Resep Bolu Kukus Santan

 Bolu kukus santan @NetiRecipes

Hallo sahabat Neti Recipes. Hari ini saya mau buat jenis camilan bolu lagi ya,,, karena memang sudah beberapa hari yang lalu mau bikin jenis bolu yang satu ini. Penasaran ?

Bahan - bahannya juga terbilang sangat mudah di dapatkan, karena saya nggak harus ke pasar tradisional dulu seperti biasanya. Atau ke mini market yang juga sudah banyak berhamburan di kota saya.

Langsung jalan sedikit ke warung tetangga saja, hitungan kita membudayakan belanja ke warung tetangga ya ^_^

Jangan salah lhoo,, ya? Ada banyak keuntungannya juga ketika kita memilih untuk berbelanja ke warung tetangga. Meskipun harganya ada kenaikan sedikit di bandingkan pasar tradisional ataupun mini market.

Di antaranya kita bisa berkenalan, setidaknya kita memiliki interaksi terhadap lingkungan kita. Tapi jangan langsung di teruskan rumpi-rumpi cantik ya,,, bisa nggak kelar kita masaknya hihihi ^_^

Sebenarnya masih banyak lagi hal-hal yang cukup menyenangkan ketika kita berbelanja ke warung tetangga, tapi ada juga hal yang tidak menyenangkan. Paling tidak dunia ini seimbang ya,,, hehehe itu menurut saya lhoo ^_^

Itu sekilas cerita dari ku saja ya, ntar jadi Out of the topic deh hihihi,, Yuk, kita lanjut ya dengan bahasan membuat Bolu Kukus Santannya,,
Baca Juga : Bolu Ketan Item Kukus

Bolu kukus santan @NetiRecipes

Cara Membuat Bolu Kukus Santan Yang Lembut

Jadi Resep Resep Bolu Kukus Santan ini sangat mudah sekali di buat, bahkan pemula dalam membuat bolu sekalipun bisa mencobanya.

Bolu kukus santan ini lembut sekali, meskipun tidak memakai margarin ataupun minyak sayur. Rasanya tidak eneg dan mempunyai tekstur yang lembab.

Santan kental yang di pakai di dalam bolu kukus santan ini juga membuat rasa bolu kukus ini seperti memakai susu, padahal tidak. Aroma vanili dan santan tercampur unik dan harum.

Bahan-Bahan Untuk Membuat Bolu Kukus Santan :

  • 4 butir telur
  • 250 gram tepung terigu
  • 200 gram gula pasir
  • 200 ml santan kental
  • 1 sendok teh ovalet / TBM / SP
  • 1/4 sendok teh garam halus
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • Pewarna sesuai selera

Cara Membuat Bolu Kukus Santan

  1. Masukkan 4 butir telur, 200 gram gula pasir, dan 1 sendok teh ovalet. Kocok sampai adonan telur dan gula menjadi benar-benar putih dan mengembang

  2. Turunkan mixer ke kecepatan rendah, lalu tambahkan 200 ml santan kental ke dalam adonan telur sedikit demi sedikit dan mixer sampai rata

  3. Ayak 250 gram tepung terigu dan 1/4 sendok teh garam halus, tambahkan ke dalam adonan telur dan mixer rata dengan kecepatan sedang hingga benar-benar rata

  4. Setelah rata, matikan mixer dan bagi rata adonan menjadi 3 bagian ke dalam mangkuk

  5. Tambahkan pewarna yang berbeda ke masing-masing mangkuk, aduk hingga rata lalu masukkan ke dalam loyang yang sudah di olesi rata dengan minyak sayur

  6. Masukkan adonan bolu secara bergantian per-warna ke dalam loyang, hingga membentuk gradasi warna warni

  7. Panaskan kukusan terlebih dahulu sampai airnya mendidih, beri penutup kain di bagian tutup kukusannya

  8. Setelah kukusan mendidih, baru masukkan loyang yang sudah berisi adonan dan kukus sampai matang selama 25 sampai 35 menit

  9. Setelah matang, keluarkan dari kukusan dan tunggu hingga dingin baru di keluarkan dari loyang dan sajikan

Bolu kukus santan @NetiRecipes

Bolu Kukus Santan Enak dan Sederhana

Mudah sekali bukan untuk membuat Bolu kukus santan ini ? bahan-bahan yang ada tidak terlalu banyak dan anda juga bisa berkreasi untuk memilih warna-warni yang cantik dan menarik.

Di sini saya menggunakan loyang dengan ukuran kurang lebih 22 cm, bolu tidak terlalu tinggi. Tetapi soal lembut, bolu kukus santan ini benar-benar lembut.

Oiya,, untuk mendapatkan tekstur bolu kukus santan yang benar-benar lembut, tipsnya ada pada saat pengocokan telur dan gula. Kocok telur dan gula sampai benar-benar putih mengembang dan berjejak, kalau tidak hasil bolu kukus santan tidak akan lembut.

Dan ketika mengukus, usahakan jangan membuka tutup kukusan sampai bolu matang sempurna.

Setelah kukusan mendidih, api kompor boleh di kecilkan agar tidak terbentuk lubang di atas bolu seperti bolu kukus santan buatan saya ini ( efek lupa mengecilkan api kompornya hehehe ^_^ )


Bolu kukus santan @NetiRecipes


Agar warna-warni dari bolu kukus santan ini bergradasi, tuang adonan sedikit demi sedikit bergantian untuk tiap warna yang berbeda. Dengan begitu akan menghasilkan warna yang cantik.

Dan jangan khawatir tekstur adonan telur yang tercampur santan terlihat encer, karena ketika tepung terigu sudah di masukkan maka adonan tersebut juga akan mengental.

Selamat berkreasi. So, Enjoy Your Cooking Mom :D


Bolu kukus santan @NetiRecipes

Posting Komentar untuk "Resep Bolu Kukus Santan"

Promo sembako murah