Resep Kue Bugis Ubi Ungu


Neti Recipes

Kue Bugis merupakan salah satu kuliner jajanan pasar yang di kenal oleh banyak orang, kue yang berbahan dasar tepung ketan putih ini awalnya tidak terlalu bervariasi bentuknya.

Kue yang di bentuk bulat dengan rasa yang gurih dan di isi unti kelapa gula merah yang manis di dalamnya, lalu di bungkus dengan dengan daun pisang dengan bentuk bungkus yang menyerupai piramida.

Ternyata kue Bugis ini juga merupakan kue yang biasanya di sajikan ketika lebaran dan merupakan salah satu kue khas masyarakat Betawi yang akan melangsungkan pernikahan.

Kue Bugis dari Ubi Ungu

Jajanan Pasar Kue Bugis

Tidak ada yang tahu asal usul nama kue Bugis ini, tetapi kue Bugis di kenal dengan nama serta cara membungkus yang berbeda-beda di setiap daerah.

Di daerah Jawa, kue bugis lebih dikenal dengan nama kue Mendut. Disebut Lapek bugis di daerah Sumatra barat atau Padang. Meskipun begitu bahan dasar untuk membuat kue bugis adalah sama yakni dari tepung ketan putih.

Namun seiring banyaknya variasi kuliner, saat ini kue bugis juga dapat di buat dari bahan ubi ungu dengan campuran tepung ketan putih, dan untuk isian khasnya biasa menggunakan unti atau enten kelapa.

Isian kue bugis yakni unti atau enten kelapa, di buat dari kelapa muda yang di parut lalu di masak bersama gula merah sampai tercampur rata hingga menghasilkan rasa yang manis dan aroma yang harum.

Kali ini saya mencoba membuat kue Bugis dengan variasi campuran ubi ungu, serta tidak di bungkus menggunakan daun pisang tetapi wadah bugis di buat dari daun pandan yang di bentuk kotak. Berikut resep kue bugis ubi ungu :

Kue Bugis dari Ubi Ungu
Baca Juga : Resep Mochi Kacang Merah

Bahan-bahan Bugis Ubi Ungu :

  • 200 gram ubi ungu
  • 250 gram tepung ketan
  • 2 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt garam
  • 200 ml santan hangat

  • Bahan-bahan untuk isian Bugis :
  • Kelapa muda parut
  • Gula pasir
  • Garam halus
  • Daun Pandan

Video cara membuat Kue Bugis Ubi Ungu :


Cara Membuat Kue Bugis Ubi Ungu

  1. Campurkan kelapa muda yang di parut dengan gula pasir dan garam halus, beri daun pandan yang di simpulkan lalu kukus selama kurang lebih 15 menit

  2. Tuang santan ke dalam panci, lalu masak sebentar tidak perlu sampai mendidih. Angkat jika sudah hangat

  3. Haluskan ubi ungu menggunakan garpu atau alat penghalus lainnya, tambahkan gula pasir lalu aduk hingga rata

  4. Masukkan tepung ketan putih sedikit demi sedikit, aduk dan uleni menggunakan tangan

  5. Tuangkan santan hangat sedikit-sedikit bergantian dengan tepung ketan putih sambil terus di uleni hingga adonan dapat di bentuk

  6. Ambil adonan sedikit, bulatkan lalu beri isian kelapa yang sudah di kukus

  7. Masukkan adonan yang sudah diberi isian ke dalam wadah pandan yang sudah di olesi minyak dan kukus selama 20 - 25 menit hingga matang

  8. Angkat dan sajikan

  9. Angkat dan sajikan

Kue Bugis dari Ubi Ungu

Bugis Ubi Ungu, varian kue tradisional yang menarik

Kue bugis ubi ungu ini cukup mudah di buat sendiri di rumah.

Rasa khas ubi ungu cukup terasa, rasanya gurih dan manis dari isian kelapa muda kukus. Untuk membuat wadah pandannya pun tidak terlalu sulit.

Ada tekstur sedikit kenyal yang berasal dari tepung ketan putihnya tetapi cukup nikmat dan bervariasi karena di campurkan dengan ubi ungu.

Saya terbilang cukup sering menyantap kue bugis, di karenakan jajanan pasar yang satu ini masih banyak di temui di pasar tradisional.

Tetapi untuk tekstur dan rasa, saya lebih menyukai kue bugis dengan campuran ubi ungu di dalamnya. Kalau kamu ? pilih yang mana ?

Posting Komentar untuk "Resep Kue Bugis Ubi Ungu"

Promo sembako murah