Cara masak pare agar tidak pahit

Cara masak pare agar tidak pahit

Neti Recipes – Beberapa hari yang lalu pernah membuat menu masakan harian untuk keluarga yaitu tumisan sayur pare, mendengar kata sayur pare sebagian keluarga ternyata tidak terlalu menyukai masakan sayuran dengan pare, iya saya anggap wajar saja mengingat sayur pare terkenal akan pahit dan tidak enak dilidah. 

Tapi justru saya sendiri suka makan sayur pare mungkin karena saya sudah terbiasa dengan rasa pahit dari sayur pare tersebut, walau sebagian keluarga tidak menyukai aneka masakan dari sayur pare tetapi saya tetap mencoba untuk membiasakan memasak sayur pare untuk keluarga agar sedikit demi sedikit akan terbiasa dengan rasa dari sayur pare yang pahit. 

Sebelumnya sudah pernah saya bahas juga Cara Menumis Pare Tanpa Rasa Pahit

Aneka Olahan Pare

Banyak sekali yang bisa kita buat dari sayur pare, beberapa dari kita mungkin sudah ada yang tahu beberapa aneka olahan pare yang sering dimasak dirumah. Tapi cara membuat aneka olahan pare merupakan salah satu cara masak pare agar tidak pahit karena olahan pare itu akan bercampur dengan bahan masakan favorit yang diolah bersamaan dengan sayur pare. Beraneka macam olahan sayur pare yang cukup enak dan bisa dinikmati oleh semua keluarga akan kita bahas secara singkat, dan dibawah ini beberapa resep aneka olahan pare.

Tumis pare ikan teri

Tumis pare ikan teri

nah kalau masakan olahan pare satu ini sangat cocok untuk yang suka makan dengan ikan teri , ternyata olahan pare ikan teri sangat enak juga disantap. 

Ikan teri bisa dimasak dengan ditumis terlebih dahulu dan akan terasa cukup gurih dan enak saat dimakan bersamaan dengan sayur pare apalagi ikan teri cukup murah harganya dipasaran , dan bisa menjadi alternatif pilihan campuran untuk olahan sayuran pare

Tumis pare udang

Tumis pare udang

Kalau masakan olahan pare dengan udang memang lebih enak lagi, karena memang udang merupakan salah satu olahan seafood yang enak diolah dengan aneka masakan manapun. 

Walau harganya terbilang cukup mahal tapi olahan pare akan terasa sesuai dengan kenikmatan dan rasa nya yang membuat kita ketagihan membuat olahan tumis pare udang dirumah

Pare kuah santan

Pare kuah santan

Sebagian kita mungkin suka makan yang berkuah , dan pare juga bisa loh dimasak dengan berkuah seperti pare kuah santan. 

Kalau keluarga suka dan terbiasa dengan masakan berkuah , saya sarankan untuk mencoba membiasakan masakan olahan pare kuah santan. Selain gurih dari kuah santan ini yang akan membuat rasa pahit dari pare akan lebih berkurang.

Tumis pare telur

Tumis pare telur

Telur juga bisa dijadikan pilihan membuat olahan pare, karena rata – rata setiap orang menyukai masakan dengan kombinasi dari telur. Selain rasa dari telur yang gurih dan nikmat ini juga bisa menjadi salah satu cara masak pare agar tidak pahit, terutama untuk disajikan ke anak anak. 

Kalau saya terkadang tumis pare dengan telur walaupun saya menggunakan telur yang lebih banyak , karena saya ingin olahan tumis pare telur habis dimakan oleh semua keluarga.

Pare udang jagung manis

Pare udang jagung manis

Kalau mau masakan olahan pare yang terasa sedikit manis jagung maka sangat cocok masak olahan pare mengkombinasikan dengan jagung manis. Paling tidak jagung manis akan mengurangi rasa pahit dari pare , apalagi kalau ditambah dengan udang pasti akan terasa lebih mantap .

Olahan pare udang jagung manis sering juga saya buat untuk keluarga dan terbukti benar dapat menambah nafsu makan bagi setiap orang yang melihat olahan pare udang jagung manis.

Baca juga : Resep Masak Daun Singkong Kuah Santan

Cara Praktis Hilangkan Rasa Pahit Pada Pare

Kalau tadi kita membahas aneka olahan pare yang dapat mengurangi rasa pahit dari pare . Kini ada cara yang bisa juga dicoba secara praktis menghilangkan rasa pahit pada pare, mari kita bahas bersama.

Mengunakan Gula Pasir

Kita bisa memotong pare menjadi 2 atau 3 bagian dan kita bersihkan dan buang isi pare lalu dipotong kecil sesuai selera . Kita siapkan gula pasir dan campurkan dengan pare yang sudah dipotong-potong tadi, setelah itu remas pare dan gula sampai air dari pare tersebut keluar semua. Dan pare sudah siap untuk di olah dan dimasak.

Menggunakan Garam.

Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan teknik menggunakan gula pasir. Kita cukup potong beberapa bagian dari pare dan isi pare kita buang sampai bersih dan setelah itu dicampur dengan garam secukupnya atau sesuai selera kita. 

Lalu pare yang bercampur dengan garam tadi kita diamkan selama kurang lebih 15 menit , lalu setelah itu kita peras pare tadi hingga pare agak lembut dan air dari pare tersebut keluar semua. Setelah itu cuci bersih pare tadi menggunakan air yang mengalir sampai pare akan terasa sedikit kesat

Itulah beberapa tips sederhana cara masak pare agar tidak pahit yang dapat kita coba dirumah. Dan cara ini cukup mudah untuk dicoba agar pare tidak pahit , jadi tidak perlu khawatir lagi masak aneka olahan dengan pare. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita coba dirumah.

Posting Komentar untuk "Cara masak pare agar tidak pahit"

Promo sembako murah