Resep Kue Putu Ayu

Hallo sahabat Neti Recipes. Seperti artikel saya sebelumnya dengan judul Kue Putu Ayu Rainbow, di situ saya membahas tentang si Kue Putu Ayu original ini.

Kue putu ayu original adalah kue putu ayu yang hanya berwarna hijau serta beraroma pandan. Meskipun kue putu ayu ini sangat terkenal di kalangan jajanan pasar yang ada.

Dan saya juga merupakan salah satu penggemarnya kue yang satu ini, tetapi baru kali ini saya mencoba membuatnya sendiri.

Berdasarkan salah satu resep yang banyak bersliweran di media sosial saat ini, tidak sulit bagi saya untuk menemukan resep si Putu Ayu yang mempesona ini.

Gambar Kue Putu Ayu


Nah,,, resep sudah di dapat dan takaran resep pun sudah saya persiapkan. Saya sudah bersiap-siap untuk membuat Kue Putu Ayu ini dan tentunya juga bersiap untuk menyantapnya.

Entah kenapa, dari sekian takaran tepung terigu yang ada di resep. Dengan sedikit jahil dan coba-coba serta ingin berimprovisasi dengan resep ini.

Jadilah saya tambahkan takaran tepung terigunya sedikit dari takaran resep yang ada. Menarik memang jika kita berani mencoba, tetapi juga jangan takut dan baper ketika gagal ya hehehe

Kue Putu Ayu

si putri ayu lembut yang berubah menjadi bantat

Nah jadi Resep Kue Putu Ayu yang berikut ini adalah resep kue putu ayu yang pertama kali saya coba dan bantat.

Alhasil improvisasi yang saya lakukan gagal hehehe... tetapi bantat di sini bukan berarti sangat keras ya Mom... Karena menurut saya, ketika di makan teksturnya menjadi seperti brownies fudge.

Tidak seperti Kue Putu Ayu Rainbow yang teksturnya sangat lembut,,,Nyeess dan seperti tekstur Pandan sponge cake.

Gambar Kue Putu Ayu

Jadi,,, kenapa teksturnya berbeda ?

itu tadi salah satunya, saya hanya bermain takaran tepung pada resepnya serta di resep ini juga saya tidak menggunakan baking powder.

Tetapi tekstur bantatnya itu semata-mata karena takaran tepungnya saja ya,, bukan karena tidak memakai baking powder.
Baca Juga : Resep Kue Putu Ayu Rainbow

Bahan Kue Putu Ayu:

  • 200 gram tepung terigu
  • 100 ml santan kental
  • 2 butir telur
  • 100 gram gula pasir
  • 1/3 sendok teh ovalet/Tbm/Sp
  • Pewarna makanan hijau

Bahan topping kelapa parut :

  • 100 gram kelapa parut muda
  • Sejumput garam halus
  • 2 lembar daun pandan

Gambar Kue Putu Ayu

Tonton Video Cara Membuat Kue Putu Ayu



Cara Membuat Kue Putu Ayu

  1. Untuk topping Kue Putu Ayu : Kukus 100 gram kelapa parut, di campur dengan sejumput garam dan 2 lembar daun pandan selama kurang lebih 10 menit, angkat dan dinginkan

  2. Ayak 200 gram tepung terigu, sisihkan

  3. Membuat Adonan Kue Putu Ayu : Kocok 2 butir telur bersama 100 gram gula pasir dan 1/3 sendok teh ovalet sampai benar-benar putih dan mengembang, sisihkan

  4. Tambahkan campuran tepung terigu yang sudah di ayak sebelumnya sedikit demi sedikit sambil di aduk menggunakan spatula

  5. Tuangkan juga 100 ml santan kental yang sudah di campur dengan pewarna hijau secukupnya, bergantian dengan tepung terigu sambil di aduk hingga benar-benar merata

  6. Panaskan air di dalam kukusan hingga mendidih dan mengeluarkan uap

  7. Olesi cetakan kue putu ayu dengan minyak sedikit tetapi merata dengan kuas khusus bahan makanan

  8. Masukkan sedikit demi sedikit topping kelapa parut yang sudah di kukus sebelumnya, sambil di tekan-tekan sedikit agar kelapanya menempel ke cetakan kue putu ayu

  9. Lalu tuangkan adonan kue putu ayu ke dalam cetakan

  10. Setelah selesai, kukus kue putu ayu selama 15 menit sampai 20 menit hingga matang

  11. Angkat dan keluarkan dari kukusan, setelah dingin barulah keluarkan dari cetakan dan pindahkan ke piring saji. Kue putu ayu siap di santap

Resep Kue Putu Ayu

Kue Putu Ayu Yang Eksis Nge-brownies fudge

Apakah ada yang suka dengan tekstur brownies fudge ??

Untuk yang sangat menyukai tekstur kue yang tidak terlalu lembut, sedikit padat tetapi manis gurihnya pas. Nah,, Kue Putu Ayu yang ini bisa menjadi pilihannya

Suami bilang ketika memakan Kue Putu Ayu versi ini, teksturnya sama sekali tidak lembut nyess. Tetapi juga tidak terlalu keras, mungkin lebih ke padat ya..

Berbeda dengan si adek yang sangat suka dengan tekstur kue putu ayu yang bantat ini, tetapi mau tekstur yang bagaimanapun juga itu tergantung dengan selera teman-teman.

Kalau ada yang suka dengan tekstur yang benar-benar lembut, silahkan mencoba resep Kue Putu Ayu Rainbow. Atau suka yang sedikit padat, resep kali ini bisa menjadi pilihan anda.

Intinya setiap mencoba resep yang baru, cobalah untuk berkreasi. Meskipun tidak semuanya berhasil, tetap nikmati saja kegagalannya. Dengan begitu, kita bisa belajar kesalahan apa yang pernah kita perbuat.

Jadi Mom.. terkadang untuk menciptakan suatu hidangan yang enak sesuai selera kita tidaklah mudah. Jika kita belajar dari suatu resep, coba ikuti terlebih dahulu panduan resep tersebut.

Karena tidak selamanya apa yang sudah orang lain coba, bisa berhasil ketika kita melakukannya. Begitupun sebaliknya.

Nah,, selamat mencoba ya Mom. Kemungkinan hasil para mommy lebih keren deh dari ini dan mudah-mudahan apa yang sudah saya bagikan bisa bermanfaat untuk teman-teman semua.

Selamat berkreasi. So, Enjoy Your Cooking Mom :D


Resep Kue Putu Ayu

Posting Komentar untuk "Resep Kue Putu Ayu"

Promo sembako murah