Resep Cara Membuat Bolu Pandan Panggang Lembut yang Lezat

Resep Bolu Pandang Panggang Lembut yang Lezat - Kali ini saya akan mencoba salah satu Bolu yang paling diminati di Indonesia, yaitu Bolu Pandan Panggang yang lembut karena bentuk dan texture yang seperti sponge yang super lembut dan tentunya Lezat untuk disajikan bersama keluarga.

 Bolu Pandan Panggang Lembut

Hallo sahabat Neti Recipes. Selamat jumpa kembali di sini, situs resep memasak ala rumahan yang sederhana dan praktis.

Saya senang sekali kalian semua sudah berkunjung ke situs memasak ini, dan tambah bersemangat lagi sewaktu saya lihat grafik kunjungan teman-teman baik dari situs ini maupun channel youtube yang saya punya perlahan menaik.

Situs ini saya kreasikan di sebabkan karena hobi saya, percaya atau tidak teman-teman ? Dulu sebelum saya memulai menulis dan membagikan resep-resep yang pernah saya coba ini ke teman-teman, kumpulan resep-resep yang saya punya buuaanyaaakkk sekali.

Di tulis di dalam buku, di buat paper atau kliping seperti tugas sekolah itu lhoo.. dari mulai menggunting dan menempel di sana-sini. Dan kegiatan itu saya mulai sebelum saya menikah, kebayang kan banyak nya hehehe ^_^

Dan penyakitnya itu mungkin hanya sepersekian persen resep tersebut saya praktekkan, selebihnya hanya menjadi sarang rayap dan rusak. Tetapi tetap saja hobi tersebut berkelanjutan sampai menikah.

Cerita dibalik Sebuah Blog Masakan ala Resep Neti

Bolu Pandan Panggang Lembut




Nah, ketika suami saya melihat hobi saya yang sedikit unik dan gak praktis ini. Pak bos atau suami menyarankan kenapa nggak resep-resep tersebut di tuangkan saja ke dalam blog.

Kamu bisa menyimpannya dan melihatnya lagi kalau sewaktu-waktu di perlukan, tidak akan rusak dan nilai plusnya bisa di baca oleh siapa saja yang mau mencobanya.

Tetapi syarat yang saya ajukan kepada Pak bos adalah saya mau bikin tulisan asalkan saya coba dulu resepnya, baru saya bagikan ke teman-teman. Awalnya saya yang gaptek ini mengira bakalan rumit dan njelimet, ternyata tidak.

Dan akhirnya di sinilah saya berada, yang semakin hari saya semakin menyukai kegiatan ini. Menemukan resep-resep tradisional maupun luar negeri, yang saya penasaran mencobanya lalu saya bagikan ke teman-teman.

Jadi saya bukan seorang chef ya teman-teman, hanya seorang ibu rumah tangga biasa yang mempunyai hobi memasak dan membagikan resep yang sudah saya coba ke teman-teman dengan harapan bisa bermanfaat.

Jadi terima kasih banyak untuk kalian yang senantiasa menantikan update artikel resep terbaru dari sini, yang penasaran dengan video-video resepnya di Youtube lalu kemudian langsung klik SUKA & SUBSCRIBE. Sungguh itu semua penyemangat yang tiada habis-habisnya ^_^

Nah, itu tadi kilas balik cerita saya tempo doeloe ya,, saya sekarang sudah banyak dan banyak sekali mendapat dukungan dari kalian semua.

Hari ini saya mau membagikan satu resep yang sudah sangat populer di setiap kalangan, dan tentunya di sukai oleh siapa saja. Yupz,, berikut Resep cara membuat Bolu Pandan Panggang yang lembut dan enak.
Baca Juga : Resep Bolu Wortel Panggang Yang Enak dan Sederhana


Bolu Pandan Panggang Lembut


Cara Membuat Bolu Pandan Panggang Yang Lembut Tanpa Pengembang

Jadi untuk membuat Resep Cara Membuat Bolu Pandan Panggang Yang Lembut ini sangat mudah sekali di buat, bahkan pemula dalam membuat bolu sekalipun bisa mencobanya.

Bolu yang saya coba buat ini adalah Bolu Pandan yang umum di kenal oleh berbagai pencinta bolu-boluan. Tetapi kali ini saya mencoba membuat Bolu pandan panggang tanpa menggunakan bahan-bahan pengembang seperti baking powder dan baking soda.

