-->

Cara Membuat Bumbu Dasar Agar Awet dan Tahan Lama

Untuk menyiapkan hidangan bagi keluarga, terkadang membutuhkan waktu yang tidak bisa cepat. Ditambah lagi apabila kita ingin menyiapkan beberapa hidangan dalam satu waktu.

Sebenarnya dalam berbagai macam hidangan, hanya di perlukan bumbu dasar. Konsepnya hampir menyerupai bumbu instan, tetapi kita bisa membuat bumbu dasar sendiri di rumah.

Cara Membuat Bumbu Dasar Agar Awet dan Tahan Lama

Hanya menyiapkan waktu untuk mengolahnya, selanjutnya bunda tinggal memakai bumbu tersebut untuk berbagai macam hidangan ketika memasak sehari-hari.

Tentunya lebih hemat waktu, serta bumbu dasar tahan lama ala rumahan yang mudah dan enak. Karena kita sendiri yang mempersiapkannya.

Sebagai bonus tambahannya, bunda tidak akan kerepotan lagi menyiapkan atau memasak hidangan. Terutama di saat ramadhan tiba, ketika menyiapkan menu sahur atau berbuka.

Bumbu dasar berikut ini adalah bumbu dasar yang paling umum digunakan.

Cara Membuat Bumbu Dasar Agar Awet dan Tahan Lama

Bahan Bumbu Dasar Putih :

- 200 gram bawang merah - 100 gram bawang putih - 75 gram jahe - 25 gram kemiri
Cara Membuat Bumbu Dasar Agar Awet dan Tahan Lama

Bumbu dasar putih biasa digunakan untuk opor, perkedel, gadon, aneka tumisan, lodeh, soto, gudeg, terik daging, sayur bobor, tempe bacem dan empal.


Cara Membuat Bumbu Dasar Agar Awet dan Tahan Lama

Bahan Bumbu Dasar Kuning :

- 100 gram bawang putih - 50 gram kunyit tua - 25 gram kemiri - 75 gram jahe - 200 gram bawang merah - 2 batang serai - 4 lembar daun salam - 4 lembar daun jeruk
Cara Membuat Bumbu Dasar Agar Awet dan Tahan Lama

Bumbu dasar kuning biasa digunakan untuk soto, gulai, pesmol ikan, acar, terik daging, lodeh, soto Betawi, ayam Kalasan, mie goreng, bumbu kari, acar kuning, nasi kuning, aneka pepes, ayam goreng dan ayam bakar.


Cara Membuat Bumbu Dasar Agar Awet dan Tahan Lama

Bahan Bumbu Dasar Merah :

- 4 buah tomat - 80 gram bawang putih - 160 gram bawang merah - 20 gram kemiri - 60 gram jahe - 100 gram cabe merah - 2 batang serai - 4 lembar daun salam
Cara Membuat Bumbu Dasar Agar Awet dan Tahan Lama

Bumbu dasar merah biasa digunakan nasi goreng, Kalio daging, bumbu rujak, rendang daging, krengsengan, sambal goreng, balado, ayam panggang, kering tempe, pepes, sambal bajak, aneka gulai, ayam bumbu rujak dan telur balado. Untuk bumbu dasar merah, bisa ditambahkan terasi sesuai selera ketika memasak hidangan.

Cara Membuat Bumbu Dasar Agar Awet dan Tahan Lama :

  1. Berdasarkan kategori bumbu dasar : Haluskan semua bumbu, bisa tambahkan sedikit air atau minyak. Agar lebih mudah dalam menghaluskannya menggunakan blender atau chopper.
  2. Khusus untuk bumbu dasar merah dan bumbu dasar kuning, serai, daun salam dan daun jeruk tidak di haluskan
  3. Panaskan minyak goreng, lalu tumis bumbu sampai harum dan air yang terkandung di dalam bumbu menyusut dan kering
  4. Khusus untuk bumbu dasar merah dan bumbu dasar kuning : Tumis serai, daun salam dan daun jeruk terlebih dulu sampai harum. Baru selanjutnya masukkan bumbu yang sudah di haluskan
  5. Setelah bumbu matang, angkat dan pindahkan ke dalam wadah tahan panas food grade
  6. Tunggu dulu sampai bumbu benar-benar sudah dingin, baru tutup dan simpan di dalam kulkas

Berikut video tutorial cara membuat bumbu dasar agar awet dan tahan lama



Tips agar bumbu dasar awet dan tahan lama, adalah kuncinya ada pada saat menumis atau memasak bumbu. Usahakan memasak bumbu sampai benar-benar airnya menyusut.

Dan biasanya ketika sudah benar-benar matang, warna bumbu dasar akan berubah lebih pekat. Ini artinya bumbu sudah matang dan siap di angkat.

Bumbu dasar ini bisa tahan sampai 1 bulan lamanya, karena pengolahan tersebut diatas. Saya sendiri sudah sering membuat ketiga macam bumbu dasar di atas.

Jadi tidak kesulitan lagi di saat harus menyiapkan hidangan. Bumbu dasar yang sudah saya bagikan di atas juga di lengkapi untuk hidangan apa saja, biasanya bumbu dasar tersebut di gunakan.
So, Enjoy Your Cooking Mom :)

Post a Comment for "Cara Membuat Bumbu Dasar Agar Awet dan Tahan Lama"