Kue Kering Jahe Gula Merah

Kue Kering Jahe Gula Merah - Jahe yang merupakan herbal yang memiliki sifat anti virus, yang sangat cocok di konsumsi untuk meningkatkan imunitas tubuh kita. Terutama untuk masa-masa sekarang ini. Salah satunya yang ingin saya buat kali ini adalah kue kering jahe, atau bisa di sebut juga ginger cookies.

Kue Kering Jahe Gula Merah

Dimana saat ini kita sedang sama-sama berjuang melawan virus Covid-19. Yaitu virus dengan gejala demam, kelelahan disertai batuk kering. Bahkan untuk sebagian orang dapat merasakan sakit nyeri, hidung tersumbat, pilek dan sakit tenggorokan.

Serta yang paling parah, virus ini dapat menyebabkan infeksi pada saluran pernapasan sehingga membuat si penderita kesulitan bernapas dan pada saat seperti inilah penderita harus mendapat perhatian medis.

Virus ini dapat menyebar atau menular dari satu orang ke orang lainnya, terutama orang-orang yang saat itu memiliki tingkat imunitas tubuh yang rendah. Atau saat tertular, kita sedang dalam kondisi yang tidak fit.

Oleh karena itu, para dokter dan pakar kesehatan sangat menyarankan agar kita dapat menjaga kondisi tubuh dalam keadaan fit serta memiliki imunitas yang tinggi.

Beberapa hal yang sangat di anjurkan adalah kita harus sesering mungkin mencuci tangan menggunakan sabun anti bakteri selama 20 detik ketika kita melakukan kontak atau menyentuh benda-benda asing dari luar rumah.

Kemudian minum air putih yang banyak, di sarankan minuman hangat atau makanan cair yang hangat seperti sup. Banyak menyantap makanan bergizi cukup vitamin D dan vitamin E, tidur atau istirahat yang cukup.

Berjemur selama 15 menit dengan cukup sinar matahari pagi antara jam 7 atau jam 9 pagi, tidak merokok serta menjaga jarak antara satu orang dengan orang lainnya.

Catatan yang paling penting adalah ketika kita merasa kurang fit atau flu, sebaiknya beristirahat di dalam rumah serta melakukan semua poin hal di atas. Apabila terpaksa keluar, pakailah masker agar ketika kita bersin atau batuk. Kita tidak serta merta menularkannya kepada orang lain.

Jadi dengan pola hidup sehat bersih seperti ini, kita dapat menjaga diri kita sendiri serta orang-orang di sekitar kita. Terutama keluarga, saudara dan teman-teman.

Kue Kering Jahe Gula Merah

Sebenarnya kue kering jahe ini sudah lama adanya, di percaya berasal dari negara Inggris pada abad ke-11. Pelaut Eropa yang berpetualang ke Asia membawa serta Jahe ketika pulang ke Eropa, jadi para juru masak Eropa berkreasi memanfaatkan jahe.

Karena ternyata penganan kue Jahe ini enak, adalah para pembuat kue di kota Ulm Jerman di tahun 1296. Yang lantas membuat kue jahe dan di kenal dengan nama gingerbread dengan bentuk ikonik menyerupai anak kecil dengan hiasan icing.




Bahan-bahan Kue Kering Jahe Gula Merah :

  • 300 gram tepung terigu
  • 1 sendok teh bubuk kayumanis
  • 1 sendok teh baking powder
  • 1/4 sendok teh garam halus
  • 150 gram margarin
  • 150 gram gula pasir
  • 1 butir telur
  • 1 sendok makan jahe segar, di parut
  • 100 gram gula merah, di iris halus

Kue Kering Jahe Gula Merah

Cara Membuat Kue Kering Jahe Gula Merah :

  1. Campurkan tepung terigu, bubuk kayumanis, baking powder dan garam halus dalam mangkuk besar. Aduk sampai tercampur rata, sisihkan

  2. Dalam mangkuk terpisah, kocok margarin dan gula pasir hingga lembut.

  3. Tambahkan telur, parutan jahe dan gula merah. Kocok lagi sampai adonan kue menjadi lembut dan mengembang

  4. Tambahkan campuran tepung terigu sedikit demi sedikit sambil terus diaduk sampai semua benar-benar tercampur rata

  5. Panaskan oven lalu siapkan loyang dengan di olesi tipis margarin

  6. Bentuk bulat adonan, beri topping sesuai selera

  7. Panggang dalam suhu 170 derajat celsius selama 25 menit sampai bagian bawah kue berwarna cokelat, angkat dan dinginkan. Setelah benar-benar dingin baru di masukkan ke dalam toples kedap udara

Kue Kering Jahe Gula Merah

Kue Kering Jahe atau Gingerbread Cookies

Banyak olahan makanan ataupun minuman yang menggunakan jahe ini, dan di Indonesia penggunaan jahe sendiri beragam. Seperti minuman hangat bandrek, makanan wedang ronde, wedang uwuh, manisan jahe, permen jahe dan sebagainya.

Tapi kali ini saya coba membuat kue kering jahe ini, rasanya renyah dan hangat karena jahenya. Cocok juga di sajikan menjadi salah satu kue penunggu meja di hari raya nanti.

Resep kue jahe gula merah yang asli menggunakan bubuk cengkeh di dalam adonannya. Karena saya tidak memiliki bubuk cengkeh, jadi saya menambahkan takaran bubuk kayumanisnya.

Kalau anda memiliki bubuk cengkeh, silahkan memakainya dengan takaran 1/2 sendok teh bubuk kayumanis dan 1/2 sendok teh bubuk cengkeh. Tapi sepertinya nanti saya akan coba menambahkan lagi takaran jahenya.

Saya benar-benar suka rasanya, karena tidak terlalu memerlukan banyak telur rasanya ringan sekali. Serta rasa khas jahe dan kayumanisnya berpadu pas dengan gula merah yang saya pakai.

Baiklah,, Selamat Mencoba ya... So, Enjoy Your Cooking Mom :D

Posting Komentar untuk "Kue Kering Jahe Gula Merah"

Promo sembako murah