Roti Gambang Peringkat ke-19 Terenak di Dunia


Sejarah Unik Roti Gambang Semarang

Roti Gambang Semarang atau di sebut juga roti ganjel rel, merupakan roti klasik tradisional yang sudah sangat jarang di temui saat ini. Biasanya roti gambang dapat di temui di daerah kota asalnya yaitu Kota Semarang.

Roti Gambang Semarang
Tepatnya dapat di temui di pasar tradisional yang di kenal dengan nama pasar Johar, sebelum pasar Johar mengalami kebakaran pada 2015 silam. Konon roti gambang ini sudah ada sejak zaman kolonial Belanda, dan perusahaan roti milik Belanda yang juga memperkenalkan serta memproduksi roti ini.

Uniknya nama roti ini terinspirasi dari kepopuleran salah satu alat musik di saat itu. Yaitu alat musik gambang kromong. Karena melihat dari bentuk roti yang mirip dengan bilah-bilah gambang kromong.

Namun selain itu, nama lain roti gambang yang terkenal di masyarakat kota Semarang adalah roti ganjel rel. Disebut ganjel rel karena roti ini juga terinspirasi dari bentuk roti yang mirip sekali dengan bantalan rel kereta api.

Apapun nama sebutan roti ini, roti gambang sempat menjadi primadona sebagai roti yang sering di konsumsi masyarakat Belanda dan Indonesia pada abad ke-18 sampai abad ke-20.

Roti Gambang Semarang

Roti Gambang Peringkat ke-19 Dalam Daftar 50 Roti Terenak Di Dunia

Roti gambang memiliki citarasa yang kaya dengan rempah-rempah yang berasal dari Indonesia, inilah salah satu ciri khas roti gambang.

Rempah-rempah yang di pakai umumnya adalah campuran dari kayumanis, pala, cengkeh dan kapulaga. Atau bisa memakai bumbu spekuk yang biasanya di pakai untuk membuat bolu lapis legit.

Dahulu roti gambang memiliki tekstur yang alot dan agak keras, karena roti ini biasanya di santap di saat pagi ataupun sore hari dengan mencelupkan sebagian roti ke dalam teh atau kopi. Dengan begitu tekstur alot nya perlahan terasa lembut dan nikmat.

Namun makin kesini, untuk tekstur sudah banyak di modifikasi agar lembut dan tidak terlalu keras. Tetapi untuk rasa tetap khas roti gambang yang unik dan kaya rempah.

Selain roti gambang termasuk peringkat ke-19 ke dalam daftar 50 roti terenak di dunia versi CNN yang di kurasi oleh Jen Rose Smith, seorang chef pastry yang juga sebagai penulis perjalanan dan kuliner.

Ternyata cara membuat roti gambang pun cukup mudah, Yuk kita ikut melestarikan camilan jadul ini dengan membuatnya sendiri di rumah.
Berikut ini resep yang memakai bumbu spekuk sebagai campurannya :
Resep Pie Labu Kuning Dengan Kismis
Resep Bolu Wortel Panggang Yang Enak dan Sederhana



Bahan-bahan Cairan Gula Merah :

  • 180 gram gula merah, di iris kasar
  • 75 ml air
  • 50 gram gula pasir (optional)

Bahan-bahan untuk Roti Gambang Semarang :

  • 300 gram tepung terigu
  • 60 gram tepung roti
  • 50 gram margarin
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1 sendok teh soda kue
  • 1 sendok teh bumbu spekuk atau bumbu lapis legit
  • 2 butir kuning telur
  • Sejumput garam

Bahan Olesan dan Taburan Roti Gambang Semarang :

  • Air biasa secukupnya dan kuas
  • Wijen secukupnya

Roti Gambang Semarang

Cara Membuat Roti Gambang Semarang :

  1. Masukkan gula merah yang sudah di iris ke dalam panci, tambahkan air serta gula pasir. Masak hingga hangat atau gula benar-benar larut dan tercampur

  2. Setelah tercampur, angkat cairan gula lalu saring. Dinginkan terlebih dahulu, sisihkan

  3. Campurkan tepung terigu, tepung roti, baking powder, soda kue,bumbu spekuk dan garam ke dalam mangkuk besar. Aduk hingga semua bahan tercampur

  4. Tambahkan 2 butir kuning telur dan margarin, aduk dan campurkan dengan cairan gula merah yang sudah dingin sedikit demi sedikit

  5. Sambil adonan terus di aduk menggunakan spatula atau bisa menggunakan tangan sampai adonan kalis dan mudah di bentuk

  6. Setelah kalis, sebelum di bentuk masukkan adonan terlebih dahulu ke dalam kulkas selama kurang lebih 15 menit

  7. Setelah 15 menit, keluarkan adonan dari dalam kulkas. Bentuk bulat lonjong memanjang, tata di loyang yang sudah di olesi margarin

  8. Olesi permukaan roti dengan air, taburi wijen sambil di tekan agar wijen melekat. Lalu panggang dengan suhu 170 derajat celsius selama 25 menit sampai 30 menit hingga matang

  9. Angkat, dinginkan serta sajikan bersama teh atau kopi sebagai camilan

Roti Gambang Semarang

Citarasa Roti Gambang Yang Khas

Aroma kayumanis di dalam roti gambang benar-benar harum menyengat. Rempahnya juga terasa hangat menyerap ke tubuh ketika di santap.

Untuk rempah-rempahnya, kalau kebetulan bumbu spekuk atau bumbu lapis legitnya tidak ada. Bisa dibuat sendiri di rumah dengan mencampurkan bubuk kayumanis, bubuk pala, bubuk pala dan bubuk kapulaga dengan perbandingan 1:1.

Semua bumbu di campur rata, baru nanti siap di pakai untuk membuat roti gambang atau olahan kue lainnya ya.. misalnya lapis legit, pai labu kuning, bolu wortel dan lain sebagainya.

Roti gambang yang saya buat kali ini adalah versi yang benar-benar jadul, karena tidak menggunakan coklat bubuk atau gula putih di dalam adonannya.

Tetapi warna coklatnya memang benar-benar berasal dari gula merah yang di cairkan. Sebab pernah saya baca di salah satu artikel, bahwa roti gambang yang sekarang di modifikasi dengan memakai campuran coklat serta gula putih saja di dalam pembuatannya.

Baiklah,, Selamat Mencobanya di rumah ya... So, Enjoy Your Cooking Mom :D


Roti Gambang Semarang

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Roti Gambang Peringkat ke-19 Terenak di Dunia"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar disini