Cara Membuat Bolu Milo Dengan Teflon

Teman-teman Neti Recipes Hari ini saya mau buat bolu yang sudah termasuk jadul ya.

Kalau beberapa waktu yang lalu si bolu ini adalah termasuk salah satu bolu kekinian.

Tetapi sekarang sudah termasuk jadul ya,, karena banyak bermunculan variasi bolu-bolu kekinian yang lainnya.

Wah,, jadi telat dong resep yang saya bagikan ini ??! tentu nggak dong,,, kan kalau lagi selera masak varian bolu yang satu ini masih sah-sah saja thoo hehehe ^_^

Kebetulan hari ini sedang malas nguprek sesuatu yang lama di dapur, tetapi tiba-tiba kepingin nyemil yang manis.

Males mixer,, males juga pake si oven tangkring andalanku,, biarlah si dia istirahat dulu ^_^

Bolu Milo Teflon

Cara Cepat Membuat Bolu

Bolu Milo Teflon ini cara membuatnya cukup susah susah gampang ya ^_^

Banyakan susahnya nih,, hmm,, iya sih ??! tetapi nggak juga, karena butuh kesabaran saja ketika membuatnya.

Apalagi memasak bolu yang bertekstur lembut menggunakan teflon, ternyata sangatlah berbeda dengan menggunakan oven.

Jujurnya saya baru pertama kali ini mencoba memanggang bolu menggunakan teflon, dan benar mempunyai tantangan tersendiri.

Memasaknya harus benar-benar menjaga suhu atau panasnya kompor, apinya kalau bisa keciiilll sekali biar tidak hangus seperti saya.

Bolu Panggang Milo Dengan Teflon

Cara Menyantap Si Bolu Milo Teflon

Bolu Milo teflon saya ini memang hangus di bagian bawahnya, karena lupa api kompornya saya kecilkan ketika pertama kali menuang adonan bolu ke teflon.

Alhasil hangus sedikit, ketika tercium bau hangus saya langsung tersadar dan kaget,,

Saya langsung mengecilkan api kompor dan membaliknya, dan Alhamdulillah belum terlalu gosong, tetapi tidak merubah rasanya.

Kalau tidak,, jadilah bolu gosong hihihi ^_^
Bagian gosong saya iris saya menggunakan pisau dan di buang,, karena kalau makan yang bagian gosong rasanya kan pahit, yang lain masih enak dan lembut kok.

Cara menyantap si bolu milo ini juga lumayan unik, karena kebanyakan bolu sangat enak ketika di santap hangat-hangat..
Nah, berbeda dengan si bolu milo ini yang justru terasa lebih enak ketika sudah dingin.

Bolu Panggang Milo Dengan Teflon

Bolu Milo Topping Gula Halus

Karena takaran gulanya saya kurangi, maka bolu milo ini tidak terlalu manis ya,,

Bagi yang suka manis, di tambahkan saja takaran gulanya.

Saya lebih suka menambahkan gula halus di atas bolu sebagai toppingnya, menurut saya perpaduannya cukup cocok dengan rasa bolu milo yang kurang manis,

Ingat ya teman-teman,, makan bolu milo nya ketika sudah benar-benar dingin. Karena ketika di santap hangat-hangat, menurut saya teksturnya justru terasa kering dan seret.

Untuk topping sesuai selera sih,, kalau kurang suka gula halus,, sepertinya mantap juga tuh pakai DCC milk yang di lelehkan, ataupun es krim vanilla.

Teksturnya kalau di lihat sekilas menurut saya sih, mirip dengan bolu karamel atau bolu sarang semut.

Karena penggunaan soda kue tentunya, oya,, untuk takaran baking powder atau soda kuenya boleh di kurangi ya sesuai selera saja. Yuk simak bahan dan cara membuatnya ^_^
Baca Juga : Resep Bolu Nutrijell Panggang

Bahan-bahan Bolu Milo Teflon :

  • 6 butir telur
  • 12 sendok makan tepung terigu atau 100 gram tepung terigu
  • 10 sendok makan atau 150 gram gula pasir
  • 12 sendok makan Milo kemasan 18 gram atau 5 - 6 sachet
  • 1/2 sendok makan baking powder
  • 1/2 sendok makan soda kue
  • 10 sendok makan minyak sayur
  • 1/3 sendok teh ekstrak vanili

Bolu Panggang Milo Dengan Teflon

Cara Membuat Bolu Milo Teflon

  1. Campur semua bahan kering dalam satu mangkuk seperti tepung terigu, Milo, baking powder, soda kue dan sejumput garam

  2. Aduk rata semua bahan kering hingga benar-benar tercampur dan sisihkan terlebih dahulu

  3. Sementara itu, kocok 6 butir telur di campur dengan 10 sendok makan gula pasir sampai mengembang dan gula larut

  4. Masukkan bahan-bahan kering ke bahan telur sambil di ayak, lalu aduk menggunakan spatula hingga benar-benar rata

  5. Tambahkan minyak sayur dan ekstrak vanili, aduk lagi hingga rata

  6. Siapkan dan panaskan teflon sebentar, olesi dengan margarin secukupnya

  7. Lalu tuangkan adonan brownies milo

  8. Tutup dan matangkan sekitar 25 menit dengan api yang benar-benar kecil

  9. Untuk 15 menit pertama, buka tutup teflon dan lihat permukaan brownies

  10. Kalau sudah mulai mengering, balik brownies dengan hati-hati untuk mematangkan bagian atasnya

  11. Setelah matang, angkat dan biarkan dingin

  12. Setelah dingin, taburi gula halus di atas brownies dengan merata, potong lalu sajikan

Bolu Panggang Milo Dengan Teflon

Bolu Milo Teflon Yang Sedikit Hangus


Untuk membuat bolu teflon ini harus menggunakan api yang kecil sekali, karena kalau tidak akan hangus.

Seperti yang saya alami, pada saat memanaskan teflon pertama kali saya lupa untuk mengecilkan api pada tingkat yang keciiilll sekali..

Ya jadinya sedikit hangus hehehe ^_^

Tetapi alhamdulillah tidak mengurangi rasanya, dan bagian yang hangus hanya saya potong menggunakan pisau dan di buang.

Jadi kalau teman-teman mau mencoba membuat si bolu teflon ini, untuk 15 menit pertama coba buka tutup pan dan lihat apakah permukaan bolunya sudah mulai mengering atau belum.

Jika sudah mulai mengering, coba di balik dengan bantuan piring melamin yang tahan panas.

Jadi posisinya bagian atas bolu menjadi bagian bawah dan yang bawah di balik keatas, hal ini untuk mematangkan bagian dalam bolu tanpa membuat si bolu hangus.

Karena ternyata si coklat Milo nya ini juga bisa membuat bolu teflon ini mudah hangus.

Waktu memanggang bisa 20 sampai 25 menit, sampai bagian dalam bolu benar-benar matang. Tetapi ingat ya teman-teman, api kompornya harus keciiilll sekali.

Oke,, Selamat Mencoba ya... So, Enjoy Your Cooking Mom :D

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Membuat Bolu Milo Dengan Teflon"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar disini