Resep Kue Lapis Kanji

Teman-teman Neti Recipes Tidak asing ya sama kue yang satu ini.

Kue yang berlapis-lapis ini berbahan dasar dari campuran tepung sagu dan tepung terigu. Tetapi ada juga yang berbahan dasar tepung beras.

Warnanya pun bermacam-macam, tetapi kue yang satu ini biasanya identik berwarna hijau dan putih serta warna merah di bagian atasnya.

Kue ini juga biasanya sering di jumpai di jual di pasar-pasar tradisional ataupun gerai-gerai khas kuliner tradisional.

Dan termasuk salah satu jajanan pasar terfavorit, diantara banyaknya jajanan pasar yang lainnya.

Cara membuatnya juga mudah lho,, tetapi membutuhkan kesabaran yang lebih lama untuk membuat setiap lapisannya.

Resep Kue Lapis Kanji

Kue Lapis Kanji

Si lapis jajanan pasar serta kuliner tradisional

Kue Lapis Kanji ini memang campurannya terbuat dari tepung sagu.

Jadi kue lapis kanji sama dengan kue lapis sagu, pemakaian tepung sagunya kira-kira 80 persen dari bahan-bahan lainnya.

Di sini saya memakai tepung sagu cap Pak Tani, yang biasanya di pakai untuk membuat penganan lainnya.

Tidak susah untuk mendapatkan bahan-bahannya, insyaAllah di setiap kota bahan-bahan yang nanti saya sebutkan ada lho ^_^

Sewaktu kecil dulu, kalau emak pergi ke pasar. Saya pastinya menitip si kue lapis ini untuk di jadikan camilan.

Pertama Kali Membuat Kue Lapis

Sering melihat di jual di pasar tradisional dan suka membeli si kue lapis ini nih, tetapi sama sekali belum pernah membuatnya.

Dan benar ini pertama kali saya membuat si kue lapis ini, awalnya sih deg-degan juga, takutnya nggak jadi ya ^_^

Karena setahu saya, kue lapis ini bahannya dari tepung beras bukan tepung sagu.

Tapi bismillah saja, mudah-mudahan berhasil,, kalau gagal juga nggak apa-apa selagi masih aman-aman saja di makan hehehe ^_^

Yang benar-benar membutuhkan kesabaran itu adalah membuat lapisan-lapisannya, setiap lapisannya banyaknya 8 ml adonan.

Saya takar memakai gelas takar khusus ml, dan memakai loyang ukuran 18x18 cm. Setelah selesai totalnya ada sekitar 15 lapisan.

Itupun masih ada sisa adonan berwarna hijau dan sedikit adonan berwarna merah, jadi saya kukus kembali menggunakan cetakan mawar besar.

Resep Kue Lapis Kanji

Rasa manis yang pas dan gurih santan kental

Untuk satu resep ini, saya menggunakan gula pasir sebanyak 400 gram. Dan menurut saya, rasa manisnya sudah pas untuk si kue lapis ini.

Tetapi bagi yang kurang suka manis, takaran gulanya silahkan di kurangi ya ^_^

Pakai kelapa parut yang masih baru alias segar ya, di resep ini juga saya memakai 1 buah kelapa ukuran sedang yang saya ambil santannya sebanyak 1300 ml.

Karena memakai kelapa yang masih segar, rasa gurih santannya akan terasa kue lapis ini memakai susu tetapi sebenarnya tidak.

Rasa gurih santannya benar-benar terasa, dan untuk saya yang baru pertama kali membuat sendiri si kue lapis ini,,,

Resep yang ini sudah mantap deh,,, bakalan nanti pas Ramadhan mau bikin ini lagi dan lagi untuk takjil ^_^

Jadi di coba ya di rumah, di jamin si kue lapis ini benar-benar enak dan mantap deh pokoknya ^_^
Yuk simak bahan dan cara membuatnya ^_^
Baca Juga : Resep Kue Lapis Susu

Bahan-bahan Kue Lapis Kanji :

  • 300 gram tepung sagu atau tepung kanji
  • 150 gram tepung terigu
  • 400 gram gula pasir
  • 1300 ml santan kelapa kental
  • Sejumput garam
  • Pewarna makanan hijau dan merah secukupnya
  • Minyak sayur secukupnya

Resep Kue Lapis Kanji

Cara Membuat Kue Lapis Kanji

  1. Campur tepung sagu dan tepung terigu dalam wadah yang besar, tambahkan sejumput garam lalu aduk rata

  2. Masukkan santan kental ke dalam campuran tepung sedikit demi sedikit, aduk rata

  3. Setelah semua tercampur, saring adonan supaya tidak bergumpal

  4. Masukkan gula pasir, aduk hingga gula larut

  5. Pisahkan 8 ml adonan, taruh ke dalam mangkuk kecil dan tambahkan pewarna merah secukupnya

  6. Bagi rata adonan yang lainnya menjadi 2 bagian, 1 bagian di beri pewarna hijau dan yang lain tetap berwarna putih

  7. Panaskan dandang sampai beruap banyak, olesi loyang 18x18 cm menggunakan minyak sayur secukupnya

  8. Letakkan loyang ke dalam pengukus, tuang 8 ml lapisan pertama berwarna putih, tutup dan tunggu kira-kira 8 sampai 10 menit

  9. Setelah 8 menit, buka tutup pengukus

  10. Tuangkan lagi adonan lapisan kedua berwarna hijau, tutup dan tunggu kira-kira 8 sampai 10 menit lagi

  11. Begitu seterusnya lapisan adonan berselang-seling sampai loyang hampir penuh

  12. Lapisan terakhir, tuang 8 ml adonan berwarna merah. Tutup dan masak selama 25 menit hingga matang

  13. Setelah matang, angkat dan tunggu benar-benar dingin. Potong-potong dan sajikan

Kue Lapis Kanji yang lembut dan kenyal

Saya suka memakan kue lapis sagu ini dengan melepas satu demi satu lapisannya,, nggak tau ya,, mungkin asyik aja hehehe ^_^

Resep yang ini benar-benar mantap deh pokoknya,, yang penting nanti mau bikin lagi dan lagi :D

Soalnya suami juga sangat suka sekali ^_^

Tetapi membuat lapisan demi lapisannya itu lhoo yang lumayan lama,, sebanding deh dengan rasanya,,

Teksturnya yang lembut tetapi kenyal ini justru sangat pas di lidah kami, gak nyesel deh cobain resep kue lapis sagu yang satu ini ^_^

Oke,, Selamat Mencoba ya... So, Enjoy Your Cooking Mom :D


Resep Kue Lapis Kanji

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Resep Kue Lapis Kanji"

Post a Comment

Silahkan tinggalkan komentar disini