Resep Udang Saus Telur Asin

Udang, bahan masakan yang satu ini memang sudah terkenal dengan kandungan proteinnya yang tinggi. Udang sangat baik dikonsumsi karena memberikan sejuta manfaat bagi tubuh terutama bagi anak – anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Makanya tidak heran jika bahan makan ini menjadi primadona di restauran – restaurant elit. Oleh karena itu banyak bermunculan olahan masakan yang berbahan dasar udang.

Resep Udang Saus Telur Asin

Udang Saus Telur Asin

Kali ini kami akan memberitahu anda sekalian mengenai salah satu maskan berbahan dasar udang yang sudah ada direstaurant – restaurant elit. Masakan ini merupakan salah satu masakan kelas menengah. Masakan ini bernama Udang Saus Telur Asin atau dalam bahasa kerennya disebut dengan PRAWN WITH SALTED EGG. Langsung saja mari kita lihat resep dan cara memasaknya.

Bahan – bahan dan bumbu – bumbu yang diperlukan untuk membuat masakan udang saus telur asin yaitu:

  • Udang yang sudah dibersihkan, dikupas kulitnya dan dibuang bagian kepalanya namun sisakan bagian ekornya sebanyak 350 gram
  • Garam sebanyak setengah sendok teh
  • Air jeruk nipis sebanyak satu sendok teh
  • Kecap asin sebanyak setengah sendok teh
  • Minyak goreng secukupnya

Bahan – bahan untuk ditumis:

  • Bawang putih sebanyak 4 siung yang sudah digeprek dan dicincang halus
  • Cabai hijau besar sebanyak 2 buah yang sudah dicincang halus
  • Kunign telur asin 3 butir yang sudah dihaluskan
  • Kuning telur biasa sebanyak 1 buah yang sudah dihaluskan
  • Kecap asin sebanyak 1/2 sendok teh
  • Merica bubuk 1/4 sendok teh
  • Garam dapur sebanyak 1/4 sendok teh
  • Daun bawang sebanyak 2 batang yang sudah diiris – iris halus
  • Minyak goreng atau mentega secukupnya untuk menumis

Baca juga : Resep Tumis Udang Pedas Makaroni

Cara membuat udang saus telur asin

Kemudian Langkah – langkah yang harus dilakukan untuk membuat masakn Udang saus telur asin adalah sebagai berikut:

  1. Langkah pertama, udang dibersihkan, buang bagian kepala dan kupas kulitnya namun sisakan bagian ekornya kemudian dicuci hingga bersih.
  2. Langkah kedua, udang dilumuri dengan larutan yang sudah berisi campuran garam, air jeruk nipis dan kecap asin, kemudian didiamkan selama 15 menit.
  3. Langkah ketiga, panaskan minyak dalam wajan penggorengan dengan api sedang. Perlu diingat, udang harus masuk kedalam minyak goreng secara menyeluruh agar matang sempurna. Jadi, minyak goreng yang dimasukan harus agak banyak.
  4. Langkah keempat, udang digoreng dialam minyak panas sampai berub ah warna kuning kecoklatan yang menandakan udang sudah matang. Kemudian diangkat dan ditirskan untuk mebuang minyak yang menempel.
  5. Langkah kelima, masukkan mentega kedalam wajan kemudian panaskan. Masukkan bawang putih dan cabai hijau, tumis sampai mengeluarkan aroma harum.
  6. Langkah keenam, tambahkan merica bubuk dan kecap asin kemudian diaduk – aduk sampai tercampur merata.
  7. Langkah ketujuh, masukkan kuning telur asin dan kuning telur biasa yang sudah halus, diaduk – aduk sampai merata. Dengan begitu saus telur asinnya sudah jadi.Kemudian tambahkan udang yang sudah digoreng dan diberi sedikit tambahan daun bawang, aduk – aduk sampai udang terbalut saus secara merata.
  8. Kemudian angkat dan msukkan kedalam piring saji. Jangan lupa platting secantik mungkin untuk menggugah selera makan. Udang saus telur asin pun siap disajikan

Tidak sulit membuat Resep Udang Saus Telur Asin dan paling tidak kita membuatnya dirumah tidak jauh berbeda dengan rasa ala restoran berbintang yang menyediakan Udang Saus Telur Asin . Oleh sebab itu resep ini layak dicoba dirumah dan dijadikan menu utama bersama keluarga

Posting Komentar untuk "Resep Udang Saus Telur Asin"

Promo sembako murah