Resep Bingka Labu Kuning

Resep Bingka labu kuning merupakan salah satu resep kue yang cocok untuk di sajikan ketika berbuka puasa, apalagi jika dimasukkan kedalam kulkas terlebih dahulu sesaat sebelum di santap.

Dan seperti di ketahui labu kuning juga memiliki khasiat yang sangat banyak diantaranya adalah tinggi serat rendah kalori, dapat mempercantik kulit, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menajamkan penglihatan, menurunkan tekanan darah, membantu pertumbuhan tulang.

Resep Bingka Labu Kuning

Labu kuning juga diketahui dapat mencegah kanker, anti inflamasi atau pembengkakan yang terjadi karena nyeri di salah satu bagian tubuh serta labu kuning dapat memelihara kesehatan jantung.

Ada berbagai olahan labu kuning yang juga dapat di coba, salah satunya adalah bingka labu kuning. Bingka adalah kue yang sangat mudah di buat di rumah.

Untuk mendapatkan labu kuning yang halus dan lembut, labu kuning terlebih dahulu di kukus. Sebaiknya kupas kulit labu kuning terlebih dahulu sebelum mengukusnya.

Dengan tujuan untuk mempersingkat waktu mengukus, dan sebaiknya jangan di rebus ya.. dikarenakan kandungan air di dalam labu kuning yang cukup banyak dapat menyebabkan kue menjadi lembut basah dan terlalu berair.

Jangan lupa untuk melihat TIPS Membuat Bingka Labu Kuning di bawah ya,, kalau bunda punya rencana untuk membuatnya.. dan semoga berhasil ya :)



Bahan-bahan Resep Bingka Labu Kuning :

  • 4 butir telur
  • 150 gram gula pasir
  • 1 sendok teh vanili bubuk
  • 1/4 sendok teh garam halus
  • 70 gram tepung terigu
  • 70 gram tepung beras
  • 550 gram labu kuning, kukus dan haluskan
  • 100 ml santan
  • kismis untuk taburan secukupnya
  • wijen untuk taburan secukupnya

Resep Bingka Labu Kuning

Cara Membuat Kue Bingka Labu Kuning :

  1. Campurkan gula pasir, vanili bubuk dan garam halus ke dalam telur. Kocok lepas sampai gula pasir larut

  2. Tambahkan tepung terigu dan tepung beras sedikit demi sedikit sambil di aduk rata

  3. Setelah tercampur rata, masukkan labu kuning. Aduk rata

  4. Tambahkan santan dan aduk rata kembali

  5. Siapkan loyang yang di olesi margarin, panaskan oven. Tuang adonan kue ke dalam loyang, taburi kismis dan wijen secukupnya

  6. Panggang dengan suhu 150 derajat celsius selama kurang lebih 45 sampai 50 menit

  7. Setelah matang, tunggu hingga bingka benar-benar dingin baru di potong dan di sajikan

Tips Membuat Bingka Labu Kuning

Labu kuning yang digunakan sebaiknya labu kuning yang sudah matang berwarna kuning sempurna.

Jika tidak ada labu kuning, bisa menggunakan kabocha atau labu jepang. Cara pengolahannya sebelum dihaluskan tetap sama yaitu di kukus terlebih dahulu.

Ketika memanggang bingka sebaiknya di mulai panggang selama 30 menit terlebih dahulu untuk melihat suhu oven masing-masing. Karena bingka labu kuning sangat mudah hangus di bagian luarnya.

Namun tidak matang di bagian dalamnya terutama pada bagian tengah bingka. Oleh karena itu set timernya 30 menit pertama, ketika di rasa permukaan bingka masih berair dan belum padat? tambahkan lagi 30 menit.

Selanjutnya untuk mengetahui bingka sudah benar-benar matang, tusuk bagian tengah bingka menggunakan tusuk gigi. Kalau adonan masih terlihat lengket berarti belum matang dan lanjutkan lagi memanggang.

Oke,, Selamat Mencoba ya... So, Enjoy Your Cooking Mom :D


Resep Bingka Labu Kuning

Posting Komentar untuk "Resep Bingka Labu Kuning"

Promo sembako murah