Meskipun saya hanya memakai pasta pandan saja, bukan air pandan yang memang berasal dari daun pandan asli. InsyaAllah tidak mengurangi aroma yang di timbulkan, tetap aroma wangi pandan dan vanili harum tercium.

Bahan-Bahan Untuk Membuat Bolu Pandan Panggang yang lembut :

  • 8 butir telur
  • 250 gram tepung terigu
  • 250 gram gula pasir
  • 250 gram margarin
  • 65 ml santan kental
  • 1 sendok teh vanili
  • 1 sendok makan air jeruk nipis
  • 1/4 sendok teh garam halus
  • Pasta Pandan secukupnya

Tonton Video Cara membuat Bolu Pandan Panggang dibawah ini

Video ini saya barusan beberapa hari setelah artikel bolu pandan panggang ini saya post di blog, dan resep di blog ini sudah saya praktekan cara membuatnya melalui video yang bisa anda tonton dibawah ini


Cara Membuat Bolu Pandan Panggang Yang Lembut

  1. Pisahkan kuning dan putih dari 8 butir telur. Lalu kocok putih telur terlebih dahulu secara terpisah

  2. Tambahkan 1 sendok teh vanili, 1 sendok makan air jeruk nipis dan 250 gram gula pasir sedikit demi sedikit sampai putih telur benar-benar kaku mengembang

  3. Di wadah terpisah, kocok 250 gram margarin hingga lembut dan putih. Tambahkan 1/4 sendok teh garam halus lalu masukkan 8 kuning telur satu persatu sambil terus di kocok. Setelah benar-benar rata, matikan mixer

  4. Siapkan campuran 65 ml santan kental dengan di beri pasta pandan secukupnya, aduk rata

  5. Tambahkan 250 gram tepung terigu sambil di ayak ke dalam campuran margarin dan kuning telur

  6. Lakukan bertahap sambil di aduk rata sampai tepung habis. Lalu tambahkan campuran pasta pandan dan santan kental, aduk rata

  7. Terakhir masukkan putih telur ke dalam campuran tepung sedikit demi sedikit, lalu aduk menggunakan teknik aduk balik hingga rata dan sampai putih telur habis

  8. Panaskan alas baking pan, tuang adonan bolu pandan ke dalam loyang yang sudah di siapkan

  9. Tutup dan panggang bolu selama 25 sampai 35 menit hingga bolu matang, atau lakukan tes tusuk untuk mengetahui tingkat kematangan bolu

  10. Setelah dingin, keluarkan dari loyang dan potong-potong siap di sajikan

Bolu Pandan Panggang Lembut

Bolu Pandan Yang Harum dan Lembut

Ternyata untuk membuat bolu pandan tidak sesulit yang di bayangkan kan ? Aroma pandan tetap menggugah selera, menurut saya bolu pandan ini rasa manisnya sudah pas.

Tetapi kalau teman-teman lebih suka rasa manis yang legit, silahkan menambahkan jumlah takaran gula pasirnya.

Oiya,, Meskipun lembut bolu pandan yang saya buat kali ini sama sekali tidak memakai bahan pelembut kue seperti SP, TBM ataupun Ovalet. Tetapi hanya menggunakan tingkat kesabaran ketika mengocok bahan-bahannya hehehe ^_^

Yaitu kocoklah margarin sampai benar-benar lembut terlebih dahulu barulah di masukkan telur satu persatu. Dan ketika mengocok putih telur sampai benar-benar kaku dan mengembang.

Agar putih telur benar-benar kaku dan mengembangnya mantap, biasanya di gunakan cream of tar-tar untuk menjaga kestabilan putih telur tadi. Tetapi di sini cream of tar-tar saya ganti dengan 1 sendok makan air jeruk nipis.

Bila teman-teman tidak suka pasta pandan, boleh memakai ekstrak air pandan dari daun pandan yang asli. Takaran air pandannya silahkan di sesuaikan dengan takaran santan yang di gunakan.

Misal air pandan setengah bagian dan santan kental setengah bagian, jika di totalkan tetap 65 ml atau bisa lebih sedikit sekitar 70 atau 75 ml. Asal jangan terlalu banyak ya ^_^

Selamat berkreasi. So, Enjoy Your Cooking Mom :D
Bolu Pandan Panggang Lembut

Posting Komentar untuk "Resep Cara Membuat Bolu Pandan Panggang Lembut yang Lezat"

Promo sembako murah