Resep Bakso Aci Kuah Pedas

Varian bakso berikut ini di sebut bakso aci, karena dalam pembuatannya hanya menggunakan tepung tapioka dan tepung terigu saja.

Dalam membuat baksonya, adonannya sama sekali tidak menggunakan daging sapi. Meskipun begitu, tekstur kenyal dari bakso ini sangat di sukai.

Biasanya bakso aci yang sudah menjadi favorit ini, di santap dengan bahan-bahan pelengkap lainnya seperti tahu goreng, pilus atau kacang sukro, dan sosis.

Bahkan ada juga yang menambahkan mie, ataupun ceker ayam bila suka. Dan kali ini saya kepingin membuat bakso aci kuah pedas.

Yang paling mantap, bakso aci di sajikan dalam kuah yang benar-benar berwarna merah. Bisa berasal dari cabe keriting yang di haluskan menjadi bumbu dasar kuahnya.

Bisa juga dengan menambahkan sambal cabe, atau bubuk cabe di luar. Sebagai taburan bakso aci kuah pedas, dan pelengkap pedasnya yang mantap.

Untuk kuahnya, lebih gurih lagi jika merebus ceker ayam atau bagian ayam yang bertulang. Untuk di jadikan kaldu sebagai dasar kuahnya.

Lalu kemudian barulah di tambahkan dengan bumbu-bumbu lainnya. Dan sebenarnya bumbu dari bakso aci kuah pedas ini sangatlah sederhana.

Sehingga bisa di masak kapan saja di rumah. Pembuatan pentol bakso aci nya juga tidaklah terlalu sulit. Jadi bisa di lakukan oleh pemula sekalipun.

Resep Bakso Aci Kuah Pedas

Bahan-bahan Resep Bakso Aci Kuah Pedas

Bahan adonan bakso aci :

- 200 gram tepung terigu - daun seledri - daun bawang - 1 sendok teh garam halus - 250 ml air panas - 200 gram tepung tapioka

Untuk bumbu kuah :

- 5 siung bawang putih, - 4 buah cabe merah - 4 buah cabe rawit - kencur secukupnya - 2 sendok makan gula pasir - 1 sendok teh garam halus

untuk pelengkap :

- tahu potong segitiga - irisan daun bawang - irisan daun seledri - sosis secukupnya - kacang sukro

Cara membuat Bakso Aci Kuah Pedas :


  1. Campurkan tepung terigu dengan garam halus, daun seledri dan daun bawang yang di iris tipis. Aduk rata
  2. Tuang air panas sedikit demi sedikit, sambil adonan bakso aci terus di aduk
  3. Setelah adonan bakso aci merata,
  4. Tambahkan tepung tapioka sedikit demi sedikit, sambil adonan terus di uleni menggunakan tangan
  5. Uleni adonan sampai kalis dan mudah di bentuk
  6. Didihkan air untuk rebusan bakso aci
  7. Setelah mendidih, bentuk bulat bakso aci lalu rebus di dalam air yang sudah mendidih
  8. Rebus sampai bakso aci mengapung, angkat dan sisihkan dulu
  9. Untuk bumbu kuah bakso aci : Haluskan bawang putih, cabe merah, cabe rawit dan kencur
  10. Panaskan minyak goreng di dalam wajan, lalu tumis bumbu halus sampai harum
  11. Setelah harum, masukkan tumisan bumbu ke dalam air yang sudah di siapkan untuk kuah bakso aci
  12. Didihkan kuah, tambahkan gula pasir dan garam sesuai selera
  13. Masukkan dan rebus sosis sebentar di dalam kuah bakso aci, setelah sosis mengapung. Matikan kompor
  14. Untuk pelengkap : potong tahu berbentuk segitiga lalu goreng sampai benar-benar kecoklatan dan garing, sisihkan dulu
  15. Untuk penyajian : masukkan bakso aci ke dalam mangkuk, tata tahu goreng di dalamnya. Tuangkan kuah bakso aci beserta sosis lalu beri irisan daun bawang dan daun seledri serta kacang sukro
  16. Bakso aci kuah pedas siap di nikmati

Untuk sambal cabe bakso aci kuah pedas ini, sesuai selera masing-masing ya cara pembuatannya. Bisa dengan beberapa bahan saja yang terdiri dari cabe, bawang putih, garam dan gula.

Sebelumnya rebuslah cabe dan bawang putih terlebih dulu, atau bisa juga dengan di goreng sebentar. Lalu haluskan dan tambahkan dengan garam dan gula.

Jika ingin lebih pedas, bisa menggunakan cabe rawit di tambahkan dengan cabe merah. Selamat mencoba ya.. So, Enjoy Your Cooking Mom

Posting Komentar untuk "Resep Bakso Aci Kuah Pedas"

Promo sembako murah