Cara Membuat Mashed Potato untuk Diet Sehat

Cara membuat Mashed Potato untuk diet sehat salah satu makanan pengganti nasi yang saat ini menjadi salah satu menu bagi teman-teman yang berkeinginan untuk diet.

Mashed potato yang original tidak perlu tambahan bahan apapun seperti mentega, susu ataupun rempah-rempah lainnya.Karena citarasa kentang itu sendiri sudah enak.


Cara Membuat Mashed Potato untuk Diet Sehat

Namun bagi pemula yang berniat menyantap olahan mashed potato atau kentang tumbuk ini, sepertinya memang perlu menambahkan bahan lainnya untuk menambah citarasanya.

Jika untuk memenuhi standar kalori untuk diet, sebaiknya pilihlah bahan tambahan yang dapat mendukung aktivitas diet itu sendiri.

Misalnya pilih susu yang low fat, mentega atau butter yang juga tidak terlalu tinggi kandungan lemak jenuhnya.

Dan bagi yang sudah terbiasa menyantap kentang tumbuk atau mashed potato ini, justru lebih baik tidak menambahkan apa-apa ke dalamnya.

Manfaat Kentang Tumbuk Untuk Diet

Manfaat kentang tumbuk untuk diet salah satunya adalah dengan memasukkan kentang sebagai menu di dalam list diet anda, karena kentang merupakan salah satu pangan yang memiliki serat yang tinggi.


Sehingga serat tersebut berfungsi sebagai pengganjal rasa lapar dan dapat memberikan rasa kenyang yang bertahan lebih lama di bandingkan jika kita mengkonsumsi nasi.

Kentang mash potato untuk diet yang rendah karbohidrat

Selanjutnya serat di dalam kentang juga dapat melancarkan sistem pencernaan, sekaligus memberikan asupan energi bagi tubuh yang berasal dari vitamin B6 yang juga terkandung di dalam kentang.

Bahkan kandungan nutrisi yang tinggi justru terletak di dalam kulit kentang, oleh karena itu kita di sarankan untuk menyantap kentang beserta kulitnya.

Namun untuk melakukan itu sebaiknya pilih kentang yang organik ya.. sehingga aman di konsumsi untuk tubuh.

Cara Membuat Mashed Potato tanpa Oven

Berikut salah satu cara membuat  mashed potato tanpa oven dan menjadi salah satu menu diet anda di rumah, Silahkan di tonton video dibawah ini :
Baca juga : Resep Bubur Kacang hijau sederhana


Bahan-bahan membuat Mashed Potato untuk diet 

  • 500 gram kentang
  • 225 ml susu UHT low fat
  • 1 sampai 2 sendok makan margarin
  • 1 sendok teh bawang putih bubuk atau 1/2 siung bawang putih segar
  • 3/4 sendok teh garam halus
  • 1/4 sendok teh merica bubuk

Bahan pelengkap Mashed Potato untuk diet 

  • Ayam : di rebus dengan bumbu rempah bawang putih, jahe, lengkuas, serai dan sedikit garam. Setelah matang di tiriskan lalu beri kecap manis untuk marinasi, diamkan di dalam kulkas. Untuk saus olesan hanya saos sambal di campur dengan kecap manis, sesuai selera ya..
  • Bayam : di rebus dengan sedikit garam halus sebagai perasa.

Cara Membuat Mashed Potato untuk Diet Sehat

Cara Membuat Membuat Mashed Potato

  1. Kupas kentang, cuci bersih lalu rebus hingga matang, tambahkan garam secukupnya di saat merebus kentang.

  2. Setelah matang, angkat kentang lalu tiriskan sampai kentang tidak lagi berair

  3. Pindahkan kentang ke dalam wadah yang besar, haluskan menggunakan alat penghalus kentang

  4. Kentang bisa di saring kembali menggunakan saringan stainless untuk mendapatkan hasil mashed potato yang smooth

  5. Setelah itu baru tambahkan margarin, aduk hingga margarin tercampur rata.

  6. Hangatkan susu, tetapi jangan sampai mendidih ya.. cukup hangatkan saja. Lalu tuang ke dalam kentang bertahap sambil di aduk merata, lakukan sampai susu habis

  7. Bumbui dengan bawang putih, garam dan merica sesuai selera

  8. Untuk pelengkap : Ayam yang sudah saya rebus dan ungkep, olesi dengan saos olesan lalu panggang hingga kulitnya sedikit gosong. Sajikan

  9. Bayam di rebus seperti biasa, boleh di tambah garam sedikit untuk perasa atau tidak. Sajikan dengan taburan wijen yang sangrai. Mashed potatonya siap di santap dengan lauk pelengkap

Cara Membuat Mashed Potato untuk Diet Sehat
Mashed potato untuk Diet


Makanan Pendamping Mashed Potato atau Kentang Tumbuk

Ketika menyantap mashed potato untuk diet, boleh memakai pelengkap seperti daging ayam atau sayur-sayuran. Namun perlu di ingat ya.. sarannya ayam sebagai pelengkap mashed potato cukup di olah dengan cara di panggang atau di rebus. Begitu juga dengan sayur-sayurannya.

Serta jangan terlalu menambahkan rasa asin ke dalam makanannya, tidak disarankan pengolahan dengan cara di goreng. Karena kentang goreng justru tidak baik untuk diet sehat.

Jika di kotamu terdapat toko yang menjual bahan pangan organik, sebaiknya belilah kentang dan olah dengan cara tidak mengupas kulitnya. Karena kandungan nutrisi yang tinggi justru terletak di dalam kulitnya tersebut.

Oke,, Selamat Mencoba ya... So, Enjoy Your Cooking Mom :D

Posting Komentar untuk "Cara Membuat Mashed Potato untuk Diet Sehat"

Promo sembako murah