Resep Ting Ting Kacang Yang Praktis Anti Gagal

Resep Ting Ting Kacang merupakan camilan jadul yang sangat manis, karena memang terbuat dari gula pasir yang di masak sampai mengental lalu di tambahkan kacang tanah yang matang.

Meskipun sangat manis, ting ting kacang memiliki penggemar yang tidak sedikit. Terutama untuk anak-anak jaman old, yang saat ini sudah menjadi emak-emak atau bapak-bapak pasti mengenal si ting ting kacang ini.

Resep Ting Ting Kacang
Untuk penderita diabetes sebaiknya berhati-hati dalam mengkonsumsi camilan manis yang satu ini, dan sebaliknya yang tidak menderita diabetes pun sebaiknya mengkonsumsi sewajarnya saja ya.. jangan berlebihan.

Ada begitu banyak resep yang ada untuk membuat camilan ini, tetapi saya ingin mencoba membuatnya dengan campuran air jahe serta taburan wijen di atasnya.

Namun yang kurang suka aroma jahe bisa di skip bagian ini ya,, sesuai selera. Untuk gula pasir pun sepertinya bisa di kurangi jumlahnya.

Sewaktu gula pasir sudah mencair dan di campurkan dengan kacang tanah, sebaiknya di aduk cepat dan merata. Karena ting ting ini cepat sekali mengeras di karenakan gula pasirpun sudah berkaramel.



Bahan-Bahan Resep Ting Ting Kacang :

  • 500 gram kacang tanah
  • 500 gram gula pasir
  • 2 sendok makan air jahe
  • 1/4 sendok teh vanili bubuk
  • 2 sendok makan margarin
  • Wijen untuk taburan secukupnya
  • garam sejumput

Resep Ting Ting Kacang

Cara Membuat Ting Ting Kacang :

  1. Sangrai wijen sampai berubah sedikit kecoklatan, angkat dan dinginkan

  2. Sangrai juga kacang tanah sampai berwarna kecoklatan dan matang, angkat dan dinginkan. Lalu buang kulit bagian luarnya, hancurkan kasar mengggunakan blender atau chopper

  3. Masukkan gula pasir kedalam teflon, tambahkan air jahe dan vanili. Masak sampai gula pasir larut dan mengental

  4. Masukkan kacang tanah yang di hancurkan, aduk rata dengan cepat lalu tambahkan margarin. Aduk sampai tercampur rata dan angkat

  5. Siapkan nampan atau wadah yang sudah di olesi minyak goreng tipis, tuang kacang kedalam wadah lalu ratakan

  6. Taburi bagian atasnya dengan wijen lalu biarkan dan tunggu sampai kacang setengah dingin dan mengeras

  7. Setelah setengah mengeras, potong ting ting menggunakan pisau. Ukuran sesuai selera lalu biarkan sampai dingin

  8. Setelah dingin, patahkan ting ting menggunakan tangan mengikuti jalur potongan tadi. Simpan di dalam wadah kedap udara atau toples, lalu sajikan untuk camilan atau lebaran


Ting Ting Kacang Si Manis Yang Legendaris

Mudah bukan membuat si ting ting kacang ini, cukup menggunakan beberapa bahan saja. Anda bisa membuat camilan manis yang legendaris ini kemudian bernostalgia ke masa kecil lagi.

Sekaligus memperkenalkan jajanan legendaris ini ke anak-anak. Lagipula si ting ting ini juga tidak terlalu sulit untuk membuatnya, bukan??^_^

Oke,, Selamat Mencoba ya... So, Enjoy Your Cooking Mom :D

Posting Komentar untuk "Resep Ting Ting Kacang Yang Praktis Anti Gagal"

Promo sembako murah