya tiba, atau biasa di bungkus dalam kantong tertutup di jual sebagai kudapan.

Pastel basah lebih ke makanan yang hanya bisa sekali santap, tidak bisa di simpan terlalu lama. Di karenakan isiannya yang bersifat basah dan tidak dapat bertahan lama.

Kali ini saya ingin membuat pastel basah sebagai makanan pengganti jajanan di rumah. Makan satu pastel ini, saya sudah cukup kenyang rasanya. Cara membuatnya juga mudah,, jadi di coba ya di rumah


Pastel Kentang @NetiRecipes

Baca Juga : Resep Karipap Sederhana Yang Enak

Bahan-bahan Kue Pastel Kentang :

  • 400 gram tepung terigu
  • 1 sendok teh ketumbar
  • 1 sendok teh garam halus
  • 6 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 buah kemiri
  • 50 gram daging ayam di cincang
  • 150 gram margarin
  • Wortel, Kentang, daun bawang dan seledri secukupnya

Pastel Kentang @NetiRecipes

Cara Membuat Kue Pastel

  1. Potong kentang dan rebus sampai kentang lembut

  2. Sementara kentang di rebus, kita potong kotak wortel, iris daun bawang dan daun seledri

  3. Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri dan ketumbar dengan di campur dengan sedikit garam

  4. Setelah kentang lembut, angkat dan tiriskan. Lalu haluskan.

  5. Panaskan minyak goreng di wajan, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan ayam dan wortel, masak sampai ayam berubah warna matang serta wortel setengah lembut

  6. Masukkan irisan daun bawang dan seledri, aduk rata. Masukkan juga kentang rebus yang sudah di haluskan, aduk rata dan tambahkan garam gula dan merica lalu angkat dan dinginkan isian pastel

  7. Untuk membuat kulit pastel : masukkan tepung terigu ke dalam wadah, tambahkan margarin lalu aduk sambil di remas hingga berbutir. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus di uleni hingga kalis dan adonan mudah di bentuk

  8. Ambil bulatan kecil adonan, pipihkan menggunakan rolling pin. Beri isian lalu rapatkan di bagian ujungnya menggunakan air biasa atau putih telur

  9. Lalu tekan menggunakan garpu, lakukan juga dengan adonan lainnya. Goreng hingga kuning kecoklatan, angkat dan sajikan

Pastel Kentang Gurih dan Mengenyangkan


Karena isian berupa kentang serta sayuran lainnya, menjadikan pastel kentang ini cukup mengenyangkan. Bisa di goreng seperlunya saja, sisanya bisa di bekukan di dalam freezer dan barulah di goreng ketika ingin di makan.

Membuatnya cukup mudah, bisa di makan bersama saus tomat atau saus sambal favorit anda. Tetapi saya lebih suka dengan pastel kentang yang di makan begitu saja.

Lebih enak kalau di makan selagi hangat, kalau sudah dingin cukup di hangatkan kembali dengan cara di microwave sebentar atau di oven. Jangan di goreng kembali, karena memungkinkan tekstur kulitnya akan berminyak serta gosong.

Walaupun tanpa telur, tekstur kulit pastel kentang sangat renyah dan ada juga yang mudah hancur. Mungkin karena saya terlalu tipis ketika membuatnya pipih.

Sangat cocok untuk di bawa piknik karena sangat mengenyangkan.

Oke,, Selamat Mencoba ya... So, Enjoy Your Cooking Mom :D



Pastel Kentang @NetiRecipes

Posting Komentar untuk "Resep Kue Pastel Kentang Kulit Renyah Tanpa Telur"

Promo sembako murah