Resep Bolu Tape Panggang Anti Gagal

Bolu Tape Panggang

Teman-teman Neti Recipes

Tape singkong merupakan salah satu makanan khas Indonesia, dengan bahan utama singkong atau ubi kayu. Singkong sendiri termasuk dalam kategori sejenis umbi-umbian.

Singkong di olah dengan beberapa tahapan sebelum menjadi tape, salah satunya adalah proses fermentasi yang kebetulan membutuhkan waktu yang lumayan lama.

Dan ternyata ada jenis-jenis singkong yang sangat enak ketika sudah di proses menjadi tape, tekstur singkong yang empuk ketika di kukus menjadi salah satu ciri khas tape singkong yang enak.

Tape singkong sendiri mempunyai rasa yang manis dari proses fermentasi tersebut, jadi bukan berasal dari taburan gula ya..

Saya pernah menyaksikan beberapa pedagang tape membuat olahan singkongnya, sebelum masuk waktu fermentasi singkong harus di cuci sampai benar-benar bersih.

Karena menurut beliau, kalau singkong tidak bersih maka tape yang di hasilkan akan kurang bagus dan enak.

Maka dari itu, singkong harus benar-benar sudah bersih. Setelah itu baru di kukus hingga empuk, angkat dan di anginkan hingga benar-benar dingin.

Setelah dingin, taburi singkong dengan ragi tape sampai merata. Masukkan ke dalam wadah yang sudah di lapisi daun pisang, tutup rapat dan simpan di tempat yang kering dan tidak lembab selama beberapa waktu.

Begitulah kira-kira sekilas tentang pembuatan tape singkong yang saya tahu, sampai pada akhirnya tape bisa di santap dan di olah menjadi berbagai macam lainnya.

Bolu Tape Panggang @NetiRecipes 2019

Bolu dari Tape Singkong

Cara Membuat Bolu Tape Panggang Anti Gagal

Salah satu olahan kuliner dari tape singkong adalah Bolu Tape.

Menurut saya bolu tape adalah salah satu olahan bolu yang cukup mudah di buatnya, anti gagal meskipun tanpa pengembang ataupun pelembut.

Bolu tape berhasil mengembang dan tidak bantat karena memang komponen ragi yang terdapat dalam tape bisa menjadi bahan pengembang alami di dalam bolu ini. Jadi yakin deh ya,, tidak perlu pakai pengembang lagi.!!

Dan bolu tape yang saya buat ini teksturnya juga benar-benar lembut sekali, harus hati-hati ketika di pegang agar bolu nya tidak hancur. Bahkan langsung lumer di mulut ketika di makan,, nggak ngerti lagi deh kenapa bisa begini hehehe

Tetapi selain rasa tapenya yang mendominasi, ada juga rasa dari margarinnya yang menurut saya jadi terlalu gurih. Nanti kalau teman-teman buat, takaran margarinnya mungkin perlu di kurangi.

Eh, tapi itu hanya menurut saya saja. Sesuai selera ya,, bagi yang suka tidak mengapa, tidak perlu di kurangi takaran margarinnya. Cukup ikuti resep yang ada saja.

Jadi di coba ya di rumah, Yuk simak bahan dan cara membuatnya ^_^

Bolu Tape Panggang @NetiRecipes 2019
Baca Juga : Resep Bolu Kukus Santan

Bahan membuat Bolu Tape Panggang :

  • 250 gram tape singkong
  • 225 gram tepung terigu
  • 200 gram margarin
  • 200 gram gula halus
  • 5 butir putih telur
  • 5 butir kuning telur
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • 1/2 sendok teh garam halus
  • Keju parut secukupnya untuk taburan

Video cara membuat bolu tape panggang :


Cara Membuat Bolu Tape Panggang

  1. Siapkan tape singkong, buang bagian salur tengahnya lalu lumatkan hingga halus

  2. Mikser margarin dan setengah bagian gula halus hingga berwarna pucat dan mengembang

  3. Tambahkan kuning telur satu persatu sambil terus di mikser hingga rata terlebih dahulu, setelah merata matikan mikser

  4. Baru kemudian masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil di ayak, aduk menggunakan spatula

  5. Tambahkan vanili bubuk dan garam, aduk rata. Sisihkan

  6. Di mangkuk terpisah, mikser putih telur dan gula halus hingga kaku dan mengembang. Sementara itu, panaskan oven terlebih dahulu

  7. Setelah putih telur kaku mengembang. Campur sedikit demi sedikit ke dalam adonan tape, tepung dan margarin

  8. Aduk balik menggunakan spatula sampai rata tercampur, masukkan adonan bolu ke dalam loyang dan taburi keju parut sesuai selera

  9. Panggang selama 50 menit sampai 1 jam dengan suhu 170 derajat celsius hingga bagian atas bolu kuning kecoklatan, angkat dan dinginkan. Bolu tape siap di santap

Bolu Tape Panggang Anti Gagal Dengan Aroma Khas Yang Harum

Sangat mudah bukan membuatnya ?? Saya yakin teman-teman bisa membuatnya dengan baik di rumah. Untuk topping bebas menggunakan apa saja seperti choco chips.

Seperti yang sudah saya katakan di awal tadi, meskipun tanpa pengembang ataupun pelembut. Bolu tape ini teksturnya sudah melumer ketika di makan, dan mengembang.

Untuk tape singkongnya, saya sarankan untuk mencicipi dulu sebelum di pakai membuat bolu ini. Pastikan rasa tape singkong manis dan tidak asam, karena ada beberapa tape singkong yang rasanya sedikit asam.

Tape singkong yang saya gunakan memang berwarna kuning alami, kalau di daerah asal saya singkong yang di buat menjadi jenis tape singkong ini adalah ubi mentega.

Rasa tapenya manis, tidak asam dan bolu tape nya mengeluarkan aroma khas yang harum ketika di panggang.

Tetapi bisa juga memakai jenis tape singkong yang berbeda ya, tidak harus yang berwarna kuning. Hanya pastikan saja rasanya untuk di cicipi sebelum di olah ya ^_^

Oke,, Selamat Mencoba ya... So, Enjoy Your Cooking Mom :D


Bolu Tape Panggang

Posting Komentar untuk "Resep Bolu Tape Panggang Anti Gagal"

Promo sembako murah